Gudang Garam Kebakaran, Ini Kronologi dan Kondisi Terkini yang Berdampak pada Saham Anjlok

Reporter : Aditia
Kamis, 10 November 2022 14:20
Gudang Garam Kebakaran, Ini Kronologi dan Kondisi Terkini yang Berdampak pada Saham Anjlok
Pabrik PT Gudang Garam mengalami musibah kebakaran di Kediri, ini penyebab dan fakta kejadian

Musibah kebakaran dialami oleh perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT Gudang Garam, di Kediri pada Senin malam (7/10/22).  Kejadian tersebut terjadi di Unit 12 pabrik Gudang Garam.

Peristiwa itu pun viral di sosial media. Dari cuplikan kejadian yang beredar, api yang melahap pabrik rokok tersebut terlihat sangat besar dan melahap seluruh bangunan. Sangking besarnya, kobaran api pada kebakaran tersebut terlihat menjulang berwarna merah.

Saat kejadian tersebut berlangsung, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri menerjunkan tiga unit mobil Pemadam Kebakaran di lokasi kejadian.

“Ini bagian penanganan kami, sehingga kami back up dari personel Damkar," kata Kepala Satpol PP Kota Eko Lukmono di Kediri, saat ditemui awak media pada Rabu (8/11/2022).

Berikut kronologi kejadian kebakaran pada PT Gudang Garam yang terjadi di Kediri Senin lalu:

1 dari 6 halaman

Api Muncul Jam 12 Malam

Salah seorang saksi menyebut bahwa kebakaran di pabrik tersebut bermula saat dirinya melihat api sekitar pukul 12 malam.

Saat pertama kali melihat, Ia sempat menduga bahwa api tersebut berasal dari petani yang sedang membakar ladang tebu. Namun, semakin lama api terlihat semakin besar.

2 dari 6 halaman

Ada Ledakan

Pada kebakaran tersebut, terdengar beberapa ledakan dari dalam pabrik saat api berkobar. Dari video yang beredar, banyak petugas yang membantu pengamanan saat ledakan dan kobaran api tersebut makin ganas.

3 dari 6 halaman

Terjadi di Tempat Penyimpanan Non Produksi

Manajemen Gudang Garam menyebut kejadian kebakaran tersebut berasal dari tempat penyimpanan non produksi yang beruntungnya tidak mempengaruhi proses produksi rokok.

Ia juga menerangkan bahwa kejadian tersebut tidak berdampak pada proses produksi dan kegiatan operasional pabrik.

4 dari 6 halaman

Berhasil Dipadamkan

Tim PMK Gudang Garam dan Pemkot Kediri akhirnya berhasil memadamkan api di lokasi kejadian. Kapolresta Kediri, AKBP Wahyudi mengatakan bahwa kebakaran tersebut dapat diatasi dan dipadaman dengan cepat.

5 dari 6 halaman

Lakukan Pembasahan

Usai dipadamkan, petugas PMK langsung melakukan pembasahan di area pasca kejadian kebakaran tersebut.

Diketahui, api kebakaran tersebut telah berhasil dipadamkan saat dini hari. Meski begitu, guna mencegah kebakaran susulan, Tim PMK melakukan pembasahan di area bekas kobaran api.

 

6 dari 6 halaman

Saham Anjlok

Dampak dari kebakaran tersebut rupanya cukup berpengaruh terhadap saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Dilansir dari CNBC Indonesia, kemarin, saham GGRM ditutup di level Rp 22.675 per saham. Pagi tadi setelah muncul kabar kebarakaran, saham GGRM dibuka di level Rp 22.550 per saham. Sepanjang hari ini, harganya turun 425 poin atau setara 1,87% ke level Rp 22.250 per saham.

 

Beri Komentar