Cara Mencuci Sepatu yang Benar, Agar Tidak Cepat Rusak dan Bau

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 19 September 2020 08:36
Cara Mencuci Sepatu yang Benar, Agar Tidak Cepat Rusak dan Bau
Inilah cara mencuci sepatu yang mudah dan efektik.

Mungkin sebagian orang lebih suka menggunakan sepatu atau sneakers saat beraktivitas sehari-hari. Namun, sepatu yang biasa kammu gunakan tersebut lama kelamaan pasti akan kotor karena debu dan kotoran yang menempel.

Supaya kembali bersih dan nyaman digunakan, kamu pun harus tahu bagaiaman cara mencuci sepatu dengan benar dan tepat. Sebab, sepatu yang kotor bisa membuat penampilan tidak enak dipandang.

Nah, untuk menunjang kembali penampilanmu agar terlihat lebih kece dan menarik saat menggunakan sepatu. Berikut cara mencuci sepatu yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Mencuci Sepatu Putih

Cara Mencuci SepatuCara Mencuci Sepatu © shutterstock.com/Ukrit Theengarm

Tidak dipungkiri jika banyak orang merasa takut saat menggunakan sepatu dengan warna ini karena warnanya membuat kotoran terlihat lebih mencolok.

Padahal sepatu putih membuat tampilanmu terlihat lebih bergaya meskipun warna ini terkesan sederhana. Di sisi lain, sepatu putih atau sneakers putih sedang menjadi tren saat ini. Hal ini disebabkan sepatu putih sangat mudah dipadukan dengan berbagai macam busana.

Sayangnya, tidak sedikit yang tau bagaimana cara mencuci sepatu putih setelah digunakan untuk melewati jalan becekan, berpasir, atau mungkin jalanan berlumpur. Untuk itu, langsung saja simak rangkaiannya berikut ini supaya sepatu putihmu bisa kembali bersih

1. Gunakan Soda Kue/Cuka

Langkah pertama dalam mencuci sepatu putih ialah kamu bisa menggunakan soda kue dan cuka. Caranya pun cukup mudah, campurkan soda kue, cuka dan air panas ke dalam mangkuk sampai membentuk pasta. Setelah itu, gosokkan pasta soda kue ke permukaan sepatu dengan sikat gigi.

Biarkan pasta soda kue menempel di permukaan sepatu selama 3-4 jam. Kemudian, letakkan sepatu di bawah sinar matahari langsung supaya pasa soda kue mengering dan mengeras. Setelah kering, kamu bisa membersihkannya dengan kuku jari tangan.

2 dari 4 halaman

2. Pasta Gigi dan Sikat

Cara Mencuci SepatuCara Mencuci Sepatu © shutterstock.com/bugsbunny12



Selain menggunakan soda dan cuka, kamu juga bisa memanfaatkan pasta gigi dan sikat sebagai cara mencuci sepatu putih. Caranya, kamu cukup mengoleksan dan menyikatkanya secara pelahan-lahan, kemudian bersihkan dengan lap atau handuk basah agar bekas pasta gigi dan noda benar-benar hilang.

3. Shampoo

Cara mencuci sepatu putih selanjutnya adalah dengan menggunakan shampoo aatu detergen. Caranya pun hampir sama dengan penggunaan pasta gigi dan sikat, yakni cukup oleskan shampoo atau detergen pada bagian sepatu yang ternoda lalu sikat dengan perlahan. Ohya, jangan lupa gunakan bulu sikat yang halus, ya.

4. Alkohol

Menggunakan alkohol ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mencuci sepatu putih yang efektif, lho! Caranya yaitu siapkan alkohol dan kipas, lalu tuangkan merata pada bagian yang terkena noda. Namun, dikarenakan alkohol ialah cairan bersifat keras, maka hati-hatilah saat menggosoknya agar kulit sepatu tidak mengelupas.

5. Pemutih

Tahap kelima dalam mencuci sepatu putih adalah dengan menggunakan pemutih. Namun, pemutih bisa kamu gunakan saat sudah tak ada cara lain dalam membersihkan sepatu putih. Sebab, cairan ini mengandung zat yang sifatnya korosif (membuat kulit sepatu memudar).

3 dari 4 halaman

Cara Mencuci Sepatu Kulit

Cara Mencuci SepatuCara Mencuci Sepatu © shutterstock.com/Mikko Lemola

Merawat sepatu kulit memanglah tidak semudah dengan sepatu atau sneakers pada umumnya. Sebab, kalau kamu sampai salah dalam cara mencuci sepatu kulit hal ini akan membuat kulit sepatu akan mengelupas.

Sehingga, dalam merawat sepatu kulit biasanya harus dibersihkan menggunakan sikat yang lembut, sedangkan sepatu suede memerlukan sikat khusus yang dirancang untuk melindungi teksturnya. Nah, untuk lebih lengkapnya simak ulasannya berikut ini.

1. Gunakan Kain Basah dan Sedikit Sabun

Langkah pertama dalam cara mencuci sepatu kulit ialah kamu bisa menggunakan kain basah dan sedikit sabun. Caranya, celupkan kain ke dalam air dan peras, kemudian teteaskan sedikit sabun cair yang lembut atau pembersih kulit pada kain secara perlahan.

Setelah itu, bersihkan sisa sabun dari sepatu dan keringkan sepatu dengan meletakannya di ruangan yang sejuk. Ohya, cara mencuci sepatu kulit yang perlu diperhatikan adalah jangan menempatkan sepatu di dekat pemanas sebab bisa membuat sepatu retak atau berubah warna.

2. Tissu Bayi

Cara mencuci sepatu kulit yang satu ini untk mempermudah kamu saat sedang berada di luar rumah, yakni dengan menggunakan tissue bayi. Mengapa demikian? Sebab, tisu bayi adalah bahan yang cukup lembut sehingga tidak merusak kulit. Sedangkan kandungan pelembap dalam tisu bayi bisa digunakan sebagai kondisioner pada sepatu kulit.

4 dari 4 halaman

3. Menggunakan Bedak

Cara Mencuci SepatuCara Mencuci Sepatu © shutterstock.com/Maharani afifah



Apabila sepatumu terkena noda minyak atau lemak yang sulit dihilangkan, maka cara mencuci sepatu kulit untuk menutupi noda ialah sesuatu yang memiliki kemampuan menyerap minyak, seperti bedak.

Biarkan bedak tetap menempel pada kulit sepatu selama 2 hingga 3 jam supaya minyaknya terserap. Selanjutnya, bersihkan bedak dengan hati-hati menggunakan sikat yang lembut.

4. Oleskan Semir Sepatu pada Kulit

Langkah terakhir dalam cara mencuci sepatu kulit adalah tuangkan beberapa tetes semir sepatu kulit pada kain yang bersih, kemudian gosokkan kain tersebut pada permukaan sepatu dengan gerakan kecil dan memutar. Kalau sudah, bersihkan sisa semir menggunakan kain bersih yang lain. Perlu diingat, Jjangan mengoleskan semir pada bagian sepatu yang bukan terbuat dari kulit ya, guys.

Itulah cara mencuci sepatu putih dan sepatu kulit yang bisa kamu praktikkan dengan mudah di rumah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar