Cara Membuat Slime dengan 1 Bahan, Apakah Bisa?

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 5 Oktober 2021 12:00
Cara Membuat Slime dengan 1 Bahan, Apakah Bisa?
Emang bisa ya buat slime dengan 1 bahan aja?

Cara membuat slime 1 bahan kerap kali dicari oleh para orang tua untuk membuatkan sang anak mainan. Tapi sayang, rasanya seperti mustahil membuat slime dengan satu bahan saja. Untuk membuat mainan satu ini setidaknya paling sedikit dibutuhkan 2 bahan utama.

Buat yang masih belum tahu, Slime merupakan mainan unik yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan kental seperti jelly. Permainan anak asal Inggris ini memiliki tekstur lembek, kenyal, dan lentur seperti lendir ini dianggap oleh kebanyakan orang digunakan untuk pereda emosi.

Jadi, nggak melulu digunakan oleh anak kecil, slime juga cukup banyak dibuat mainan oleh orang dewasa dengan meremas-remasnya hingga emosinya bisa tersalurkan. Ada-ada saja ya hehe.

Diadona.id telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat slime ini dari berbagai sumber. Tapi tetap tidak bisa ya membuat slime dengan 1 bahan hehe. Berikut adalah cara membuat slime yang isa kamu coba di rumah.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dengan Shampoo

Cara Membuat Slime dari Lem Fox © Diadona

Cara membuat slime yang pertama adalah dengan menggunakan shampoo. Pertama-tama kamu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yang anatar lain adalah sabun mandi, garam, mangkuk, sendok, 280 gram tepung maizena, 120 milliliter sampo, 6 sendok makan air, pewarna makanan.

Pertama, tuangkan shampoo berwarna putih atau transparan ke dalam wadah kecil (pilih shampoo dengan konsistensi kental), sebanyak 2 sendok makanan dan tambahkan 1-2 tetes pewarna makanan.

Kedua, tambahkan pasta gigi ke dalam adonan tersebut untuk memberikan sedikit aroma mint, takarannya yaitu ¼ (satu sendok teh pasta gigi) dari banyaknya shampoo yang digunakan, lalu aduk rata sekitar satu menit.

Setelah semua bahan tercampur, dinginkan adonan slime selama 10-60 menit, jika masih terlihat encer, masukkan ke dalam kulkas selama sekitar 50 menit. Kalau sudah, keluarkan adonan mulai giling dan remas slime tersebut menggunakan jari hingga teksturnya kembali terasa lembut dan elastis.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dengan Bedak Bayi dan Baby Oil

Cara Membuat Slime dari Sunlight © Diadona

Cara membuat slime selanjutya adalah dengan menggunakan bedak bayi dan baby oil. Jadi, untuk caranya langsung saja, pertama-tama kamu siapkan 1 botol bedak bayi, baby oil, serta pewarna. Setelah itu tuangkan 1 botol bedak bayi, ¼ sdm baby oil, dan menambahkan air sedikit demi sedikit.

Lalu, aduk adonan yang sudah tertuang tersebut hingga mencapai tekstur kental, jangan lupa tambahkan pewarna agar slime yang kamu buat terlihat begitu cantik.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji dan Minyak Goreng

Cara Membuat Slime © Diadona

Ya, kamu nggak salah baca, cara membuat slime yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tepung kanji dan minyak goreng. Udah kayak mau buat gorengan aja nih ya haha.

Jadi, untuk cara yang bisa kamu lakukan ketika menggunakan bahan ini adalah pertama kamu siapkan bahan-bahan seperti tepung kanji, minyak goreng, air, dan pewarna. Lalu, siapkan baskom untuk menuangkan tepung kanji ke dalamnya, dan beri air sedikit demi sedikit.

Setelah itu, aduk secara perlahan sampai rata, kemudian tuangkan minyak goreng sedikit saja sambil di aduk. Terakhir, beri pewarna dan jang lupa masukan ke dalam kulkas sampai tekstur slime menjadi lengket dan tidak terlalu lembek.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime dengan Sunlight dan Garam

Cara Membuat Slime © Diadona

Pada dasarnya, cukup banyak bahan-bahan rumahan yang bisa digunakan untuk membuat slime bahkan seperti Sunlight dan garama ini. Seperti biasa, cara membuat slime dari bahan-bahan ini bisa kamu mulai dengan menyiapkan semua bahannya dahulu yang anatar lain adalah hampo merek apapun, sunlight, garam halus, tepung terigu, dan minyak goreng.

Langkah pertama, tuangkan 2sdm tepung terigu dan 2sdm sunlight ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan, lalu aduk semuanya hingga bahan tercampur dengan rata dan mengental. Kemudian, tambahkan minyak goreng supaya adonan tidak lengket. Kalau ingin lebih wangi kamu bisa mengganti minyak goreng dengan baby oil.

Jika sudah, aduk semua adonan tersebut hingga rata dan tambahkan pewarna makanan agar telihat lebih menarik. Kemudian masukkan ke dalam lemari es kurang lebih selama 20-10 menit. Dan, taraaaaa, slime sudah siap digunakan.

Jadi itulah cara membuat slime yang cukup mudah, plus menggunakan bahan yang terjangkau dan mudah didapatkan. Selain menyenangkan, membbuat slime dari bahan-bahan tersebut juga bisa meningkatkan kreativitas loh hehe. Jadi, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Beri Komentar