3 Cara Membuat Pidato Singkat Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 26 Oktober 2022 11:13
3 Cara Membuat Pidato Singkat Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Teks pidato adalah teks yang berisi gagasan dan pengetahuan terhadap suatu hal. Biasanya disampaikan dalam acara yang menyangkut banyak orang sehingga penting untuk mengetahui cara memembuat pidato.

Berpidato juga memerlukan teknik dan kemampuan yang harus dilatih. Karena dalam berpidato kamu dihadapkan dengan banyak orang, sehingga harus mengatur kecemasan, nafas, dan percaya diri yang baik. Artikel ini akan membahas cara membuat pidato agar pidato yang kamu lakukan bisa berhasil.

Umumnya, pidato dilakukan oleh orang yang dianggap penting. Dalam artian, orang tersebut dibutuhkan untuk menyampaikan sebuah pernyataan atau pandangan. Hal yang disampaikan tersebut biasanya dilakukan dengan cara berorasi. Namun tidak menutup kemungkinan pidato juga dijadikan ajang perlombaan di bangku sekolah maupun perkuliahan. Sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat pidato yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan skill public speaking.

 

1 dari 3 halaman

Cara membuat pidato yang singkat

Cara membuat pidato yang singkat © Diadona

Sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam membuat pidato, namun setidaknya dalam membuat pidato harus membuat kerangka penulisan agar tulisan yang dibuat dapat dipahami dengan baik. Berikut cara membuat pidato yang singkat.

  • Langkah pertama adalah memilih topik pidato dan mengumpulkan bahan

  • Langkah selanjutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya atau materi yang relevan mengenai topik yang akan diangkat. Membuat kerangka teks pidato. 

  • Secara umum teks pidato terdiri atas lima bagian, yaitu salam pembuka, pendahuluan, isi, penutup, dan salam penutup. Gunakanlah kata-kata yang menarik dan sopan dalam menulis kata sambutan dan penutup. Dalam bagian isi juga kembangkan lah informasi yang menarik dan persuasif sehingga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

  • Terakhir kamu bisa mengembangkan kerangka pidato yang telah dibuat agar menjadi sebuah uraian yang lengkap dan detail dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan efektif agar mudah untuk dicerna dan dipahami oleh pendengar.

 

2 dari 3 halaman

Cara membuat pidato yang menarik

Cara membuat pidato yang menarik © Diadona

Berdasarkan artikel yang dikutip dati celebritis.id, terdapat beberapa langkah agar membuat pidato yang kamu tulis bisa lebih menarik.

  • Dalam cara membuat pidato, menentukan topik wajib diperhatikan agar tidak terlalu luas dan tepat sasaran. Agar topik pidato yang akan diangkat dapat menarik perhatian, ada baiknya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya serta melakukan riset melalui berbagai sumber agar dapat menyampaikan informasi yang valid.

  • Selanjutnya adalah memperhatikan tujuan pidato. Pada dasar teorinya tujuan pidato harus berlandaskan tiga unsur, diantaranya informatif, mempengaruhi (persuasif) dan menghibur (reaktif). Sehingga kamu bisa mencocokan tulisan kamu apakah mengandung unsur tersebut atau tidak.

  • Kemudian sesuaikan pidato kamu dengan audiens yang akan kamu tuju. Misalnya, apabila audiens berisikan anak muda maka buatlah pidato santai dan tidak terlalu kaku. Begitu pula sebaliknya.

  • Langkah terakhir dalam cara menyusun pidato agar menarik perhatian yaitu memperhatikan proporsi pidato. Hindari pidato yang terlalu banyak dan jangan pula terlalu pendek. 

 

3 dari 3 halaman

Cara membuat pidato yang baik

Cara membuat pidato yang baik © Diadona

Selanjutnya adalah cara membuat pidato yang baik dikutip dari pendidikanpedia.com 

  • Dalam bagian pembukaan, ditulis paling awal dan menjadi pembuka sebelum masuk ke materi dalam pidato. Inti dari bagian pembuka ini adalah sebagai salam kepada para pendengar dan para hadirin. Perhatikan kata-kata yang kamu gunakan dalam pembukaan dan sesuaikan pula dengan siapa kamu berpidato.

  • Selanjutnya adalah kerangka pidato, yaitu bagian isi atau pesan utama. Dalam bagian ini, kamu bisa menyampaikan pesan atau tujuan utama yang ingin disampaikan kepada para pendengar. Hindari Bahasa yang terlalu santai agar pidato kamu memiliki kesan yang baik dan berwibawa.

  • Bagian terakhir dalam membuat pidato adalah penutupan. Umumnya, bagian penutupan ini diawali dengan kesimpulan singkat mengenai isi dari pidato yang telah diringkas. Kemudian dilanjutkan dengan salam penutup.

Ketika kamu telah memahami cara membuat pidato, ada beberapa hal yang harus  diperhatikan pada saat melakukan pidato. Menurut website kitapunya.net, inilah beberapa tips dalam melakukan pidato. 

  • Pertama adalah harus mengetahui dan menguasai materi yang akan disampaikan secara mendalam. Hal ini merupakan bagian yang penting, karena pada saat melakukan pidato, kita harus menempatkan diri kita agar dapat dipercaya dan memberikan kesan kepada pendengar. Selain itu agar isi atau pesan yang ingin kita sampaikan dapat tersalurkan dengan baik.

  • Selanjutnya adalah dapat memperbanyak informasi dan pengetahuan berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Sehingga variasi dalam informasi yang memperkaya informasi yang didapatkan oleh pendengar.

  • Langkah berikutnya adalah melakukan latihan yang meliputi pemilihan kosakata yang menarik, penampilan, volume suara, intonasi, artikulasi, serta tempo dalam berpidato. Sehingga ketika berpidato, hal tersebut dapat mengurangi dan meminimalisir gangguan dalam berpidato. Misalnya kecemasan, gugup dan tegang.

  • Terakhir adalah mempersiapkan diri secara fisik maupun mental.

Itulah tadi cara membuat pidato yang dapat melatih kemampuanmu dalam berbagai hal. Dengan kamu berlatih pidato secara nggak langsung akan meningkatkan kemampuan kamu dalam public speaking lho. Jadi, jangan lupa berlatih ya.

Penulis: Agung Brahma Wikara

Baca Juga: Contoh Kata-Kata Pembuka Pidato dalam Bahasa Inggris dan Islami Teks Eksposisi : Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya Pengertian Teks Biografi, Ciri, Struktur, dan Contoh Singkatnya 7 Ciri-Ciri Teks Anekdot dari Segi Kebahasaan yang Menandainya dari Jenis Teks Lain 8 Ciri-Ciri Teks Deskripsi secara Umum, Kebahasaan dan Cara Menentukan Isi serta Tujuan

Beri Komentar