Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 Kemenag, Cek Linknya di Sini!

Reporter : Nasa
Sabtu, 2 April 2022 16:24
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 Kemenag, Cek Linknya di Sini!
Cek jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2022 di sini!

Jadwal Imsakiyah Ramadhan Kemenag telah dirilis oleh situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada 3April 2022. Atau tepat pada hari Minggu pertama di bulan April 2022 ini.

Untuk itu, untuk kamu yang akan menjalankan ibadah puasa, ada baiknya untuk memerhatikan jadwal imsakiyah Ramadhan yang sudah dirilis oleh Kemenag.

Imsakiyah sendiri merupakan waktu peringatan batas waktu sahur pada bulan Ramadhan. Meski batas santap sahur yang sesungguhnya adalah waktu subuh.

1 dari 4 halaman

Tak hanya jadwal Imsakiyah, kamu juga bisa melihat jadwal buka puasa setiap harinya selama bulan Ramadhan 2022 kali ini. Kemudian juga jadwal sholat 5 waktu.

Mengingat Indonesia merupakan negara yang sangat luas, jadwal Imsakiyahnya juga berbeda-beda. Namun kamu tak perlu khawatir, karena semua jadwalnya Imsakiyah sudah disediakan oleh Kemenag.

2 dari 4 halaman

Berikut ini merupakan link laman resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia: https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah

Selain bisa mengetahui jadwal imsakiyah dan buka puasa secara langsung di laman resminya, kamu juga bisa menguduh jadwal imsakiyah sesuai dengan lokasi daerah di mana kamu tinggal saat ini.

3 dari 4 halaman

Apa Itu Imsakiyah?

Imsakiyah menjadi penanda bahwa subuh akan segera tiba dan fajar akan segera terbit. Sejauh ini, masih banyak yang salah kaprah dengan maksud dari Imsakiyah.

Sebagian orang ada yang langsung berhenti makan sahur saat Imsakiyah sudah terdengar. Namun sebagian ada pula yang masih melanjutkan makannya meski waktu imsak telah lewat dan berhenti sesaat sebelum azan subuh berkumandang.

Lalu bagaimana hukumnya, jika masih melanjutkan makan dan minum setelah imsak? Seperti yang kita ketahui, batas waktu sahur dalam berpuasa adalah saat azan subuh berkumandang.

4 dari 4 halaman

Saat itulah dimulainya puasa hingga matahari terbenam. Jarak waktu imsak dan azan sendiri hanya terpaut beberapa menit. Jadi dapat dikatakan bahwa waktu imsak bukanlah waktu awal berpuasa.

Melainkan sebagai peringatan jika waktu subuh yang merupakan awal waktu puasa akan segera tiba. Oleh sebab itu, meski sudah imsak, umat muslim masih diperbolehkan untuk makan dan minum.

Demikian artikel jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga Ramadhan kali ini membawa berkah bagi kita semua!

Beri Komentar