Ciri-Ciri Planet di Tata Surya, Ada yang Unik Banget lho!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 27 Juni 2020 14:42
Ciri-Ciri Planet di Tata Surya, Ada yang Unik Banget lho!
Masing-masing planet punya ciri-ciri planet yang menarik lho. Ada yang siang terus selama 42 tahun trus malam selama 42 tahun, ada yang perbedaan suhu antar siang dan malam yang ekstrim banget.

Dalam tata galaksi kita, ada delapan planet yang mengitari matahari, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Uranus. Tatanan disebut dengan galaksi bima sakti.

Masing-masing planet punya keunikannya sendiri-sndiri lho, meski hingga saat ini cuman Bumi aja yang berpenghuni.

Tapi apa sih planet itu?

Planet yaitu suatu benda alami berukuran besar yang berputar di orbit mengelilingi Matahari atau di sekitar bintang lain dan yang tidak memancarkan energi dari reaksi fusi nuklir internal. Tapi ada beberapa batasan yang ditetapkan ilmuwan mengenai karakteristik suatu benda bisa dikategorikan sebagai planet, diantaranya:

  • Ukuran, harus lebih dari 600 kilometer atau lebih besar sedikti dari asteroid paling besar yang udah diketahui, yaitu Ceres
  • Bentuk, kudu bulat akibat gravitasinya sendiri
  • Massa tertentu

Setelah menerapkan kriteria tersebut, jadi ada delapan planet yang mengitari matahari dari jarak terdekat hingga terjauh diantaranya: Merkurius, Merkurius , Venus , Bumi , Mars , Jupiter , Saturnus , Uranus , dan Neptunus. Oh iya, Pluto sudah dieliminasi dari planet sejak 2006 lalu karena nggak masuk dalam kriteria tersebut.

Setiap planet punya karakteristik yang unik, tapi ada juga yang hampir sama. Melansir The Planets, seperti apa sih mereka?

1 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Planet Merkurius

Ciri-Ciri Planet Merkurius © Diadona

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari sekaligus yang paling kecil. Merkurius punya ciri-ciri planet yang unik, yaitu perubahan suhu yang ekstrim.

Bagian kawahnya yang dekat dengan matahari punya suhu hingga 426 derajat celcius. Pada siang hari, suhu rata-rata planet merkurius yakni sekitar 70 derajat celcius, sedangkan sisi lain yang jauh dengan matahari atau malam hari bersuhu -173 derajat Celcius. Beda jauh banget kan?

Ciri-ciri planet Merkurius yaitu bisa dilihat dari Bumi setiap tujuh tahun sekali. Ini terjadi karena orbit Merkurius condong 7 derajat ke bidang orbit Bumi dan dikenal sebagai transit. Terakhir, Merkurius terlihat pada 11 November 2019 lalu.

Trus, Merkurius sudah dikenal manusia sejak zaman kuno, dan meskipun tanggalnya belum diketahui, tapi ada yang meyakini kalau ciri-ciri planet ini sudah diketahui oleh bangsa Sumeria pada 3000 SM. Planet ini dinamai sesuai dengan nama dewa romawi Mercury atau Hermes dalam mitologi Yunani.

Ciri-ciri planet Merkurius yaitu rotasi planet ini yang lambat banget, sehingga dalam satu hari di Merkurius berkisar sampai 176 hari di Bumi. Tapi karena letaknya yang dekat dengan Matahari, maka satu tahun di Merkurius adalah 88 hari.

Ciri-ciri planet Merkius yakni hanya punya 38% gravitasi di Bumi. Ini berarti bahwa Merkurius nggak mampu menahan atmosfer yang dimilikinya dan malah terhempas oleh angin matahari. Namun angin matahari yang sama juga membawa gas baru, peluruhan radioaktif, dan debu dari mikrometeorit - yang mengisi kembali atmosfer.

Nggak punya bulan atau satelit adalah salah satu ciri-ciri planet Merkurius. Ini karena gravitasi rendah dan kurangnya atmosfer.

2 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Planet Venus

Ciri-Ciri Planet Venus © Diadona

Ciri-ciri planet venus yakni sebagai objek paling terang ketiga di langit Bumi setelah Matahari dan Bulan. Kadang-kadang disebut sebagai saudara planet ke Bumi, karena ukuran dan massa antara Venus dan Bumi yang sangat mirip.

Kayak yang kita tahu, Venus diambil dari nama dewi cinta dan kecantikan romawi yaitu Venus atau Aphrodite dalam mitologi Yunani

Venus punya ciri-ciri planet yang bisa membuatnya disebut sebagai bintang pagi atau bintang malam. Kenapa? Karena saat orbit Venus menyusul Bumi, Venus yang biasanya terlihat saat matahari terbit jadi terlihat saat matahari terbenam.

Ciri-ciri planet Venus itu sendiri ialah memiliki periode rotasi selama 243 hari dan revolusi 225 hari.

Suhu pada planet ini terbilang cukup panas yaitu 462 derajat celcius. Lebih panas ketimbang ciri-ciri planet Merkurius, ya? Ini karena lapisan atmosfer pada Planet Venus ini memiliki tekanan 92 kali lebih besar dari Bumi.

Kalau kebanyakan planet lain berputar berlawanan jarum jam pada porosnya, maka ciri-ciri planet Venus ini justru sebaliknya. Ini dikenal sebagai rotasi retrograde dan mungkin disebabkan oleh tabrakan dengan asteroid atau objek lain yang menyebabkan planet ini mengubah jalur rotasinya.

Nggak ada perbedaan suhu pada siang dan malam, menjadi salah satu ciri-ciri planet Venus. Ini disebabkan oleh pergerakan angin matahari yang lambat melintasi permukaan planet.

3 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Planet Bumi

Ciri-Ciri Planet Bumi © Diadona

Bumi, planet ketiga dari matahari adalah satu-satunya planet yang diketahui menampung makhluk hidup dan satu-satunya yang diketahui memiliki air di permukaannya. Ciri - ciri planet bumi yakni punya atmosfer yang terbuat dari nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida yang sangat penting bagi kemampuan Bumi untuk mendukung kehidupan.

Bumi pernah diyakini sebagai pusat alam semesta . Selama 2000 tahun, para astronom kuno percaya bahwa Bumi itu statis dan dikelilingi oleh benda planet lainnya.

Ciri-ciri planet Bumi ini unik banget, yaitu merupakan satu-satunya planet yang nggak dinamain berdasarkan dewa atau dewi mitologis.Kata " Bumi" berasal dari kata Inggris Kuno " ertha " yang berarti tanah.

Keberadaan rotasi Bumi dan bulan menyebabkan ciri-ciri planet berupa pasang surut air laut di Bumi. Efek ini membuat Bulan terkunci secara tidal ke Bumi, periode rotasinya sama dengan waktu orbitnya sehingga Bulan selalu menghadapkan wajah yang sama ke Bumi.

70% permukaan bumi ditutupi oleh air - sisanya terdiri dari benua dan pulau-pulau yang bersama-sama memiliki banyak danau dan sumber air lainnya.

4 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Planet Mars

Ciri-Ciri Planet Mars © Diadona

Seperti planet-planet lain di tata surya (kecuali Bum ), Mars dinamai sesuai dengan tokoh mitologis - dewa perang Romawi. Selain nama resminya, Mars kadang-kadang disebut Planet Merah karena warna merah kecoklatan permukaannya.

Ciri-ciri planet Mars mirip dengan Bumi yakni keberadaan air di 70 persen permukaannya.

Tahu nggak sih, diantara 39 misi antariksa ke Mars, hanya 16 diantaranya yang berhasil terhitung sampai tahun 2016 lalu.

BCiri-ciri planet Mars yakni keberadaan gunung paling tinggi di tata surya, yaitu gunung Olympus Mons. Tingginya mencapai 21 km dan berdiamtere 600 km yang terbentuk miliaran tahun yang lalu.

Mars punya ciri-ciri planet yaitu jalur orbit yang lebih memanjang, sehingga menghasilkan badai debu ganas yang menutupi seluruh planet dan bisa berlangsung selama berbulan-bulan.

SelainBumi, Mars punya ciri-ciri planet yang ramah terhadap kehidupan. Selain itu, Mars juga merupakan satu-satunya planet selain Bumi yang punya lapisan es di kutub.

Dua Bulan Mars, yakni Phobos dan Deimos, ditulis dalam buku 'Gulliver's Travels' oleh penulis Jonathan Swift - 151 tahun sebelum mereka ditemukan.

5 dari 8 halaman

Ciri-ciri Planet Jupiter

Ciri-Ciri Planet Jupiter © Diadona

Planet ini dinamai seperti Raja Romawi, dan cocok dengan ciri-ciri planetnya yang merupakan paling besar di galaksi. Sleain itu Jupiter juga punya 4 cincin yang mengelilinginya, meski nggak sejelas cincin milik Saturnus.

Jupiter punya ciri-ciri planet dengan bulan terbanyak, yaitu 67 buah. Penampakan planet ini pertama tercatat pada Babel kuno di 7 atau 8 SM.

Ketika Galileo menemukan empat bulan Yupiter pada tahun 1610, ini adalah bukti pertama benda langit yang mengorbit sesuatu selain Bumi. Penemuan ini juga memberikan bukti lebih lanjut dari model tata surya Copernicus yang berpusat pada Matahari.

Jupiter ini punya ciri-ciri planet dengan lama rotasi yang sangat pendek, yakni cuman 9 jam 55 menit aja.

Setelah Matahari, Bulan dan Venus, Jupiter adalah yang paling terang dan merupakan satu dari lima planet yang dapat dilihat dengan mata telanjang dari Bumi.

Jupiter punya ciri-ciri planet berupa bintik merah besar yang merupakan hasil dari badai besar selama 300 tahun. Badai ini luas banget sehingga tiga buah Bumi bisa masuk ke dalamnya.

6 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Planet Saturnus

Ciri-Ciri Planet Saturnus © Diadona

Saturnus dinamai seperti nama ayah dari Jupiter. Kenapa? ini karena dari sisi komposisi atmosfer sampai rotasi, ciri-ciri planet Saturnus hampis sama dengan Jupiter.

Saturnus adalah objek kelima paling terang di tata surya, dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Kayak yang sering kita tahum Saturnus ini punya cincin yang mengelilinginya. Cincin ini sebagian besar terbuat dari bongkahan es dan debu karbon. Mereka membentang lebih dari 12.700 km dari planet ini tetapi hanya setebal 20 meter. Meski begitu, cincin ini mudah terlihat dibandingkan dengan cincin milik planet lainnya.

Dibutuhkan 29.4 tahun di Bumi untuk Saturnus mengorbit Matahari. Lambat banget kan?

Ciri-ciri planet Saturnus yakni keberadaan bulan yang banyak banget mengelilinginya. Berapa? 150 buah.

Planet Saturnus terlihat berwarna kuning pucat kan? Ini karena atmosfernya mengandung kristal amonia. Di bawah lapisan es amonia ini adalah awan yang sebagian besar adalah air es. Trus lebih jauh di dalamnya lagi ada lapisan es belerang dan campuran hidrogen dingin.

7 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Planet Uranus

Ciri-Ciri Planet Uranus © Diadona

Ciri-ciri planet ini terlalu redup untuk dilihat pada peradaban kuno, sehingga baru ditemukan pada 1781. Pada awalnya, Uranus dikira sebuah komet, tapi baru dikonfirmasi beberapa tahun kemudian. Sehinga, Uranus adalah planet pertama yang ditemkan dalam sejarah modern.

Kayak Venus, Uranus berputar berlawanan dengan Bumi.

Sumbu Uranus punya kemiringan 98 derajat, yang berarti hampir terletak menyamping saat mengorbit matahari. Menariknya, kutub utara dan kutub selatannya berada dekat dengan garis khatulistiwa Bumi. Makanya, saat mengorbit, masing-masing kutub menghadap matahari selama 42 tahun terus menerus, sementara sisi sebaliknya berada pada kegelapan selama 42 tahun.

Kemiringan pada ciri-ciri planet Uranus ini kemungkinan terjadi karean sejarah tabrakan. Teorinya, ada planet seukuran Bumi yang mungkin udah bertabrakan dengan Uranus, sehingga memaksa porosnya buat bergeser secara drastis. Urnaus juga punya 13 cincin.

8 dari 8 halaman

Ciri-Ciri Planet Neptunus

Ciri-Ciri Planet Neptunus © Diadona

Diperlukan sekitar 165 tahun bumi untuk Neptunus satu kali mengelilingi matahari. Pada 11 Juli 2011, Neptunus menyelesaikan orbit penuh pertamanya sejak ditemukan pada tahun 1846.

Sama halnya dengan Uranus, planet ini baru ditemukan di peradaban modern karean ciri-ciri planet yang nggak terlihat dnegan mata telanjang. Awalnya, Neptunus diberi nama Le Verrie sesuai dengan mama penemunya, tapi diganti nggak lama kemudian. Nama Neptunus berasal dari Dewa Laut Romari, yang dalam bahasa Yunani dikenal dengan nama Poseidon.

Sama halnya dengan Jupiter, ciri-ciri planet Neptunus ini punya bintik gelap besar seukuran bumi yang terbentuk akibat badai besar.

Neptunus juga punya cincin lho, meskipun sangat redup yang kemungkinan besar terdiri dari partikel es dan butiran debu dengan zat berbasis karbon yang melapisi mereka.

Ciri-ciri planet di galaksi kita nih menarik banget kan buat dipelajarin? Bayangin kalau di luar Bumi ada tempat-tempat yang menakjubkan tuh serem-serem gimana gitu. Kamu sendiri udah pernah liat planet yang mana aja?

Beri Komentar