Kisah Paiman Raharjo Mantan Satpam yang Dilantik Jadi Wamendes oleh Jokowi

Reporter : Riza Umami
Selasa, 18 Juli 2023 18:55
Kisah Paiman Raharjo Mantan Satpam yang Dilantik Jadi Wamendes oleh Jokowi
Ini kisah Paiman Raharjo yang inspiratif.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) pada Senin (17 Juli 2023).

Ia sekarang menjabat sebagai Rektor Universitas Moestopo, Jakarta. Paiman Raharjo menggantikan posisi Budi Arie Setiadi yang akan naik jabatan jadi Menkominfo.

1 dari 4 halaman

Paiman Raharjo sendiri merupakan sosok yang tidak biasa, karena ia ternyata pernah bekerja sebagai satpam sebelum jadi orang penting seperti sekarang. Simak kisah inspiratifnya berikut ini.

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com (17/7, ia lahir di Klaten pada tanggal 17 Juni 1967. Paiman Raharjo berasal dari keluarga yang kurang mampu dengan 8 bersaudara. Pendidikan merupakan hal mewah yang sulit didapatkan keluarganya.

2 dari 4 halaman

Rektor Universitas Moestopo Prof. Dr. Paiman Raharjo © Diadona

Oleh sebab itu, Paiman Raharjo memilih untuk merantau ke Jakarta usai lulus SMP di tahun 1984. Usai sampai di Jakarta, ia pun menjadi tukang sapu sambil sekolah SMA.

Setelah lulus dari SMA, Paiman Raharjo bekerja menjadi seorang satpam. Ia menabung gajinya saat itu, kemudian dia kuliah S1 Ilmu Administrasi di Universitas Moestopo.

3 dari 4 halaman

Kemudian, Paiman Raharjo pun melanjutkan kuliah S2-nya juga di Universitas Prof. Moestopo. Lalu, ia melanjutkan ke jenjang S3 di Universitas Padjajaran Bandung.

Paiman Raharjo sempat menjadi dosen di kampusnya dulu usai menyelesaikan kuliah S2. Kariernya di universitas pun terus meningkat. Ia pernah menjadi kepala sub bagian (kasubag), wakil dekan hingga akhirnya menjadi rektor di Universitas Prof. Moestopo.

4 dari 4 halaman

Paiman Raharjo © Diadona

Walaupun pernah jadi tukang sapu hingga satpam, Paiman Raharjo membuktikan dengan pendidikan yang tinggi dan ilmu yang luas, ia bisa mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik. Bahkan kini ia menjabat sebagai Wamendes PDTT usai dilantik oleh Jokowi, sungguh inspiratif bukan?

Beri Komentar