Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Simak Faktanya, Dampak untuk Bumi, dan Lokasi-lokasinya

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 3 April 2024 15:36
Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Simak Faktanya, Dampak untuk Bumi, dan Lokasi-lokasinya
Fenomena alam yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja nih~

Pada 8 April 2024 menjelang hari raya Idul Fitri akan ada fenomena alam yang cukup jarang terjadi loh Diazens, yaitu Gerhana Matahari total. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kemudian di waktu bersamaan, diperkirakan juga akan ada ledakan-ledakan di Matahari.

Lalu seperti apa sih detail dari fenomena ini? Mari kita simak lebih detail di artikel di bawah ini. Simak sampai habis ya!

1 dari 5 halaman

Gerhana Matahari Total 8 April 2024 © Diadona© Shutterstock.com

Apa Itu Gerhana Matahari Total

Jadi, Gerhana Matahari Total terjadi ketika Bulan melintas di antara Matahari dan Bumi, sehingga menutupi seluruh permukaan Matahari. Hal ini menyebabkan siang hari menjadi gelap seperti malam hari, dan memungkinkan kita untuk melihat fenomena astronomi yang unik.

Melansir dari laman BMKG, pada Gerhana Matahari total 8 April 2024 nanti akan akan ada ledakan-ledakan di Matahari. ledakan Matahari ini terjadi saat totalitas Gerhana Matahari. Pandangan Matahari dari Bumi akan terhalang oleh Bulan sehingga menyisakan sisi tepi.

Di bagian sisi tepi tersebut, Bumi bisa menyaksikan tepian plasma Matahari yang terlihat meledak. Penyebab dari ledakan Matahari ini adalah karena adanya aktivitas internal dari Matahari.

2 dari 5 halaman

Gerhana Matahari Total 8 April 2024 © Diadona© Shutterstock.com

Dampak Gerhana Matahari Total

Tau nggak sih Diazens, saat terjadinya gerhana matahari total, bumi mengalami serangkaian perubahan dan dampak yang menarik untuk dipelajari loh. erikut adalah beberapa dampak dan pengaruh Gerhana Matahari Total terhadap Bumi:

Penurunan Suhu

Selama gerhana matahari total, terjadi penurunan suhu yang signifikan di sebagian wilayah yang terkena bayangan bulan. Cahaya matahari yang biasanya menghangatkan atmosfer terhalang oleh bulan, sehingga suhu udara menurun.

Perubahan Cahaya dan Warna

Saat gerhana matahari total, cahaya matahari yang biasanya terang dan cerah secara tiba-tiba berubah menjadi redup dan cenderung gelap. Fenomena ini menciptakan suasana yang unik dan memengaruhi pencahayaan di sekitar kita.

3 dari 5 halaman

Perubahan Perilaku Hewan

Gerhana matahari total juga dapat memengaruhi perilaku hewan. Beberapa hewan mungkin mengira bahwa malam telah tiba dan mulai beraktivitas sesuai dengan ritme malam. Ini termasuk burung yang kembali ke sarang mereka dan serangga yang keluar untuk mencari makan.

Efek Magnetik

Ketika terjadi gerhana matahari total, ledakan di permukaan matahari melepaskan plasma besar yang mengandung partikel bermuatan. Bersama dengan medan magnet berkecepatan tinggi, partikel ini menyebar hingga ke magnetosfer Bumi.

Dampaknya adalah badai magnet Bumi atau geomagnetic storm. Meskipun demikian, dampak dari ledakan matahari ini relatif aman untuk Indonesia karena negara ini terletak pada lintang rendah, di mana perisai Bumi terkuatnya berada.

4 dari 5 halaman

Gerhana Matahari Total 8 April 2024 © Diadona© Shutterstock.com

Lokasi Matahari Total 2024

Melansir dari CNBC, gerhana Matahari Total 8 April 2024 akan terlihat di wilayah Amerika hingga Kanada. Yakni dimulai dari Samudera Pasifik hingga Mazatlan di Meksiko.

Kemudian, fenomena ini akan bergerak ke arah Amerika Serikat (AS), Texas hingga Maine, serta Kanada bagian Timur dan titik akhirnya berada di pantai Atlantik. Jadi, Indonesia tidak akan kebagian fenomena ini ya Diazens.

Jika kamu ingin melihat dengan detail fenomena ini, kamu bisa melihat di beberepa chanel Youtube. Salah satunya chanel Youtube yang akan menyiarkan fenomena ini secara live adalah YouTube NASA Spanyol. Kamu bisa mengunjungi link berikut https://www.youtube.com/live/-VglV73zVvU?si=ohhcga2Bt_UCdGrH

Jadi itu ya Diazens beberapa hal terkait Gerhana Matahari Total 8 April 2024 nanti. Jadi, mau lihat apa enggak nih?

Beri Komentar