Curhatan Baim Wong Tentang ART Gak Boleh Makan di Meja yang Sama dengan Majikan Ini Jadi Viral

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 5 Desember 2020 11:28
Curhatan Baim Wong Tentang ART Gak Boleh Makan di Meja yang Sama dengan Majikan Ini Jadi Viral
Masih banyak majikan yang memandang rendah pembantunya di rumah.

Baim Wong baru-baru ini membagikan sebuah video di akun Instagram miliknya. Di video itu, terlihat seorang anak kecil yang menangis akibat dia akan ditinggalkan oleh pengasuhnya.

Pada keterangan di video itu, Baim menulikan bahwa tak ada perbedaan di antara ART (Asisten Rumah Tangga) dan majikan. "Terlihat di video ini, tak ada yang namanya perbedaan. Tak ada yang namanya pembantu dan tak ada yang namanya majikan", tulis Baim di unggahan tersebut.

1 dari 4 halaman

Nampaknya, Baim mengetahui hal ini dengan melihat dari ekspresi anak yang akan ditinggalkan oleh pengasuhnya tersebut. Si anak tampak begitu mencintai dan menyayangi pengasuhnya serta begitu pula sebaliknya.

Anak Tak Mau Ditinggal Pengasuh © Diadona

" Kejujuran mata dari anak ini sebenarnya karena kehilangan mbak yang dicintainya, ketika melihat mbaknya pergi, sama sekali tak ada perasaan merendahkan. Sama ketika ibu dari si anak ini memandang mbaknya, penuh rasa kasih dan sayang. Sama sekali tak ada jarak di antara mereka, mereka semuanya saling mencintai" , tulis Baim Wong lagi.

2 dari 4 halaman

Baim pun mengungkapkan ketidaksetujuannya saat ada majikan yang memandang rendah ART-nya dan mendiskriminasi dengan beberapa hal misalnya saja para majikan yang melarang ART makan di meja yang sama dan tak diperbolehkan untuk memegang anak majikannya.

Kemudian, ada pula majikan yang menyendirikan kamar mandi ART dan dibuat seadanya. Selain itu, kamar ART ini pun biasanya ukurannya sangat kecil dibandingkan dengan kamar-kamar lain di rumah tersebut. Menurut Baim Wong, tindakan ini sangat tidak memanusiakan manusia.

3 dari 4 halaman

"24 jam mereka bersama kita, belajarlah untuk menghargai mereka. Pembantu,supir,mungkin tukang kebun atau satpam di rumah, mereka adalah bagian dari keluarga", ucap Baim Wong dalam postingannya.

Unggahan Baim ini pun langsung viral dalam waktu sebentar. Netizen pun membanjiri video ini dengan berbagai komentar. Berikut ini beberapa di antaranya.

      View this post on Instagram

A post shared by baim wong (@baimwong)

4 dari 4 halaman

@sonisanjaya1908 menulis, " Setuju om Baim...karena mereka jg sm seperti semuanya, sama2 manusia ciptaan Allah SWT" .

@putri.nayla.98478 membalas, " Alhmdulilah mjkn sya jg seperi itu, tdk membedakan ras,agama,bahkan kdg di beliin baju,jaket,sepatu jg kembaran dan merk yg sama,,mereka gk malu kembrn jket,bju sma pembantu..mlah seneng klau pas dipkai bareng" .

@awanrissa berkomentar, " Ko aku ikut nangis jga lihat y" .

Memang ART seharusnya diperlakukan dengan sama dan tak dipandang lebih rendah hanya karena bekerja di rumah tersebut. Karena merekalah yang sudah banyak membantu mengurus rumah dan anak sehingga perlu untuk dihargai atas kerja kerasnya tersebut. Kalau menurut kamu gimana?

Beri Komentar