Mengingat Hari Lahir Pancasila 2021, Kenali Tujuan dan Maknanya

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 31 Mei 2021 14:06
Mengingat Hari Lahir Pancasila 2021, Kenali Tujuan dan Maknanya
Selamat Hari Lahir Pancasil 2021!

Hari lahir Pancasila adalah awal mulanya kebangkitan Indonesia untuk lepas dari tangan penjajah. Banyak rintangan yang harus dilalui dan itu bukan lah hal yang mudah untuk dilalui. Pentingnya untuk memperingati Hari Lahir Pancasila tidak hanya karena sejarah dan nilai yang terkandung di dalamnya, melainkan di setiap butir pancasila terkandung makna yang harus dihayati setiap saat oleh orang Indonesia. 

1 dari 3 halaman

Mengingat Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila 2021 © Diadona

Pada tanggal 1 Juni 1945, ketua BPUPKI, Dr Radjiman Wedyodiningrat bersama anggota BPUPKI lainnya memenuhi sebuah bangunan di Pejambon, Jakarta Pusat. Sejarah awal lahirnya Pancasila dimulai dari kekalahan pada perang Asia Timur Raya. BPUPKI sendiri dibentuk sebagai alat Indonesia untuk memperlancar proses kemerdekaan rakyat Indonesia. Di dalam sebuah gedung itu mereka menggelar sebuah rapat besar. Berikut kronologis sidang BPUPKI yang menjadi penentu Hari Lahir Pancasila

  1. Sidang I BPUPKI dimulai pada tanggal 29 Mei 1945 yang membahas tentang pondasi mengenai tema dasar negara

  2. Sidang berjalan 5 hari dan pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengutarakan gagasannya mengenai dasar negara Indonesia yang dinamai “ Pancasila”

  3. Membentuk Panitia Sembilan untuk menemukan jalan keluar dalam perumusan dasar negara.

  4. Pada tanggal 22 Juni 1946 lahirlah rumusan dasar negara RI. Rumusan dasar negara ini dikenal sebagai Piagam Jakarta

  5. Sidang II BPUPKI berlanjut pada tanggal 10 Juli 1945 hingga 17 Juli 1945. Pada sidang ini pembahasan mengenai rancangan UUD, bentuk negara, pernyataan merdeka wilayah negara dan kewarganegaraan Indonesia. 

 

2 dari 3 halaman

Tujuan Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila 2021 © Diadona

Pemerintah menempatkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dengan tujuan :

  1. Pancasila diingat sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai rakyat Indonesia di manapun kita berada. Pancasila lah yang membentuk karakter bangsa Indonesia.

  2. Hari Lahir Pancasila 2021 dirayakan sebagai pengingat bahwa penerapan butir-butir Pancasila dapat menjaga negeri dari tantangan zaman.

  3. Pancasila diingat, dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari guna dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

  4. Hari Lahir Pancasila membuat kita mengingat perjuangan-perjuangan orang terdahulu untuk membangun dasar negara yang hingga sampai saat ini masih melekat di hati rakyat Indonesia

 

3 dari 3 halaman

Makna Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila 2021 © Diadona

Hari Lahir Pancasila, oleh masyarakat Indonesia perlu dimaknai secara khusus. Momen ini adalah momen di mana kita sebagai rakyat Indonesia perlu mengingat dan memperingati perjuangan-perjuangan para pahlawan yang berhasil menggali nilai-nilai luhur yang sampai saat ini Pancasila masih menjadi pedoman bangsa Indonesia.

Pancasila tidak hanya sebuah tulisan belaka, melainkan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila, Pancasila hadir sebagai solusi yang dapat menyatukan bangsa Indonesia karena keberagaman mereka. 

Para ahli juga mendefinisikan Hari Lahir Pancasila. Seperti apa Hari Lahir Pancasila bagi mereka?

Makna Hari Lahir Pancasila bagi Ir. Soekarno

Menurut Ir. Soekarno, Pancasila adalah jiwa Indonesia. Pancasila tidak hanya dasar negara, tapi juga falsafah untuk warga negara Indonesia

Makna Hari Lahir Pancasila bagi Muh. Yamin

Pancasila menurut beliau adalah dasar negara yang mengandung pedoman penting, termasuk pedoman untuk berperilaku terhadap orang lain.

Makna Hari Lahir Pancasila bagi Notonegoro

Merupakan dasar falsafah dan ideologi negara, Pancasila kelahirannya ditunjukan dan dijadikan pedoman untuk menjalani hidup warga Indonesia. Butir-butir Pancasila pun perlu dilaksanakan oleh warga Indonesia.

Hari Lahir Pancasila merupakan hari yang sakral bagi rakyat Indonesia. Hal ini karena banyak kenangan-kenangan dan perjuangan yang kembali teringat untuk Indonesia bisa menjadi seperti ini. 

Beri Komentar