Mayang Dilaporkan ke Polisi, Imbas Tertawakan Upacara HUT RI ke-78

Reporter : Sofi
Minggu, 27 Agustus 2023 11:42
Mayang Dilaporkan ke Polisi, Imbas Tertawakan Upacara HUT RI ke-78
Nggak ada habisnya, Mayang Lucyana kali ini dilaporkan polisi!

Kisah kontroversial Mayang adik Vanessa Angel ini emang nggak ada habisnya ya. Baru-baru ini dirinya menjadi perhatian publik karena dilaporkan ke polisi atas dugaan tindakan merendahkan simbol-simbol negara dalam video yang menunjukkannya menertawakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78.

Aksi Mayang dan Lolly Unyu tertawa ngakak sewaktu berlangsungnya upacara bendera di Instana Negara pada 17 Agustus lalu tuai kecaman dari para netizen. Dalam Instagram Stories pribadi Lolly, diirnya menunjukkan aktivitasnya bersama Mayang dan beberapa oarng lain.

1 dari 3 halaman

Tertawakan Upacara Bendera

Mereka sedang menyaksikan upacara bendera 17 Agustus di Istana Negara melalui saluran televisi. Bukan sikap khidmat yang ditampilkan, tapi Mayang dan Lolly malah terlihat sedang tertawa ngakak seolah menertawakan upacara bendera itu.

Bahkan, sikpa hormat yang ditampilkan seseorang dalam video, dihadirkan dalam posisi tidur seperti sikap nyeleneh. Hal ini pun kemudian membuat netien geram dan beramai-ramai mendesak Mayang dilaporkan ke polisi.

2 dari 3 halaman

Dilaporkan

Mayang Lucyana © Diadona

Pengacara Mayang, Jaenudin SH, setelah sebelumnya melayangkan somasi terbuka, akhirnya melaporkan Mayang ke Polda Metro Jaya pada hari Sabtu (26/8). Jaenudin mengungkapkan jika tindakan Mayang yang terekam dalam video viral tersebut mengandung penghinaan terhadap simbol-simbol negara, termasuk lagu kebangsaan dan bendera Merah Putih.

Karena tindakan tersebut, Mayang dihadapkan pada ancaman hukuman sesuai dengan pasal 66 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Pasal ini memberikan ancaman hingga 5 tahun penjara atau denda sebesar Rp5 miliar.

3 dari 3 halaman

Beberapa hari sebeumnya, Jaenudin telah mengeluarkan somasi terbuka pada Mayang dan keluarganya, termasuk ayah Mayang, Doddy Sudrajat. Jaenudin mendesak Mayang untuk minta maaf atas tindakannya melalui media sosial. Dirinya menyoroti bahwa sebagai seorang public figure, tindakan Mayang memiliki dampak luas terhadap masyarakat, terutama kalangan anak-anak yang menganggapnya sebagai panutan.

Beri Komentar