Hidup dengan Satu Ginjal, Vidi Aldiano Ungkap Alasan Enggan Lakukan Transplantasi

Reporter : Novi Hardita Larasati
Minggu, 6 Desember 2020 10:10
Hidup dengan Satu Ginjal, Vidi Aldiano Ungkap Alasan Enggan Lakukan Transplantasi
Setelah menjalani operasi sebelumnya, kini hidup Vidi Aldiano hanya mengandalkan satu ginjal saja.

Hidup dengan satu ginjal kini tengah dijalani oleh Penyanyi Vidi Aldiano. Ya, penyanyi berusia 30 tahun itu divonis mengidap kanker ginjal stadium tiga dan telah melakukan operasi pengangkatan di Singapura pada 14 Desember 2019, lalu.

Meski hidup dengan hanya satu ginjal, Vidi Aldiano justru mengaku dirinya tidak ingin melakukan transplantasi ginjal. Sebab, pria kelahiran Jakarta ini memiliki alasan tersendiri mengapa ia enggan melakukan transplantasi ginjal. Hal ini diungkapkan langsung oleh Vidi Aldiano melalui kanal YouTube Nikita Willy, pada Kamis (3/12).

1 dari 3 halaman

Menerapkan Diet Plant-Based

Vidi Aldiano Ungkap Alasan Enggan Lakukan Transplantasi © Diadona

Awalnya dalam video tersebut, Niki menanyakan kepada Vidi Aldiano alasan mengapa dirinya saat ini menjadi seorang vegan atau vegetarian.

" Jadi karena gue kemarin kan sempet sakit dan sekarang ginjal gue tinggal satu. So, diet-diet makanan gue semuanya yang bisa nggak memperparah kerja ginjal satu gue ini. Jadi, gue juga nggak boleh kerja berat, olah raga juga nggak boleh keras, cardio aja," ucap Vidi.

Selain itu, kini Vidi juga menerapkan diet plant-based selain rajin olahraga, dirinya juga tak lagi mengkonsumsi daging merah.

" Daging merah kan tinggi banget kreatin. Dokter sih nggak ada yang bilang larang gue makan ikan atau ayam sih. Cuma gue kemarn yg cobain plant-based diet. Gue sekarang olahraga cuma sepeda, squash sama badminton," jawab Vidi Aldiano.

2 dari 3 halaman

Alasan Tak Melakukan Transplantasi Ginjal

Vidi Aldiano Ungkap Alasan Enggan Lakukan Transplantasi © Diadona

Setelah mendapatkan jawaban dari Vidi, suami Nikita Willy, Indra Priawan kembali bertanya apa Vidi Aldiano tak menempuh transplantasi ginjal.

" Nggak. Dokter bilang, 'Tuhan ciptakan dua ginjal buat manusia itu, satunya bonus.' Manusia bisa hidup dengan satu ginjal," ucap Vidi.

Meskipun Vidi Aldiano tahu ada resiko yang ditanggung, tapi ia tetap mengaskan alasan dirinya belum membutuhkan transplantasi ginjal.

" Aku belum butuh, dan jangan sampai butuh. Karena kalau ginjal kita sehat nggak apa-apa. So far belum perlu lah," sambung pelantun " Status Palsu" ini.

Tapi menariknya, meski kekasih dari Sheila Dara ini belum mau transplantasi ginjal, ternyata banyak orang-orang yang rela menawarkan organ tubuh untuk Vidi, lho.

" Banyak yang tawarin. Bukan untuk duit, tapi pengin gue berkarya. Merasanya, senyata itu mereka buat gue. Makasih banget buat semuanya," ucap Vidi Aldiano dengan tenang.

Terharu banget nih waktu dengerin alasan Vidi nggak mau lakukan transplantasi ginjal. So, menurut kalian gimana? Share di kolom komentar ya!

3 dari 3 halaman

Beri Komentar