Kenapa sih Kentut Bisa Ada Bunyinya?

Reporter : Yoyok
Rabu, 30 September 2020 11:50
Kenapa sih Kentut Bisa Ada Bunyinya?
Udah kayak alat musik aja tuh bisa bunyi

Siapa nih dari kalian yang hobinya tukang kentut? Biasanya temen yang kayak gini kalo kentut pasti ngarahinnya ke temen sebelahnya. Atau, kalu emang naluri usilnya udah effort banget, dia bakal nyamperin dan main di rumah kamu cuma buat numpang kentut doang.

Mereka bakaln diam-diam menghampirimu lalu mengarahkan pantatnya ke muka, lalu 'preettt' deh. Katanya kalao suara kentut yang gak ada bunyinya bakalan bau banget.

Tapi, kentut kok bisa ada bunyinya ya? Udah kayak alat musik aja tuh pantat kita.

1 dari 5 halaman

Gesekan Bokong

Banyak yang mengatakan kalau suara kentut berasal dari bokong yang bergesekan. Ternyata bukan itu asal muasal suara kentut.

Suara kentut bukan berasal dari bokong yang bergesekan, melainkan dari dalam organ tubuh kita.

Wanita Kesal Bau Kentut © Diadona

2 dari 5 halaman

Ada Tiga Hal

Dikutip dari Detik, Pada dasarnya, suara kentut ditentukan oleh tiga hal. Pertama yaitu volume atau jumlah gas yang kamu keluarkan.

Kedua adalah gaya, seberapa kuat gas yang didorong keluar. Lalu yang terakhir ukuran lubang anus yang dilewati gas tersebut.

3 dari 5 halaman

Gelombang Suara

Suara 'preet' yang dihasilkan oleh kentut sebenarnya berasal dari ujung saluran pencernaan, bukan dari bokong itu sendiri. Ketika volume gas yang dikeluarkan jumlahnya banyak dalam waktu singkat, maka jaringan akan bergetar.

Getaran jaringan tersebut menghasilkan gelombang suara. Gelombang suara itulah yang akan berbunyi 'preet' atau 'psss'.

4 dari 5 halaman

Tanpa Suara

Kalo gitu, kenapa ada bunyi kentut yang tidak ada suaranya atau cuma bersuara 'psss'? Itu menandakan kalau tubuh dalam keadaan rileks sehingga tekanan lebih rendah yang membuat gas yang keluar tidak diiringi dengan suara keras.

Ilustrasi Cium Kentut © Diadona

Beri Komentar