Kabar Duka, Wimar Witoelar Meninggal Dunia

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 19 Mei 2021 15:02
Kabar Duka, Wimar Witoelar Meninggal Dunia
Wimar Witoelar, juru bicara era Gus Dur wafat di usia 75 tahun.

Wimar Witoelar meninggal dunia pada Rabu, 19 Mei 2021 pagi. Mantan juru bicara Presiden Abdurrahman Wachid atau Gus Dur itu menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 09.00 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Wimar Witoelar diketahui telah berada dlam kondisi kritis dan dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan sejak Rabu (13/5).

Kabar meninggalnya Wimar Witoelar didapat dari pesan singkat yang dikirimkan oleh Direktur Utama Konsultan InterMatrix Communication (IMX) yang didirikan oleh Wimar, Erna Indriana.

"Terima kasih doanya untuk semua teman-teman dan sahabat WW (Wimar Witoelar) di mana pun berada. Mohon dimaafkan segala kesalahan WW. WW sudah pergi menghadap Tuhan YME dengan tenang pukul 09.00 pagi ini, Rabu 19 Mei 2021," tulis Erna.

1 dari 3 halaman

Mengalami Sepsis

Sebelumnya, Erna sempat mengungkap kondisi kesehatan yang disinyalir menjadi penyebab meninggalnya salah satu tokoh reformasi itu. Wimar didiagnosis mengalami sepsis atau komplikasi akibat infeksi yang menyebabkan tekanan darah turun drastis dan menyebabkan kerusakan di banyak organ.

" Iya, betul. Sepsis dan multi organ failure. Kondisi stabil, tapi dibius karena pakai ventilator. Kondisinya memang kritis, bisa stabil dengan bantuan alat-alat. Belum bisa komunikasi, lemah sekali," terang Erna dikutip dari laman Suara.com, Selasa (18/5).

2 dari 3 halaman

Sempat Muntah Darah

Satu minggu sebelum dirawat di RS Pondok Indah, Erna menyebut bahwa Wimar Witoelar mengeluhkan sakit pada bagian lambung. Pria yang aktif menulis itu juga sempat mengalami muntah darah.

Tercatat, Wimar Witoelar memiliki penyakit penyerta berupa diabetes yang masih terkontrol karena ia aktif mengonsumsi obat. Meski demikian, Erna memastikan bahwa gangguan kesehatan yang dialami Wimar bukanlah disebabkan oleh virus corona. Hal ini berdasarkan hasil tes swab PCR dan vaksinasi Covid-19 yang telah dijalaninya.

" Bukan Covid-19 karena sudah PCR dan boleh dikunjungi keluarga. Kalau efek vaksin, mungkin harus tanya dokter ya," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Wimar Witoelar adalah salah satu tokoh bangsa yang tak hanya dikenal sebagai penulis produktif, namun juga aktif di pemerintahan. Wimar dikenal sebagai tokoh reformasi Indonesia, pegiat media, kolumnis, hingga juru bicara presiden.

Wimar Witoelar meninggal dunia di usia 75 tahun. Jenazahnya akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu, 19 Mei 2021 sekitar pukul 16.00 WIB.

Selamat jalan, Wimar Witoelar.

Beri Komentar