Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Jadwal, Doa, Amalan, dan Keistimewaannya

Reporter : Mila
Senin, 19 Februari 2024 10:13
Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Jadwal, Doa, Amalan, dan Keistimewaannya
Dekatkan diri kepada Allah SWT dengan menunaikan amalan-amalan serta doa Nisfu Syaban.

Salah satu bulan yang istimewa dalam Islam adalah bulan Syaban. Pada bulan Syaban tepatnya malam nisfu Syaban, catatan amal tahunan manusia akan dilaporkan. Di malam Nisfu Sayaban inilah ada beberapa amalan serta doa nisfu syaban yang biasa dilakukan oleh umat muslim.

Lantas, kapan malam Nisfu Syaban 2024? Berikut selengkapnya!

1 dari 7 halaman

Kapan Malam Nisfu Syaban 2024

Dikutip dari Kalender Hijriah Indonesia terbitan Kementerian Agama RI, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah, yang dalam kalender Masehi bertepatan dengan 25 Februari 2024. Dengan demikian, malam Nisfu Syaban 2024 sendiri jatuh pada 24 Februari 2024.

2 dari 7 halaman

Diketahui ada banyak amalan yang disunahkan pada malam Nisfu Syaban 2024, seperti memperbanyak salat sunah, zikir, memohon ampun, dan membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Selain itu, umat Islam disunahkan untuk memperbanyak doa pada malam Nisfu Syaban.

3 dari 7 halaman

Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban 2024

Diadona.id telah merangkum dari berbagai sumber terkait doa dan amalan pada malam Nisfu Syaban 2024.

1. Sholat Sunnah

Yang pertama adalah sholat sunnah. Ada pun sholat sunnah yang dianjurkan adalah sholat sunnah hajat, taubat, dan sholat sunnah tasbih.

2. Membaca Yasin

Bacaan surat Yasin pertama ditujukan untuk memohon panjang umur serta ketaqwaan yang istiqamah terhadap Allah SWT. Bacaan kedua ditujukan untuk meminta dijauhkan dari segala bala bencana serta meminta keluasan rezeki yang halal. Bacaan terkahir ditujukan untuk memohon ditetapkannya iman dan islam sampai hari esok.

4 dari 7 halaman

3. Dzikir

Dzikir ini juga bisa dilakukan pada malam Nisfu Syaban 2024. Beberapa yang bisa dibaca adalah Istighfar, Takbir dan Tahmid, dan juga Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

4. Doa Malam Nisfu Syaban 2024

Nah, kemudian jangan lupa membaca doa pada malam Nisfu Syaban 2024. Pada dasarnya kamu bisa memanjatkan dia apa saja. Tapi, melansir dari NU Online ada doa khusus yang dijadikan doa Nisfu Syaban.

Doa Nisfu Syaban © Diadona

5 dari 7 halaman

5. Berpuasa

Rasulullah bersabda, " Bulan Syaban adalah bulan yang biasa dilupakan orang karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan. Bulan Syaban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku aku dalam keadaan sedang berpuasa," (HR Abu Dawud).

Niat puasa malam Nisfu Syaban:


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى


Nawaitu shauma ghadin 'an adaa'i sunnati Sya'bana lillaahi ta'aalaa.

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta'ala.

6 dari 7 halaman

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban 2024

Malam Nisfu Syaban 2024 adalah kesempatan emas bagi umat muslim untuk mendapatkan keberkahan dan keistimewaan dari Allah SWT. Berikut beberapa keutamaan yang dapat diraih pada malam Nisfu Syaban 2024:

  • Dikabulkannya Doa
    Pada malam Nisfu Syaban 2024, umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT. Ini adalah kesempatan baik bagi setiap muslim untuk memohon keinginannya atau hajatnya. Selain berdoa untuk kebutuhan dunia, sebaiknya juga berdoa untuk keselamatan di akhirat agar mendapat rahmat dan perlindungan dari Allah SWT.

  • Diampuni Dosanya oleh Allah
    Keistimewaan malam Nisfu Syaban 2024 selanjutnya adalah mendapatkan pengampunan oleh Allah. Tidak jarang, manusia berbuat dosa secara tidak sengaja. Oleh karena itu, malam Nisfu Syaban dapat menjadi pintu dibukanya pengampunan bagi umat manusia dari Allah. Ampunan akan diberikan bagi setiap hamba yang beriman. Malam Nisfu Syaban 2024 sangat tepat dimanfaatkan untuk bertaubat dan kembali ke jalan yang benar.

  • Deveri Syafaat
    Syafaat adalah sesuatu yang amat berharga di akhirat karena dapat memberikan keselamatan, sehingga terhindar dari siksa api neraka. Allah SWT memuliakan manusia yang rajin menjalankan sunnah Rasulullah. Dengan begitu, maka setiap perkataan atau perbuatan Rasulullah yang ditiru akan memberikan pahala dan kemuliaan bagi umat Islam. Beberapa ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah ketika malam Nisfu Syaban adalah shalat sunnah, membaca doa Syaban, puasa Syaban, berdzikir, dan memperbanyak istighfar.
  • Malam yang Istimewa
    Keistimewaan Nisfu Syaban yang selanjutnya adalah dikhususkan sebagai malam yang istimewa. Momen ini tidak terjadi setiap hari, sehingga memiliki keutamaan tersendiri dibandingkan malam-malam pada umumnya. Malam yang istimewa ini sebaiknya tidak terlewatkan begitu saja dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang berbau duniawi. Oleh karena itu, manusia dianjurkan untuk melakukan ibadah dengan giat semata-mata untuk meraih ridho Allah SWT.

Beri Komentar