Cerita Pilu Janudin, Seorang Nelayan dengan Keterbatasan Fisik yang Berjuang Demi Anak-Anaknya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 24 Maret 2021 09:17
Cerita Pilu Janudin, Seorang Nelayan dengan Keterbatasan Fisik yang Berjuang Demi Anak-Anaknya
Meski fisiknya tak sempurna, tetapi Janudin tak pernah menyerah dalam mencari nafkah untuk menghidupi dua anaknya.

Sebagian orang harus tetap berusaha untuk mencari uang dalam kondisi apa pun meski dengan fisik yang tidak sempurna. Hal serupa juga harus dilakukan oleh seorang nelayan berikut ini.

Meski dengan keterbatasan fisik, dia terus berjuang untuk mencari nafkah dengan cara melaut dan mencari ikan di lautan sampai berjam-jam demi bisa bertahan hidup. Dinginnya lautan dan teriknya matahari pun tak ia rasakan demi keluarganya di rumah.

1 dari 4 halaman

Cerita Janudin © Diadona

Dilansir dari laman merdeka.com (22/03), nelayan ini bernama Janudin. Dia adalah seorang duda yang tinggal dengan dua anaknya. Meski mempunyai keterbatasan fisik dengan kaki yang tidak sempurna, tetapi ia terus berjuang melawan ombak untuk mencari ikan di laut demi mengais rezeki.

Ikan-ikan yang dia dapatkan ini pun nantinya akan dijual atau dikonsumsi dengan dua anaknya yang sudah menunggu kepulangannya di rumah. Terkadang, Janudin pun harus menghabiskan waktu berjam-jam di laut untuk mendapatkan tangkapan ikan.

2 dari 4 halaman

Cerita Janudin © Diadona

Terkadang, ia pun terpaksa berangkat melaut dengan perut yang masih kosong tanpa makan sebelumnya. Sepeninggal istrinya yang sudah pergi untuk selama-lamanya akibat penyakit tumor, dia selalu mendahulukan anak-anaknya agar bisa bertahan hidup.

Berprofesi sebagai nelayan, sebenarnya penghasilan Janudin pun tidaklah banyak bahkan jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhannya dan dua anaknya. Dia biasanya hanya mendapatkan uang kurang lebih Rp10 ribu setiap harinya.

3 dari 4 halaman

Dalam keterangan di akun Instagram @rumahyatim diketahui bahwa sudah beberapa hari ini Janudin jarang mendapatkan ikan saat pergi melaut, ditambah dengan kondisi kakinya yang membuatnya tak bisa berenang. Dia pun begitu sedih karena terpaksa hanya bisa memberi makan dua anaknya dengan lauk garam saja.

Cerita Janudin © Diadona

4 dari 4 halaman

Cerita Janudin yang mengiris hati ini pun membuat banyak netizen terharu. Mereka memberikan dukungan serta doa untuk ayah dua anak tersebut. Bagi yang ingin meringankan beban Janudin dapat berdonasi di link berikut ini.

donasionline.id/bantupakjanudin

Semoga Janudin sekeluarga sehat selalu dan diberikan kelancaran rezeki untuk mereka. Terima kasih orang baik, mari lebih peduli pada sesama.

Beri Komentar