Apa itu Planet? Ini Pengertian, Kriteria, Urutan Terdekat dari Matahari dan Ciri-Cirinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 29 April 2021 14:58
Apa itu Planet? Ini Pengertian, Kriteria, Urutan Terdekat dari Matahari dan Ciri-Cirinya
Planet adalah benda langit yang mengitari matahari. Tapi ada kriteria tertentu yang membuat tak semua benda langit bisa disebut dengan planet.

Planet adalah benda dalam tata surya yang mengelilingi Matahari atau bintang lainnya dan punya kiteria tertentu.

Sebenarnya mendifinisikan planet ini gampang-gampang sulit sih. Banyak dari kita tahu kalau Bumi, Mars, Venus adalah planet. Tapi banyak yang nggak tahu kenapa Pluto, meskipun merupakan benda angkasa yang mengorbit pada matahari, tidak dikategorikan sebagai planet lagi.

Terlebih, seiring dengan perkembangan sains, arti 'planet' sendiri mengqalami perkembangan dari waktu ke waktu. Definisi planet berubah tergantung siapa yang berbicara dan defnisi apa yang paling tepat. Nah, makin bingung kan?

Biar nggak makin bingung coba deh baca dulu uraian Diadona berikut.

1 dari 3 halaman

Sejarah Planet

Planet Adalah © Diadona

Kata 'planet' berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni 'planetes' atau pengembara. Nggak pdiketahui kapan manusia mulai mengamati bahwa ada bintang yang bergerak padahal sebagian lainnya tidak.

Dulunya, mereka percaya kalao Bumia dalah pusat tata surya dengan Matahari dan Bulan mengitarinya. Seiring waktu, pandangan ini diubah oleh Copernicus, Kant hingga Hubble. Menurut mereka, Bumi adalah salah satu dari sekian banyak bintang yang mengorbit di Galaksi Bima Sakti

Planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus udah dikenal sejak zaman dulu. Uranus ditemukan di tahun 1781. Di tahn 1801 dan 1808, astronom menemukan Ceres, Pallas, Juno, dan Vesta yang letaknya ada d antara Mars dan Jupiter dan mengorbit matahari. Mereka disebut dengan asteroid, atau planet kecil. Lalu ditemukan asteroid lainnya yang diberi nama Astraea di tahun 1845. Planet Neptunus ditemukan pada tahun 1846 dan yang terakhri adalah Pluto di tahhun 1930.

Di tahun 1950, ilmuwan sepakat kalau asteorid terbentuk dengan cara yang berbeda dengan planet sehingga planet adalah sembilan benda adalah berikut yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

2 dari 3 halaman

Definisi dan Kriteria Planet

Planet Adalah © Diadona

Planet adalah suatu benda alami berukuran besar yang berputar di orbit mengelilingi Matahari atau di sekitar bintang lain dan yang tidak memancarkan energi dari reaksi fusi nuklir internal. Tapi ada beberapa batasan yang ditetapkan ilmuwan mengenai karakteristik suatu benda bisa dikategorikan sebagai planet, diantaranya:

  • Ukuran, harus lebih dari 600 kilometer atau lebih besar sedikit dari asteroid paling besar yang udah diketahui, yaitu Ceres
  • Bentuk, kudu bulat akibat gravitasinya sendiri
  • Memiliki massa tertentu

Dikutip dari Library of Congress, International Astronomical Union menurunkan tiga kriteria suatu benda bisa disebut planet, yakni:

  • Mengorbit Matahari
  • Memiliki massa yang cukup untuk keseimbangan hidrostatik sehinga bentuknya hampir bulat
  • Bisa 'membersihkan lingkungan' disekitar orbitnya

Nah gara-gara definisi ini, Pluto terdepak dari kategori planet. Selama miliaran tahun berada di orbitnya, ia belum berhasil membersihkan lingkungannya. Eh tapi apa sih maksud dari nggak 'memberihkan lingkungan'?

Artinya, planet adalah benda yang harus dominan di secara garvitasi. Nggak ada benda lain dengan ukuran yang sebanding, selain satelitnya sendiri atau yang berada di bawah pengaruh gravitasinya, di sekitarannya. palnet adalah bnda langit dengan gravitasi dominan dalam jalur orbitnya sendiri.

Dengan definisi ini, benda besar yang nggak memenuhi kriteria tersebut akan digolongkan sebagai planet kerdil, dan ini termasuk Pluto yang berbagi lingkungan orbit dengan objek sabuk Kuiper, seperti Plutino.

Hal lain yang membuat pluto tak lagi disebut planet adalah:

Jaraknya yang terlalu jauh dari matahari, sekitar 40 kali lipat jarak Bumi ke Matahari. Jauhnya jarak ini ternyata sangat berpengaruh pada model dan gerak orbital pluto.

Ukurannya yang terlalu kecil dan juga timpang dibanding dengan planet lainnya. Malahan nih, pluto adalah planet yang lebih kecil ketimhang Bulan lho.

3 dari 3 halaman

Urutan Planet dari yang Terdekat dari Matahari dan Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Planet Bumi © Diadona

Urutan planet dari yang paling dekat dari matahari yakni : Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Masing-masing planet memiliki karakteristiknya sendiri, meski ada juga yang hampir serupa. Seperti apa mereka?

Planet Merkurius

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari sekaligus yang paling kecil. Merkurius punya ciri-ciri planet yang unik, yaitu perubahan suhu yang ekstrim.

Bagian yang dekat dengan matahari punya suhu sekitar 426. Di siang hari, Merkurius bisa bersuhu 70 derajat celcius sementara saat malam,suhu bsa turun sampai -173 derajat.

Planet Venus

Bila dilihat dari bumi, planet venus adalah objek paling terang ketiga di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan. Kadang-kadang disebut sebagai saudara planet ke Bumi, karena ukuran dan massa antara Venus dan Bumi yang sangat mirip.

Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan di dalamnya. Atmosfernya terbuatd ari nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida yang sangat penting bagi kemampuan Bumi untuk mendukung kehidupan.

Mars

Mars punya sekitar 70% air di permukaannya. Mars punya gunung yang paing tinggi di tata surya, yakni Olympus Mons. Tingginya mencapai 21 km dan berdiamtere 600 km yang terbentuk miliaran tahun yang lalu.

Jupiter

Ciri-ciri planet Jupiter adalah punya bulan terbanyak, yakni 67 buah. Jupiter adalah yang paling terang dan merupakan satu dari lima planet yang dapat dilihat dengan mata telanjang dari Bumi.

Saturnus

Saturnus ini punya cincin yang mengelilinginya yang terbuat dari bongkahan es dan debu karbon. Saturunus ini punya banyak banget satelit lho, yaitu mencapai 150 buah.

Uranus

Sumbu Uranus punya kemiringan 98 derajat, yang berarti hampir terletak menyamping saat mengorbit matahari. Menariknya, kutub utara dan kutub selatannya berada dekat dengan garis khatulistiwa Bumi. Sehingga saat mengorbit, masing-masing kutub menghadap matahari selama 42 tahun terus menerus, sementara sisi sebaliknya berada pada kegelapan selama 42 tahun.

Neptunus

Neptunus juga punya cincin lho, meskipun sangat redup yang kemungkinan besar terdiri dari partikel es dan butiran debu dengan zat berbasis karbon yang melapisi mereka.

Planet adalah objek yang sangat menarik untuk diamati di tata surya kita ini. lebih lengkap mengenai masing-masing karakteristiknya, kamu bisa baca di artikel berikut ini.

 

Beri Komentar