Kisah Inspiratif Bocah 4 Tahun, Berjuang Bertahan Hidup saat Idap Kanker dan COVID-19 Sekaligus

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 14 April 2020 10:40
Kisah Inspiratif Bocah 4 Tahun, Berjuang Bertahan Hidup saat Idap Kanker dan COVID-19 Sekaligus
Perjuangan seorang bocah menghadapi dua penyakit mematikan.

Perjuangan menjadi pasien positif COVID-19 sangatlah berat. Mereka harus rela diisolasi dan dirawat sendiri, jauh dari keluarga. Belum lagi risiko kehilangan nyawa yang bisa mengancam kapan saja.

Namun, setiap kita berpikir kalau satu hal sangat berat, selalu ada contoh lain yang jauh lebih berat. Seperti kisah bocah 4 tahun asal Inggris berikut ini.

1 dari 3 halaman

Archie Wilks adalah nama bocah tersebut. Bocah yang sepertinya ditakdirkan untuk menjadi seorang pejuang hidup sejati. Bagaimana tidak, Archie adalah seorang pengidap kanker neuroblastoma.

Menjalani pengobatan rutin untuk menyembuhkan keganasan kanker, Archie kemudian tertular COVID-19 di rumah sakit tempat ia dirawat.

Awalnya Archie tengah menjalani kemoterapi dan imunoterapi di Rumah Sakit Addenbrooke di Cambridge, Inggris. Namun, di tengah proses pengobatan tersebut, mendadak ia mengalami demam yang tak biasa.

Barulah setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, diketahui bahwa Archie tertular COVID-19. Disinyalir, turunnya sistem kekebalan tubuh sebagai efek dari kemoterapi dan imunoterapi menjadi salah satu penyebab yang membuat diri Archie rentan dan kemudian terjangkit COVID-19.

2 dari 3 halaman

Archie dan Simon Willks, ayah dari Archie kemudian harus diisolasi sampai kondisi stabil dan membaik. Mereka sementara terpisah dengan ibu dan dua saudara laki-laki Archie yang diisolasi di rumah.

" Sangat menakutkan untuk dipindahkan ke bangsal virus corona karena kami tidak memiliki informasi nyata tentang bagaimana seorang anak dapat mengatasi virus tersebut," ujar Simon kepada KidSpot seperti dikutip dari dream.co.id.

Sempat membutuhkan oksigen selama beberapa hari, perjuangan Archie melawan COVID-19 kemudian berakhir. Ia dan ayahnya sudah bisa pulang ke rumah untuk berkumpul dengan keluarga.

3 dari 3 halaman

Kisah perjuangan Archie melawan kanker dan COVID-19 ini dibagikan oleh keluarga Archie lewat laman Facebook Archie's Journey. Lewat unggahan tersebut, keluarga Archie berharap pembacanya ikut tertular oleh semangat dan optimisme dari Archie.

Terima kasih atas inspirasinya, Archie!

Beri Komentar