Meski Kaki Terus Mengecil dan Kesulitan Berjalan, Pak Turiyan Tetap Semangat Bekerja

Reporter : Riza Umami
Selasa, 18 Februari 2020 08:00
Meski Kaki Terus Mengecil dan Kesulitan Berjalan, Pak Turiyan Tetap Semangat Bekerja
Keterbatasan fisik tak menjadi penghalang untuk mencari rezeki.

Keterbatasan fisik tentu tidak menjadi halangan untuk terus menjalani hidup ini. Begitu pula dengan sosok berikut ini. Pria ini mengalami kondisi yang tidak biasa di mana kakinya terus menyusut dan mengecil. Kisah Bapak ini diceritakan oleh Cak Budi melalui akun Instagram-nya yang bernama @cakbudi_official.

Bapak ini bernama Pak Turiyan. Setiap harinya, dia menggunakan alat bantu dengan roda kecil untuk berjalan dan menemaninya beraktivitas. Sampai saat ini, Pak Turiyan tinggal seorang diri dan belum menikah meski usianya sudah tidak muda lagi.

1 dari 3 halaman

Meski dalam kondisi fisik yang tidak sempurna dan penuh keterbatasan ini, Pak Turiyan masih bisa membuat kerajinan dan perabotan dapur yang terbuat dari bambu. Kerajinan yang dia buat ini kemudian akan dijual untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Namun, beliau tidak langsung membuat dan menjual kerajinan itu. Pak Turiyan masih menunggu orang yang membuat pesanan dan minta dibikinkan perabotan olehnya. Setelah ada pesanan, Pak Turiyan pun akan membuat perabotan tersebut.

2 dari 3 halaman

Kedua kaki milik Pak Turiyan mengecil dan hanya bisa menggantung dan tak bisa digerakkan atau digunakan. Beliau pun menggunakan dua tangannya untuk mendorong alat bantu jalan yang dia gunakan agar bisa berjalan dengan tubuhnya yang mungil ini.

Berikut ini video yang dibagikan oleh Cak Budi di akun Instagram-nya.

      View this post on Instagram

Sosok yang saya kunjungi kali ini adalah beliau pak Turiyan, beliau yang mengalami hidup dengan segala keterbatasan fisik pada kedua kakinya, setiap hari hanya roda kecil itulah yang setia menemani aktifitasnya. Pak Turiyan yang sampai hari ini belum menikah menjalani hidup di rumahnya seorang diri. Walau dalam keadaan fisik yang tidak sempurna namun beliau masih bisa membuat kerajinan atau membuat perabot dapur dari bambu yang akan di jual buat kebutuhan hidup sehari-hari. Itupun beliau harus menunggu orang pesan baru beliau membuatnya. Kedua kakinya yang mengecil hanya bisa tergantung dan tidak bisa digerakkan, hanya kedua tangan beliau yang bisa mendorong agar roda kecil itu bisa berjalan membawa tubuhnya yang mungil. Masihkah mau mengeluh dengan hidup kita? Saya rasa tidak, karena di luar sana masih banyak orang-orang yang hidupnya lebih susah dari kita. Penasaran dengan kisah pak Turiyan? Video selengkapnya hanya di Channel you tube Cak Budi Official Bantu share sebanyak-banyaknya di media sosial kalian yaa dan jangan lupa cantumkan sumber. Terima kasih ???????? . . . Alamat real Dsn. Lepur RT 41 RW 07. Desa Jambangan, Kec. Dampit. Kab. Malang. Jatim #malang #suisbapeduli #cakbudiofficial

A post shared by Cak Budi Official (@cakbudi_official) on

3 dari 3 halaman

Warganet pun membanjiri unggahan ini dengan berbagai komentar.

@bune.maula membalas, " Coba ini diliatin sama yg suka ngemis2 di jalan atau rumah2 dg kondisi fisik yg sempurna. Saya pun merasa tertohok, jk mmg kadang masih suka ngeluh. Melihat si bapak ini, sungguh luar biasa semangatnya."

@ernimarliana menulis, " MasyaAllah. Sehat sehat terus nggih Pak Turiyan. Semoga Lelahnya menjadi Berkah nggih Pakk. Buat Cak Budi dan Team lelah menebar semangat senyum kebaikan. Doa baik mengiringi perjalanan Cak Budi dan Team selaluu."

Saat ini, Pak Turiyan tinggal di Dusun Lepur RT 41 RW 07 Desa Jambangan, Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kamu bisa membantu Pak Turiyan dengan memesan kerajinan dari beliau atau bantu sebarkan informasi ini agar makin banyak orang terinspirasi dengan sosok beliau.

Beri Komentar