Daftar Nama-nama Kota di Indonesia beserta Fakta Uniknya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 10 Mei 2022 15:37
Daftar Nama-nama Kota di Indonesia beserta Fakta Uniknya
Masing-maning nama kota ini memiliki fakta unik yang menyenangkan untuk diketahui

Dengan luas wilayah yang sangat besar, Indonesia terbagi-bagi menjadi banyak sekali wilayah administrasi pemerintah dan ini telah diatur dalam Undang-Undang. Daerah Indoneia dibagi dalam daerah Provinsi yamg kemudian dibagi lagi dalam daerah yang lebih kecil yakni kabupaten atau kota. Apa beda keduanya?

Secara umum sih keduanya memiliki wewenang yang sama namun ada perbedaan dalam beberapa aspeknya diantaranya :

  • Kabupaten dipimpin oleh bupati sedangkan kota dipimpin oleh walikota.
  • Kabupaten umumnya memiliki wilayah yan lebih luas dengan pembangunan yang lebih tertinggal.
  • Kabupaten memiliki kepdatan penduduk yang lebih rendah
  • Kota madya dibentuk dari kecamatan dan kelurahan, sedangkan kabupaten terdapat kecamatan, kelurahan, desa dan juga perkampungan
  • Masyarakat di kota memiliki tingkat kesehatan dan pendidikan yang lebih baik daripada masyarakat kabupaten
  • Rata-rata Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di kabupaten lebih rendah daripada PDRB kota madya

Saat ini Indonesia memiliki 93 nama-nama kota, 415 nama kabupaten, 1 kabupaten administrasi, dan 5 kota administrasi yang tersebar dalam 34 provinsi di Indonesia. Kamu bisa mengintip nama-nama kota dan kabupaten lengkap di setiap provinsi di seluruh Indonesia pada laman berikut ini sementara fakta setiap kota ada di laman ini. Baca terus ya!

1 dari 5 halaman

Daftar nama-nama kota di Pulau Sumatera

Nama Kota di Indonesia © Diadona

Daftar Nama-nama kota di Aceh

Kota Banda Aceh (Ibukota). Kota ini merupakan tepat pertama masuknya agama Islam serta merupakan surganya kopi di Indonesia lho
Kota Langsa. Kota ini terkenal sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner atau makanan, dan kota wisata.
Kota Lhokseumawe, yang merupakan lokasi kerajaan Islam pertama di Nusantara yakni kerajaan Samudera Pasai
Kota Sabang. Di kota ini dibangun sebuah tugu Kilometer Nol yang menadai titik mula wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Kota Subulussalam. Nama kota ini diambil dari Bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai jalan menuju kedamaian atau kesejahteraan.

Nama-nama kota di Sumatera Utara (SUMUT):

Kota Binjai yang merupakan kota penghasil rambutan terbanyak di Indonesia
Kota Gunungsitoli. Di kotaini dibangun tugu Peringatan Gempa Nias untuk memperingati peristiwa gempa yang terjadi di Nias pada 28 Maret 2005 lalu dengan kekuatan gempa 8,6 skala richter.
Kota Medan (Ibukota). Tahu kan kamu kalau Medan pernah menjadi ibu kota neraga saat duluIndonesia menjadi negara federasi dengan nama Republik Indonesia Serikat
Kota Padangsidempuan. Nama kota ini mendapat julukan kota Salak karena dikelilingi oleh perbukitan dan gunung yang menjadi kawasan perkebunan salak
Kota Pematangsiantar. Sebelum Proklamai Kemerdekaan, Pematangsiantar adalah daerah kerajaan.
Kota Sibolga yang merupakan nama kota terkecil di Indonesia sebab hanya memiliki luas wilayah sekitar 10.77 meter persegi.
Kota Tanjungbalai. Kotaini empa adi pusat perdagangan di era kolonial lho yang kemudian menjadikannya sebagai kota dengan kepadatan penduduk tertinggi di Asia Tenggara
Kota Tebing Tinggi. Tebing Tinggi mendapat sebutan Kota Lemang karena makanan itu merupakan makanan khas kota ini.

Daftar Nama-nama Kota di Provinsi Sumatera Barat (SUMBAR)

Tahu nggak sih kalau ternyata nih tak ada Indomaret atau Alfamart di nama-nama kota atau kabupatend i Sumatera Barat lo. Sebab Pemda wilayah tersebut nggak memberikan izin kepada dua retail tersebut untuk beroperasi di sana.

Kota Bukittinggi. Bukittinggi merupakan salah satu pusat perdagangan grosir terbesar di Pulau Sumatera, terutama komoditas tekstil dan pakaian
Kota Padang (Ibukota). Patung Malin Kundang diketahui berada di sebelah selatan kota Padang.
Kota Padangpanjang memiliki julukan Mesir van Andalas.
Kota Pariaman yang memiliki adat unik yakni adanya uang japuik atau uang jemputan, yakni sejumlah uang yang digunakan untuk meminang laki-laki dari pihak si perempuan yang biasanya jumlah uang japuik tersebut merupakan hasil kesepakatan antara mamak kedua belah pihak.
Kota Payakumbuh. Pada akhir 2018, Pemerintah Kota Payakumbuh mempromosikan daerahnya sebagai Kampung Rendang. Jumlah produksi rendang di kota ini mencapai 1.147 kilogram per hari yang diproduksi oleh 37 Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah setempat.
Kota Sawahlunto. Tambang batu bara Ombilin yang berada di kota ini dikenal sebagai kota yang memiliki situs tambang batu bara tertua di Asia Tenggara.
Kota Solok, yang dikenal luas memiliki kualitas beras yang lebh unggul dibanding dengan beras lainnya

Nama Kota di Indonesia © Diadona

Daftar Nama-nama Kota di Provinsi diKepulauan Riau

Kota Batam, adalah salah satu nama kota dengan infrastruktur terunggu. Pemerintah Batam melarang pembangunan di pinggir jalan protokol dan semua jaringan listrik ditanam di dalam tanah.
Kota Tanjungpinang, merupakan kota yang sarat akan sejarah, budaya, dan adat istiadat Melayu. 

Daftar Nama-nama Kota di Provinsi Jambi

Kota Jambi (Ibukota), nama kota yang memiliki sungai terpanjang di Sumatera
Kota Sungai Penuh, yang memiliki masjid agung berusia 148 tahun yang hingga saat ini masih terjaga dengan baik

Daftar Nama-nama kota di Sumatera Selatan

Kota Lubuklinggau, kota dengan kualitas durian yang luar biasa bahkan disebut salah satu yang terbaik di Indonesia
Kota Pagar Alam. Pada 2020, jumlah penduduk Pagar Alam mencapai 143.840 jiwa. Jumlah itu menjadikan Pagar Alam sebagai kabupaten dengan populasi penduduk paling sedikit di Sumatera Selatan, yakni sekitar 1,69 persen populasi Sumatera Selatan.
Kota Palembang (Ibukota), yang merupakan salah satu kota tertua di Kepulauan Melayu dan ASEAN
Kota Prabumulih. Tahu nggak sih sat awal pandemi Covid-19 di tahun 2020 lalu, walikota Prabumulih yang bernama Ridho Yahya sempat tak ingin meliburkan anak-anak sekolah di wilayahnya karena merasa tak ada hubungannya dengan penyebaran Covid-19.

Daftar Nama-nama Kota di Bangka Belitung

Kota Pangkal Pinang (Ibukota), seperti juga Medan, Pangkal Pinang sempat menjadi Ibukota Indonesia pada periode 22 Desember 1948 sampai Juli 1949

Daftar Nama-nama Kota di Lampung

Kota Metro

 

2 dari 5 halaman

Dafatr Nama-nama Kota di Pulau Jawa

Nama Kota di Indonesia © Diadona

Daftar Nama-nama Kota di Banten

Kota Cilegon. Kota ini dikenal sebagai kota industri yang berjuluk sebagai kota Baja. Sebanyak enam juta ton baja setiap tahunnya dihasilkan oleh PT Krakatau Steel yang berpusat di Cilegon.
Kota Serang. Nggak cuman terkenal sebagai Kota Santri, Kota Serang dikenal pula sebagai pusat peradaban Kerajaan Banten di masa lalu
Kota Tangerang. Nggak sedikit orang yang masih mengira bahwa Bandara Soekarno-Hatta, berada di Jakarta. Padahal, bandara ini sebenarnya berada di wilayah Tangerang
Kota Tangerang Selatan. Kota Tangerang Selatan terkenal dengan tanaman anggrek yang menjadi ikon daerahnya.

Daftar Nama-nama Kota di Jawa Barat

Kota Bandung (Ibukota). ITB yang berada di kota Bandung adalah perguruang tinggi teknik pertama di Hindia Belanda lho.
Kota Banjar. Stasiun Banjar yang berada di Kota Banjar merupakan stasiun paling timur dan stasiun aktif yang memiliki ketinggian terendah di Daerah Operasi II Bandung.
Kota Bekasi. Merupakan nama kota dengan kawasan industri yang sangat maju
Kota Bogor. Saat ulang tahun ini selalu digelar festival payung lho
Kota Cimahi. Nama kota Cimahi mendapat julukan kota Hijau dan kota Tentara sebab konon dibangun dengan konsep militer untuk menyikapi rapuhnya pertahanan pemerintah Hindia Belanda di Pulau Jawa kala itu..
Kota Cirebon. di kota ini terdapat kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati yang sampai saat ini ini masih ramai dikunjungi wisatawan.
Kota Depok. Tahu nggak sih kalau jaman dulu nih Depok sempat menjadi negara Depok lho dengan presiden pertama yaitu Gerrit Jonathans dengan nama pemerintahan Het Gemeente Bestuur van Het Particuliere Land Depok.
Kota Sukabumi. Merupakan nama kota di Jawa Barat dengan beragam wisata yang tak pernah sepi pengunjung.
Kota Tasikmalaya. Dulu nih kota ini dikenal sebagai Delhi van Java karena kontur sebagian besar wilayah Tasikmalaya merupakan daerah perbukitan, terutama di daerah timur, mirip dengan Delhi, India.

Daftar Nama-nama Kota di DKI Jakarta

Kota Administrasi Jakarta Barat
Kota Administrasi Jakarta Pusat
Kota Administrasi Jakarta Selatan
Kota Administrasi Jakarta Timur
Kota Administrasi Jakarta Utara

Nama Kota di Indonesia © Diadona

Daftar Nama-nama Kota di Jawa Tengah

Kota Magelang, yang merupakan salah satu kota paling tua di Indonesia
Kota Pekalongan. Kota ini dikenal dengan julukan kota batik, karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif.
Kota Salatiga, yang saaaat ini berusia 1270 tahun dan disebut sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.
Kota Semarang (Ibukota). Nama kota Nama " Semarang" kabarnya berasal dari kata " sem" , yang berarti " asam/pohon asam" , dan kata " arang" , yang berarti " jarang" , yang digabungkan menjadi " asam yang jarang-jarang" . Penamaan " Semarang" ini bermula ketika Ki Ageng Pandanaran I alias Ki Ageng Pandan Arang (bupati pertama Semarang), datang ke sebuah pulau bernama Pulau Tirang (dekat pelabuhan Bergota) trus melihat adanya pojhon asam yang jarang-jarang tumbuh berdekatan.
Kota Surakarta, atau yang lebih dikenal dengan nama kota Solo
Kota Tegal.Sebelum dikenal sebagai tempat asal-usul warteg, kota ini udah lebih dulu dikenal dengan julukan Kota Bahari.

Nama Kota di Yogyakarta

Kota Yogyakarta (Ibukota)

Daftar Nama-nama Kota di Jawa Timur

Kota Batu, yang dikenal sebagai Kota Agropolitan, karena punya tanah dan suhu yang subur untuk bercocok tanam sehingga hasil pertanian tumbuh subur yang menghasilkan.
Kota Blitar. Di sinilah tempat lahir dan makam Presiden Soekarno.
Kota Kediri, yang merupakan nama kota tertua di Jawa Timur.
Kota Madiun, yang merupakan saksi kekejaman pemberontakan PKI.
Kota Malang, salah satu kota pendidikan di Indonesia.
Kota Mojokerto yang ternyata nih merupakan kota terkecil di Jawa lho.
Kota Pasuruan. Di sinilah tempat kelahran Ernest Douwes Dekker, pejuang kemerdekaan dan pahlawan nasional Indonesia serta penggagas nama " Nusantara"
Kota Probolinggo. Kota ini punya tarian tradisional khas bernama Tari Glipang yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat saat masa penjajahan.
Kota Surabaya (Ibukota) di mana masyaraktanya memiliki bahasa atau dialek khas yang disebut dengan bahasa suroboyoan.

3 dari 5 halaman

Dafatr Nama-nama Kota di Pulau Kalimantan

Nama Kota di Indonesia © Diadona

Daftar Nama-Nama Kota di Kalimantan Barat

Kota Pontianak (Ibukota). Di kota ini terdapat Tugu Khatulistiwa sebagai letak titik kulminasi matahari
Kota Singkawang. Kota ini awalanya adalah desa, lalu kemudian menjadi kecamatan dan kini menjadi kota seperti yang kita kenal.

Daftar Nama-nama Kota di Kalimantan Selatan

Kota Banjarbaru (Ibukota) yang secara resmi menggantikan Banjarmasin sebagai Ibukota Provinsi.
Kota Banjarmasin, memiliki julukan kota Seribu Sungai karena moda transportasi utama mereka yakni perahu.

Daftar Nama-nama Kota di Kalimantan Tengah

Kota Palangka Raya (Ibukota). Karena letaknya yangjauh dari lempeng bumi, kota ini minim gempa. Hanya saja nih beberapa wilayahnya rawan longsor.

Daftar Nama-nama Kota di Kalimantan Timur

Kota Balikpapan (Ibukota). Sejarah kota ini nggak bisa dipisahkan dari pengeboran pertama sumur minyak Mathilda yang berada di kaki Gunung Komendur di sisi timur Teluk Balikbaban pada Februari 1897 silam.
Kota Bontang. Sebelumnya nih Bontang hanyalah perkampungan yang terletak di daerah aliran sungai yang kemudian berubah status menjadi sebuah kota
Kota Samarinda. Adalah nama kota dengan jumlah penduduk paling banyak di pulau Kalimatan nih.

Daftar Nama-nama Kota di Kalimantan Utara

Kota Tarakan. Karena pembangunan di sana yang cukup pesat, kota ini dinobatkan sebagai kota terkaya ke-17 di Indonesia lho.

4 dari 5 halaman

Dafatr Nama-nama Kota di Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Nama-nama Kota di Indonesia © Diadona

Nama-Nama Kota di Bali

Kota Denpasar (Ibukota). Denpasar berhasil masuk daftar 10 kota tersehat di dunia pada 2019 dari lembaga penilai kelayakan pariwisata, Travel Supermarket.

Nama-nama Kota di Nusa Tenggara Barat

Kota Bima. Secara historis Kota Bima merupakan pusat Kesultanan Bima dimasa lampau
Kota Mataram (Ibukota). Kota ini memiliki budaya dan tradisi yang khas sebagai perpaduan antara budaya Bali dan Lombok.

Nama Kota di Nusa Tenggara Timur

Kota Kupang (Ibukota). Kupang dikenal dengan gugusan karangnya yang membuatnya dijuluki ‘City of Coral’. 

5 dari 5 halaman

Dafatr Nama-nama Kota di Pulau Sulawesi dan Papua

Nama Kota di Indonesia © Diadona

Nama-nama Kota di Gorontalo

Kota Gorontalo. Kalau Banda Aceh dikenal sebagai Serambi Mekkah, Gorontalo dikenal sebagai Negeri Serambi Madinah. Ini sebagai manifestasi nilai adat, nilai kesopanan dan nilai norma agama yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat.

Nama Kota di Sulawesi Selatan

Kota Makassar. Yang merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia Timur.
Kota Palopo. Sebagai kota maritim, Palopo punya komoditas unggulan rumput laut Gracilaria dengan kualitas terbaik di dunia
Kota Parepare yang merupakan kota peduli lorong. Kenapa demikian? Lorong-lorong jalan yang terkesan horor, kumuh dan kotor di sana disulap menjadi bersih, indah dan hijau. Keindahannya ditambah dengan pemasangan ribuan lampu pada jalan di setiap lorong.

Nama Kota di Sulawesi Tenggara

Kota Baubau, yang memiliki benteng Keraton Buton seluas 23,375 hektar dan disebut sebagai benteng terluas di dunia.
Kota Kendari. Berada di dekat laut, Kendari dikelilingi pulau-pulau kecil yang indah.

Nama-nama Kota di Sulawesi Tengah

Kota Palu. Dijuluki sebagai Kota Lima Dimensi karena terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk

Nama-nama Kota di Sulawesi Utara

Kota Bitung. Kota ini dikenal sebagai penghasil ikan cakalang terbesar di Indonesia.
Kota Kotamobagu. Kota Kotamobagu Mendapat predikat sebagai salah satu kota terkecil di Indonesia Yang terbagi menjadi 4 wilayah Kecamatan.
Kota Manado, pemilik Taman Laut Bunaken yang terkenal sampai ke mancanegara.
Kota Tomohon. Kota Tomohon dikenal sebagai salah satu penghasil bunga terbesar di Indonesia dengan sebagian warganya bermata pencaharian sebagai petani bunga.

Nama-nama Kota di Papua

Kota Jayapura. Kalau kota-kota di Indonesia terdiri dari beberapa kecamatan, kota Jayapura terbagi menjadi distrik. Namun sebenarnya sih distrik dianggap sama atau setara dengan kecamatan kok.

Nah itu tadi nama-nama kota di sleuruh Indonesia beserta fakta unik tentangnya. Kota mana nih yang udah pernah kamu kunjungin?

Beri Komentar