Ennio Morricone, Komposer Film Scoring Pemenang Piala Oscar Meninggal Dunia

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 6 Juli 2020 15:01
Ennio Morricone, Komposer Film Scoring Pemenang Piala Oscar Meninggal Dunia
Sang komposer legendaris dan penyusun lagu latar handal untuk film ini telah tiada.

Kabar duka datang dari dunia perfilman internasional. Ennio Morricone, komposer film scoring asal Italia, meninggal dunia di usia 91 tahun.

Dilansir dari variety.com, Morricone meninggal dunia pada Senin (7/6) pagi di sebuah rumah sakit di Roma, Italia setelah sebelumnya mengalami patah tulang panggul akibat terjatuh.

1 dari 3 halaman

Ennio Morricone adalah komposer untuk film scoring dari banyak judul ternama. Setidaknya sebanyak 500 scoring untuk film dan televisi telah ia kerjakan selama 50 tahun berkarya. Angka tersebut dipercaya sebagai rekor untuk ukuran sinema barat dari segi jumlah.

Selama puluhan tahun berkarya, Ennio Morricone telah enam kali masuk ke dalam jajaran nominator untuk Oscar, yakni saat mengerjakan scoring untuk film 'Days of Heaven', 'The Mission', 'The Untouchables', 'Bugsy', 'Malena', dan 'The Hateful Eight'.

Enam kali dinominasikan, Ennio Morricone akhirnya memenangkan Oscar pertamanya untuk karya scoring di film 'The Hateful Eight' besutan sutradara Quentin Tarantino.

2 dari 3 halaman

Ennio Morricone saat terima Piala Oscar © Diadona

Selain penghargaan Oscar, Ennio Morricone juga telah meraih berbagai penghargaan seperti tujuh piala Italy's David di Donatello Awards, Golden Globe untuk film 'The Legend of 1990', Grammy, serta BAFTA untuk 'The Untouchables'.

Di samping mengerjakan film scoring, Ennio Morricone juga tetap menjalankan profesi utamanya sebagai seorang konduktor. Salah satu pertunjukan yang paling diingat adalah ketika ia melakukan debut penampilan di Amerika Serikat pada tahun 2007, yakni saat melangsungkan konser di Radio City Music Hall, New York.

Beri Komentar