Kisah Anak Driver Ojol Dapatkan Beasiswa di University of British Columbia, Keren Banget

Reporter : Riza Umami
Jumat, 17 Juni 2022 19:14
Kisah Anak Driver Ojol Dapatkan Beasiswa di University of British Columbia, Keren Banget
Berasal dari keluarga sederhana, tak menghalanginya untuk berprestasi dan meraih impiannya.

Prestasi berhasil didapatkan oleh Rifky Bujana yang merupakan siswa dari SMAN 28 Jakarta. Dia berhasil mendapatkan beasiswa dari salah satu kampus ternama di dunia yaitu University of British Columbia.

Dilansir dari laman tekno.tempo.co (15/6) Rifky Bujana berasal dari keluarga sederhana di mana ayahnya seorang driver ojol. Rifky Bujana sendiri memang punya banyak prestasi dalam bidang fisika dan juga robotik.

1 dari 4 halaman

University of British Columbia sendiri merupakan universitas terbaik ketiga di Kanada sekaligus kampus peringkat tertinggi ke-20 di dunia. Tentu saja tak mudah untuk bisa meraih beasiswa di kampus yang satu ini.

Namun, Rifky Bujana berhasil melakukannya dengan prestasi dan kemampuan miliknya. Rifky memang sudah banyak mendapatkan penghargaan yaitu medali emas di Kompetisi Robot Nusantara (KRON) tahun 2019 kategori Creative, Juara 2 Thamrin Olympiad and Cup Kategori Robotic Competition.

2 dari 4 halaman

Rifky Bujana © Diadona

Selain itu, dia juga berhasil menyabet juara 1 Animasi VI Robotic Competition 2020, mendapatkan Silver Medal KoPSI 2021 Kategori FTR (Fisika Terapan dan Rekayasa) dan juga Runner Up Gameloft Student Gameday Competition.

Berasal dari keluarga sederhana, tak menghalangi Rifky Bujana untuk tetap berprestasi. Rifky pun mendapatkan KJP atau Kartu Jakarta Pintar yang diperuntukkan untuk siswa kurang mampu di masa pendidikannya.

3 dari 4 halaman

Rifky mempergunakan bantuan tersebut untuk memberi seragam, buku dan kebutuhan sekolah lainnya sehingga hal ini pun sangat membantu sang ayah yang harus mencari nafkah dengan cara jadi driver ojol untuk keluarganya.

Rifky Bujana © Diadona

Dilansir dari laman Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek, Rifky Bujana sebenarnya tak berani untuk bermimpi bisa kuliah di luar negeri apalagi ayahnya bekerja sebagai driver ojol.

4 dari 4 halaman

Namun impiannya ternyata dapat terwujud saat Rifky mendapatkan beasiswa dari BIM (Beasiswa Indonesia Maju) sehingga ia pun bisa melanjutkan studinya ke University of British Columbia.

BIM sendiri merupakan program untuk lulusan berprestasi yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi impiannya baik di dalam atau di luar negeri. Beasiswa inilah yang dimanfaatkan oleh Rifky Bujana sampai akhirnya dia diterima di University of British Columbia. Wah, keren banget ya. Gimana menurutmu?

Beri Komentar