8 Cara Membuat Kesimpulan yang Benar untuk Makalah, Penelitian dan Artikel Kamu

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 25 November 2022 10:44
8 Cara Membuat Kesimpulan yang Benar untuk Makalah, Penelitian dan Artikel Kamu
Ingin melatih kemampuan membaca dan menulis? apalagi referensi bahan bacaannya dari buku yang tebal atau jurnal nasional. Artikel ini akan membantu kamu untuk mengetahui cara membuat kesimpulan!

Secara umum, kesimpulan merupakan pernyataan yang diambil secara ringkas dari keseluruhan hasil pembahasan yang telah dianalisis, sehingga diperlukan cara membuat kesimpulan yang tepat.

Beberapa manfaat kesimpulan adalah dapat membantu kamu untuk memahami konsep materi yang diberikan. Karena isi dari kesimpulan sendiri memiliki proporsi yang singkat, padat dan berisi penjabaran poin-poin penting. Sehingga kamu harus paham cara membuat kesimpulan yang baik.

Selain itu dengan membuat kesimpulan, kamu jadi terlatih untuk membaca dan mendefinisikan topik yang dibaca. Sehingga secara tidak langsung akan membuat kamu paham akan keseluruhan materi dan menambah kosa kata kamu. Jadi, penting bagi kamu untuk mengetahui cara membuat kesimpulan yang bisa kamu praktikkan.

Yuk simak cara membuat kesimpulan yang baik dan benar di bawah ini!

 

1 dari 2 halaman

Ciri-ciri membuat kesimpulan

Ciri-ciri membuat kesimpulanCiri-ciri membuat kesimpulan © freepik.com/jcomp

Sebelum mengetahui cara membuat kesimpulan, kamu harus tau ciri-ciri kesimpulan yang baik agar tidak salah kaprah.

  • Ringkas dan padat

Hal yang harus kamu ketahui pertama sebelum tahu cara membuat kesimpulan adalah adalah kesimpulan harus sederhana, padat, dan jelas. Dimana dalam kesimpulan yang dalamnya merangkum beberapa gagasan atau pernyataan yang telah lebih dahulu dipaparkan di bagian isi. 

  • Komprehensif

Kesimpulan yang kamu tulis wajib berdasarkan merangkum keseluruhan materi dalam teks utama, terutama poin-poin penting dalam bacaan kamu. Boleh juga untuk menambahkan opini kamu yang berkorelasi dengan topik namun tetap harus memperhatikan proporsi. 

  • Saling berkaitan

Jangan lupa untuk memperhatikan bahwa kesimpulan yang kamu berikan harus saling berkaitan dengan pembahasan sebelum dan setelahnya. Sehingga Ketika dibaca akan lebih terorganisir dan terstruktur.

 

2 dari 2 halaman

8 Cara membuat kesimpulan

8 Cara membuat kesimpulan8 Cara membuat kesimpulan © freepik.com/nakaridore

1. Membaca bahan bacaan dengan teliti.

Yups, tentu sebelum kamu membuat kesimpulan harus membaca terlebih dahulu. Jangan sampai kamu hanya menyalin tulisan penulis kedalam tulisan kamu. Waduh bahaya banget. 

Karena dalam kesimpulan kamu akan menjelaskan kembali keseluruhan materi dalam bentuk tulisan baru atau poin poin yang lebih ringkas. 

2. Coba temukan ide pokok di setiap bab

Cara membuat kesimpulan selanjutnya adalah kamu harus menemukan gagasan yang atau pokok pikiran yang ingin disampaikan pada bab atau sub bab yang kamu baca. Kamu bisa menandai dengan stabilo atau spidol, sehingga akan mempermudah kamu dalam menyusun kesimpulan yang terstruktur.

3. Lakukan seleksi informasi

Coba melakukan filter di informasi yang kamu baca. Cara membuat kesimpulan yang ini, kamu harus memisahkan informasi yang kamu rasa kurang penting untuk ditulis dalam sebuah kesimpulan. 

Hindari juga contoh atau studi kasus yang terlalu banyak, agar kesimpulan yang kamu buat bisa menjadi ringkat dan padat. Sehingga, ketika kamu ingin membaca kembali materi tersebut, kamu akan lebih mudah memahami melalui kesimpulan kamu.

4. Rangkai pemahaman kamu menjadi paragraf

Setelah kamu menemukan ide pokok dan memilah informasi yang kurang penting di setiap bab atau sub bab yang kamu baca, coba susunlah menjadi sebuah paragraf.

Gunakanlah konjungsi atau kata hubung yang biasa digunakan untuk menghubungkan paragraf. Contohnya kemudian, namun, selanjutnya, oleh karena itu, selain itu, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar rangkaian kalimat yang ingin dijadikan paragraf tidak terputus- putus.

5. Gunakan teknik pengambilan kesimpulan

Metode Deduksi

Metode deduksi ini digunakan merupakan cara membuat kesimpulan dengan memaparkan permasalahan pada bagian awal lalu membuat ringkasan atas apa yang sudah diuraikan. 

Metode Analogi

Metode ini dilakukan dengan cara memberikan gagasan, pandangan, atau menyampaikan pokok penelitian menjadi lebih sederhana dan lebih mudah dipahami.

Metode Korelasi

Konsep metode ini adalah dengan menghubungan suatu konsep dengan konsep lainnya agar menjadi lebih mudah untuk dipahami.

6. Pakailah Bahasa kamu sendiri

Karena tujuan kamu membuat kesimpulan adalah agar dapat memahami keseluruhan materi dengan mudah, maka sebaiknya gunakan bahasamu sendiri. Mengingat banyak bahasa akademis yang sulit untuk diingat bahkan diucapkan Ingat, maka cobalah menulis dengan gaya bahasa kamu sendiri ya. 

Ingat juga untuk parafrase tulisan yang kamu baca sehingga tidak dinilai meniru tulisan yang telah ada. Hal ini juga membantu kamu melatih kosa kata yang kamu punya.

Tentunya cara membuat kesimpulan pada langkah ini tidak diperuntukan untuk menulis Karya Tulis Ilmiah yang memerlukan formalitas dan tata cara penulisan kesimpulan yang tepat sesuai kaidah Bahasa Indonesia.

7. Posisikanlah dirimu sebagai pembaca

Coba tempatkan diri sebagai seorang pembaca agar kamu dapat memahami apakah tulisan dari kesimpulan yang kamu buat dapat dikembangkan melalui ide pokok yang kamu tulis. 

Jangan sampai kamu sendiri bingung dengan apa yang kamu tulis, agar apa yang kamu lakukan tidak sia-sia

8. Lakukan Evaluasi Terhadap Kesimpulan

Cara membuat kesimpulan yang terakhir adalah membaca kembali kesimpulan yang sudah kamu buat. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tulisan yang kamu buat agar mudah dipahami.

Evaluasi bisa dimulai dengan memeriksa apakah kesimpulan yang kamu buat sudah komprehensif, ringkas dan mencakup keseluruhan materi. Jika merasa ada yang kurang, kamu bisa membaca kembali dan lakukan revisi. 

Itu dia cara membuat kesimpulan yang anti ribet, kamu bisa melatih hal ini untuk menunjang pekerjaan, dan tugas tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen kamu. Sehingga kamu bisa terlatih dalam kemampuan membaca dan menulis. Semangat ya.

Penulis: Agung brahma wikara

Beri Komentar