Bikin Suasana Malam Jadi Tenang, Kenapa ya Jangkrik Suka Mengerik dan Mengeluarkan Suara?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 16 September 2020 17:03
Bikin Suasana Malam Jadi Tenang, Kenapa ya Jangkrik Suka Mengerik dan Mengeluarkan Suara?
Kenapa ya? Ada yang tahu?

Di dunia ini ada banyak jenis hewan yang sering mengeluarkan suara khas. Ada yang mengeluarkan suara saat pagi hari seperti ayam, siang hari seperti burung, atau malam hari seperti burung hantu. Namun, ada hewan yang sering kita jumpai suaranya di sekitar kita, yap jangrkik. Saat musim kemarau tiba, suara jangkrik di sawah akan terdengar semakin jelas. Lebih jelas dari suara jeritan hati yang masih ingin bersanding dengan mantan. Aduh... hehehe.

Back to the topic, untuk mengelurkan suara itu, jangkrik harus mengangkat sayap depan mereka dan menggeseknya satu sama lain. Dilansir dari bbc.id, Suara itu biasanya dikeluarkan oleh jangkrik untuk melakukan tiga hal.

1 dari 3 halaman

Menjaga Wilayahnya

JangkrikJangkrik © Pixabay

Beberapa hewan menandai wilayah kekuasaannya dengan air pipis mereka. Lalu, ada juga hewan yang menandai daerah kekuasaannya dengan mencakar pohon.

Jangkrik, menandai wilayah kekuasaannya dengan suara. Unik, kan? O iya, jangkrik yang mengelurkan suara hanya jangkrik jantan. Jangkrik betina tidak mengeluarkan suara.

2 dari 3 halaman

Mencari Pasangan

JangkrikJangkrik © Pixabay

Selain digunakan untuk menjaga wilayah, jangkrik jantan juga menggunakan suaranya untuk mencari pasangan. Saat mencari pasangan, jangkrik jantan akan mengeluarkan suara yang khas.

Jadi, suara yang dikeluarkan saat melindungi wilayah dengan suara untuk mencari pasangan bunyinya berbeda, ya.

3 dari 3 halaman

Bertarung

Jangkrik jantan juga mengeluarkan suaranya saat bertarung, lo. Saat bertarung, jangrik jantan akan membunyikan suara khusus dan saling menubrukkan kepalanya.

JangkrikJangkrik © Pixabay

Pertarungan itu akan berakhir jika salah satu jangkrik jantan menyerah dan pergi. Nah, jangkrik jantan yang sudah menyerah itu juga akan menghentikan suaranya.

Oiya, teman-teman, jangkrik ternyata memiliki penglihatan yang buruk. Jadi, untuk mengetahui keberadaan jangkrik lain, mereka menggunakan bunyi kerikan mereka.

Nah, jadi gitu ya guys ternyata suara jangkrik bukan sembarang bunyi aja. Mereka menggunakan suara itu untuk tujuan tertentu lho. Gimana menurut kalian?

Beri Komentar