Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel dan Sedotan untuk Hiasan Rumah yang Menarik

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 7 Agustus 2020 08:53
Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel dan Sedotan untuk Hiasan Rumah yang Menarik
Inilah cara membuat bunga yang simple dan mudah sebagai hiasan rumah.

Bagi pecinta seni, membuat kerajinan tangan memang sangat seru, sebab banyak karya yang bisa dihasilkan salah satunya ialah cara membuat bunga dari berbagai kertas.

Selain menjadi hobi, jenis kerajinan tangan yang satu ini juga bisa membuatmu mendapatkan penghasilan tambahan. Menarik bukan? Bahkan, cara membuat bunga dari berbagai kertas ini juga begitu mudah untuk di coba. Terlebih buat para pemula.

Lalu, bagaimana cara membuat bunga yang mudah bagi seorang pemula? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel

Cara Membuat Bunga © Diadona

Kain flanel memang menjadi salah satu bahan dasar untuk membuat suatu produk yang dipakai oleh manusia, seperti pakaian, tas, ataupun selimut. Selain itu, ternyata flanel juga bisa disulap menjadi kerajinan tangan menjadi bros bunga..

Penasaran kan bagaimana cara membuat bunga dari kain flanel? Yuk ikuti terus langkah berikut ini.

1. Sebelum membuatnya, adapun alat dan bahan yang perlu kamu siapkan yakni, jarum, benang, kain flanel, gunting, pernak-pernik, lem tembak dan peniti.

2. Kemudian buatlah pola bergerigi pada kain flanel dengan ketinggian 3cm dan panjang 10cm. Lalu, gunting kain flanel mengikuti pola yang tersedia, dan gunakan jahitan jelujur pada pola tersebut.

3. Selanjutnya, tarik secara perlahan jahitan tersbeut hingga pola kain membentuk flanel kerutan seperti kelopak bunga. Kemudian satukan kedua sisinya hingga membentuk sebuah mahkota bunga, dan jahit pada bagian bawah bunga.

4. Setelah itu tempelkan pernak-pernik seperti kancing untuk mempercantik dan sebagai penutup pusat lipatan supaya bros terlihat rapi.

5. Terakhir, kamu bisa memasangkan penti bros tepat di tengah jahitan lipatan dengan lem tembak supaya peniti bros tersebut tidak mudah terlepas. Taraaa! Bros bunga dari kain flanel buatanmu siap dipakai, gampang kan?

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Sedotan

Cara Membuat Bunga © Diadona

Seperti yang diketahui, sedotan merupakan limbah plastik yang sangat mendominasi. Pasalnya, meski bentuknya kecil tapi sedotan sulit untuk diurai, sehingga akibatnya akan menumpuk jadi sampah.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mecegah pencemaran lingkungan akibat limbah sampah, kamu bisa memanfaat sedotan sebagai kerajinan tangan, lho! Yups, dengan cara membuat bunga dari sedotan.

Untuk itu, berikut cara membuat bunga dari sedotan yang mudah, yang bisa kamu tiru sebagai hiasan di rumah.

1. Langkah pertama cara membuat bunga adalah persiapkan peralatan serta bahan-bahannya, seperti 3 sedotan dengan warna yang berbeda, dan gunting.

2. Selanjutnya, gunting sedotan A menjadi 3 bagian sama panjang, lalu gunting sedotan B menjadi 4 bagian sama panjang, dan sedotan C menjadi 6 bagian yang sama panjang. Kemudian, gunting sedotan C sesuai dengan pola yang kamu inginkan.

3. Setelah itu, serut semua lembaran sedotan dan susun putik (sedotan C), sedotan B, dan sedotan A, kemudian rangkai dengan benang pada bagian tengahnya dan simpul mati.

4. Ulangi langkah tersebut sebanyak 5 kali dan tumpuk jadi satu sebagai hasil akhir. Selesai.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami

Cara Membuat Bunga © Diadona

Libur di akhir pekan memang menjadi hal yang paling menarik bagi kamu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Dengan begitu, kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan cara membuat bunga dari kertas origami bareng si kecil.

Nggak usah lama berpikir, langsung saja simak ulasan berikut supaya kamu bisa membuat bunga dari kertas origami yang mudah dan simple.

1. Sebelum membuatnya, kamu harus menyiapkan alat serta bahan-bahannya terlebih dahulu, seperti kertas origami berukuran 20cmx20cm engan warna yang berbeda-berbeda, gunting, dan lem.

2. Langkah pertama cara membuat bunga dari kertas origami ialah garis kertas menjadi 16 kotak, dan beri tanda pada empat kotak di tengah-tengah agar saat melipat menjadi mudah.

3. Kemudian lipat kertas mengikuti garis yang sudah diberi tanda, lalu buka lipatan tersebut dan ambil sudut kanan serta lipat diagonalnya hingga bertemu dengan lipatan di atas.

4. Ulangi cara tersebut pada ke empat sisinya, kemudian kamu bisa melanjutkan untuk membuat lipatan lain pada tiap diagonal dengan lipatan bawah pada empat sudut lainnya.

5. Selanjutnya sediakan tangkai dan masukkan ke bagian tengah bunga. Ohya, jangan lupa lapisi tangkai dengan selotip warna atau kertas warna.

6. Terakhir, beri sampul pada ujung tangkai supaya tangkai tidak mudah lepas. Taraaa! bunga mawar dari kertas origami siap menghiasi rumah kamu, simple kan?

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Plastik

Cara Membuat Bunga © Diadona

Saat ini limbah plastik memang sangat mengganggu pencemeran lingkungan, oleh karena itu salah satu pencegahannya ialah dengan memanfaatkan plastik sebagai kerajinan tangan untuk menjadi sebuah bunga.

Cara membuat bunga dari plastik ini sangat mudah kok guys, kamu hanya perlu menyiapkan alat dan bahan-bahannya seperti sedotan plastik, gunting, serta lem.

Nah, kalau semua bahan sudah siap, berikut cara membuat bunga dari plastik yang bisa kamu praktikkan langsung di rumah.

1. Langkah pertama, gunting bagian ujung sedotan secara vertikal sepanjang 4cm, lalu potong bagian yang sudah digunting secara diagonal.

2. Kemudian gulung sedotan mengitari potongan kecil tersebut sampai akhir yang nantinya akan membentuk bunga mawar kecil, kalau sudah beri lem bagian bawahnya supaya tidak lepas ya.

3. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan kelopak atau daun dengan sedotan warna yang berbeda. Ulangi langah diatas beberapa kali sampai tercipta buket bunga mawar plastik yang menarik. Selesai, cantik kan?

Itulah cara membuat bunga yang simple dari berbagai bahan, semoga bermanfaat!

Beri Komentar