Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Laki-laki Sesuai Keputusan Keluarga

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 16 Februari 2022 18:24
Dorce Gamalama Dimakamkan Sebagai Laki-laki Sesuai Keputusan Keluarga
Sebelumnya, Dorce sempat berkeinginan untuk dimakamkan sebagai perempuan

Jenazah Dorce Gamalama telah disemayamkan ke peristirahatan terakhirnya di TPU Bantar Jati, Setu, Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu (16/2). Sempat simpang siur seputar dengan cara bagaimana mendiang dikubur, akhirnya keluarga sepakat untuk memakamkan Dorce sebagai laki-laki, sesuai jenis kelamin awal saat ia lahir.

Kepastian Dorce Gamalama dimakamkan sebagai laki-laki didapat usai host acara 'Dorce Show' itu disalatkan di Masjid Al Hayyu, Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, siang tadi. Kendati berwasiat untuk disalatkan dan dimakamkan sebagai perempuan, namun keluarga dan pengurus masjid tetap memperlakukan jenazah Dorce Gamalama sebagai laki-laki.

1 dari 4 halaman

Proses salat jenazah Dorce Gamalama © Diadona

" Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya kita kembalikan lagi ke asal," kata Ustaz Anna Muhajir pengurus Masjid Al Hayyu, dikutip dari laman Liputan6.com.

Dalam ritual salat jenazah, Dorce Gamalama disalatkan sesuai dengan nama lahirnya, yakni Dedi Yuliardi.

2 dari 4 halaman

Setelah disalatkan, jenazah Dorce Gamalama langsung dibawa ke pemakaman. Sejumlah petugas ber-APD lengkap mengurus prosesi pemakamannya.

Usai menimbun liang lahat dengan tanah, baru keluarga almarhumah Dorce Gamalama mendekat untuk mendoakannya. Doa yang dibacakan pun menempatkan Dorce sebagai laki-laki, bukan perempuan.

Proses pemakaman Dorce Gamalama © Diadona

Salah satu anak Dorce Gamalama, Fatimah, mengungkapkan alasan mereka memperlakukan jenazah ibunya mengikuti jenis kelamin asalnya. Ia mengatakan bahwa untuk urusan tata cara pemakaman, Dorce telah memasrahkan pada pihak keluarga.

" Mama sudah menyerahkan kepada kita, anak-anaknya, dan kita memutuskan (memakamkan) sesuai dengan jenis kelamin lahirnya mama," tutur Fatimah.

3 dari 4 halaman

Sebelumnya, dalam sebuah obrolan di kanal YouTube Denny Sumargo, Dorce Gamalama sempat menyatakan keinginannya untuk dapat dimakamkan sebagai perempuan. Dorce merasa bahwa sejak menjalani operasi kelamin, dirinya adalah perempuan seutuhnya.

Keinginan dari Dorce Gamalama sontak menuai polemik. Mulai masyarakat awam hingga pemuka agama ramai mengomentari hal tersebut. Hingga akhirnya Dorce meralat sendiri keinginannya dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram miliknya pada 31 Januari 2022. Dorce pasrah dengan apapun keputusan asal jenazahnya diperlakukan dengan baik.

"Orang sudah mulai banyak membicarakan kematian saya. Seandainya memang saya meninggal, uruslah jenazah saya. Seandainya laki-laki, uruslah. Seandainya perempuan, uruslah sesuai dengan jenis kelamin saya. InsyaAllah saya ikhlas," ujar Dorce di video tersebut.

      View this post on Instagram

A post shared by DORCE GAMALAMA (@dg_kcp)

4 dari 4 halaman

Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2) pagi hari. Ia mengembuskan napas terakhir di RSPP Simprug Jakarta Selatan pada usia 58 tahun akibat terpapar Covid-19.

Sebelumnya, artis multitalenta itu telah berjuang melawan berbagai penyakit yang menimbulkan komplikasi seperti diabetes dan batu ginjal.

Selamat jalan Dorce Gamalama. Karya dan penghiburan darimu akan selalu terkenang.

Beri Komentar