Film The 33 tentang Kisah Nyata Penambang yang Terjebak hingga 69 Hari

Reporter : Riza Umami
Jumat, 24 Februari 2023 20:59
Film The 33 tentang Kisah Nyata Penambang yang Terjebak hingga 69 Hari
Ini sinopsis film The 33.

Film The 33, yang dirilis pada tahun 2015, memiliki durasi sekitar 127 menit atau sekitar dua jam lebih. Film ini disutradarai oleh Patricia Riggen, yang sebelumnya telah mengarahkan film-film seperti Jack Ryan dan Dopesick. Antonio Banderas, yang dikenal karena peran-perannya dalam film seperti The Mask of Zorro dan seri film Shrek, membintangi film ini.

Dilnsir dari laman liputan6.com, The 33 diadaptasi dari novel Deep Down Dark: The Untold Stories of 33 Men Buried in a Chilean Mine, And the Miracle That Set Them Free, yang ditulis oleh Héctor Tobar berdasarkan kisah nyata.

1 dari 4 halaman

Kisah nyata tersebut berawal dari peristiwa terjebaknya 33 orang di tambang San José di Chili. Mereka terperangkap selama 69 hari atau hampir 10 minggu. Bagi yang ingin mengikuti kisah tersebut, berikut adalah sinopsis film The 33.

Sinopsis Film The 33

Pada tahun 2010, terjadi sebuah kisah tentang 33 penambang yang bekerja di tambang San José di Chili. Meskipun tambang tersebut dikenal rawan musibah, sang pemilik tidak memedulikan hal tersebut.

2 dari 4 halaman

Film The 33 © Diadona

Para pekerja tetap diperintahkan untuk melaksanakan tugas mereka. Namun tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan. Gua tersebut tidak stabil dan akhirnya runtuh. Meskipun semua penambang selamat, sayangnya setiap jalan keluar terhalang oleh batu-batu bekas runtuhan.

Mereka mencoba untuk menuju ruang penyelamatan, namun semua usaha mereka sia-sia. Kotak pengobatan kosong, saluran ventilasi susah dijangkau, dan yang lebih parah lagi, hanya tersisa sedikit makanan di tempat penyimpanan.

3 dari 4 halaman

Dalam situasi yang sulit seperti itu, pasti akan timbul banyak perdebatan. Oleh karena itu, salah satu penambang bernama Mario Sepúlveda maju sebagai pemimpin untuk membagi berbagai kebutuhan dan memberikan harapan agar mereka bisa bertahan hidup sampai bantuan datang.

Sebagai sebuah film, terutama dalam genre drama, pasti akan terdapat penambahan elemen-elemen tertentu untuk membangun tensi dalam cerita. Film The 33 juga memiliki perbedaan dengan kisah nyatanya.

4 dari 4 halaman

Namun, perbedaan tersebut hanya terjadi pada beberapa bagian kecil dalam cerita. Yang terpenting, nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian masih dapat dirasakan melalui film ini yang mengisahkan tentang musibah tersebut.

Itulah sinopsis dari film The 33 tentang kisah nyata dari 33 penambang yang terperangkap selama 69 hari atau hampir 10 minggu. Siapa nih yang udah pernah nonton film The 33? Bagaimana menurut pendapatmu film tersebut?

Beri Komentar