Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga dan Selalu Segar, Wajib Dicoba Nih!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 16 September 2020 08:55
Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga dan Selalu Segar, Wajib Dicoba Nih!
Inilah cara merawat anggrek dengan mudah agar cepat berbunga dan selalu segar.

Bagi sebagian orang, merawat bunga di rumah merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Salah satu bunga yang menjadi primadona di kalangan pecinta berkebun ialah anggrek.

Anggrek, juga dikenal sebagai Orchidaceae, ialah salah satu jenis bunga terindah dengan kelopaknya yang besar, mekar tahan lama, dan memiliki varian warna yang segar.

Sehingga, alasan inilah yang membuat para pecinta bunga berlomba-lomba untuk mengetahui cara merawat anggrek agar cepat berbunga dan tumbuh dengan segar.

Nah, kalau kamu penasaran bagaiaman cara merawat anggrek, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Anggrek © Diadona

Seperti yang diketahui, anggrek ialah salah satu bunga hias yang banyak diminati oleh semua kalangan. Pasalnya, selain menjadi tanaman hias, bunga tersebut juga memiliki cukup banyak manfaat.

Selain itu, cara merawat bunga anggrek memang sangat mudah sekali, sebab dalam merawat anggrek sama halnya seperti kamu merawat tanaman bunga lainnya. Hanya saja, kunci utama dalam merawat bunga anggrek adalah butuh ketekunan yang cukup dalam merawat setiap harinya.

Nah, kalau kamu ingin bunga kesayangan di rumah tetap segar dan cantik, simak cara merawat anggrek di bawah ini.

1. Tempatkan Pada Lokasi yang Sesuai dengan Karakternya

Langkah pertama dalam cara merawat anggrek ialah taruh tanaman tersebut pada tempat yang sesuai dengan karakter dari bunga anggrek kalian semuanya.

Misalnya seperti, jenis anggrek kamu tidak terlalu suka dengan sinar matahari langsung, maka sebaiknya ditempatkan pada tempat yang agak lembab atau pada tempat lain yang tidak terkena sinar matahari langsung.

2 dari 4 halaman

2. Siram Secara Rutin

Cara Merawat Anggrek © Diadona

Sama seperti tanaman lainnya, bunga anggrek juga perlu disiram secara rutin. Meskipun anggrek sangat menyukai dengan kelembaban, tapi dalam menyiramnya jangan berlebihan ya, secukupnya saja.

Sebab, hal tersebut untuk mencegah terjadinya pembusukan pada bagian akar karena terlalu banyak air di dalamnya. Sehingga, hal ini tidak boleh terlewat dalam cara merawat anggrek.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara

Cara merawat anggrek yang ketiga adalah dengan memerhatikan sirkulasi udaranya. Artinya, bunga anggrek membutuhkan aliran udara sepoi-sepoi yang baik dengan tidak terlalu banyak angin.

Tentu saja tak lupa harus ada sinar matahari langsung (terutama panas kering dari pemanas atau pendingin udara) untuk menjaga bunga tetap utuh.

3 dari 4 halaman

4. Beri Pupuk Secara Rutin

Cara Merawat Anggrek © Diadona

Selain memperhatikan sirkulasi udara, cara merawat anggrek agar cepat berbunga ialah kamu juga harus rutin dalam memberikan pupuk. Sebab, pemberian pupuk memang sudah hal yang wajib dalam merawat sebuah tanaman.

5. Dekatkan dengan Sumber Air

Bunga anggrek tumbuh lebih baik jika diletakkan dekat dengan sumber air, seperti kolam ikan atau kolam air mancur rumah.

Sebab, daerah sekitar kolam yang lembab merupakan habitat bunga anggrek paling sempurna. Namun, apabila kamu tidak memiliki kolam, pasanglah sprinkler otomatis tepat di tengah halaman sebagai cara merawat bunga anggrek.

4 dari 4 halaman

6. Pangkas Bunga yang Layu

Cara Merawat Anggrek © Diadona

Langkah selanjutnya dari cara merawat anggrek adalah dengan memotong atau memangkasn tangkai-tangkai bunga yang sudah layu. Akan tetapi, berhati-hatilah untuk menjaga tonjolan kecil di bawah sebab 'simpul' ini yang akan memberikan pertumbuhan baru bagi bunga anggrek.

7. Berikan Obat Antihama

Cara merawat anggrek yang terakhir ialah dengan membeirkan obat antihama. Pasalnya, tidak hanya anggrek yang akan tumbuh pada pot bunga, tetapi juga tanaman hama.

Oleh karena itu, berantas hama tersebut sesering mungkin dengan menyemprotkan pestisida berdosis ringan untuk mengusir hama serangga.

Itulah cara merawat anggrek dengan baik dan benar, supaya tanaman kesayanganmu tumbuh dengan segar dan cepat berbunga. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar