Karena Tidak Ada Akses Jembatan, Warga di Sumut Ini Terpaksa Gotong Jenazah Sebrangi Sungai

Reporter : Mila
Jumat, 16 Desember 2022 15:15
Karena Tidak Ada Akses Jembatan, Warga di Sumut Ini Terpaksa Gotong Jenazah Sebrangi Sungai
Keterbatasan akses jembatan, membuat para warga kesulitan.

Salah satu fasilitas publik penting yang wajib ada pada sebuah daerah yang dilintasi oleh sungai adalah jembatan. Tanpa jembatan, masyarakat setempat akan kesulitan mendapatkan akses untuk menuju daerah yang berada di seberang sungai.

Belum lama ini, viral video memperlihatkan warga yang sedang menggotong jenazah untuk menuju ke pemakaman di seberang sungai yang tidak memiliki jembatan.

1 dari 4 halaman

Video yang diunggah ulang oleh Instagram @suarasemangat tersebut memperlihatkan beberapa warga Dusun Aek Pala, Desa Janji, Kecamatan, Billah Barat, Santauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, yang sedang menggotong jenazah untuk dibawa ke pemakaman.

Tapi, warga harus menceburkan diri ke air sungai sambil membopong keranda jenazah demi bisa menuju ke pemakaman.

Warga Terpaksa Gotong Jenazah Sebrangi Sungai © Diadona

2 dari 4 halaman

Aksi warga yang terjun langsung ke sungai untuk mengantarkan jenazah ke pemakaman itu bukan pertama kalinya, melainkan sudah terjadi berkali-kali.

Hal itu disebabkan karena perahu yang biasa dipakai oleh warga untuk menyebrang sedang dalam kondisi rusak.

“ Sudah lama itu, sebelumnya pakai perahu. Tapi karena perahunya rusak terpaksa menyeberangi sungai dengan berjalan," ujar salah seorang warga setempat.

Warga Terpaksa Gotong Jenazah Sebrangi Sungai © Diadona

3 dari 4 halaman

Menurut pengakuan warga, terjun ke aliran sungai adalah cara menuju pemakaman yang paling cepat dibandingan dengan jalur darat yang terlalu jauh. Meskipun sudah biasa menghadapi situasi tersebut, warga mengatakan bahwa mereka menginginkan adanya jembatan di desanya.

“ Ya memang seperti itu pak apanya (kondisinya). Kami sangat membutuhkan supaya rambing (jembatan) dibangun di tempat kami ini pak," lanjutnya.

Beri Komentar