Camillia Azzahra Anak Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab, Minta Jangan Salahkan Orang Tuanya

Reporter : Mila
Jumat, 5 April 2024 13:05
Camillia Azzahra Anak Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab, Minta Jangan Salahkan Orang Tuanya
Keputusannya itu sudah hasil dari diskusi keluarga.

Camillia Laetitia Azzahra putri Ridwan Kamil secara mendadak membagikan kabar yang mengejutkan. Perempuan yang akrab disapa Zara itu memutuskan untuk tak lagi mengenakan hijab. Kabar itu ia bagikan melalui unggahan di Instagram pribadi.

Keputusan berat itu diambil melalui diskusi yang sangat panjang bersama keluarga.

"Hi semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku," ungkapnya.

1 dari 6 halaman

Lebih lanjut, Camillia Azzahra menjelaskan alasan mengapa ia melepas hijabnya. Berdasarkan tulisan yang dibuatnya, keputusan Zara ini diambil karena ia sedang mencari jati diri dan ingin menjadi dirinya sendiri.

" Ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri. Karena bagi aku, secara personal, seorang muslim yang baik adalah mereka yang melakukan syariat ajaran agama dan hati. Bukan soal penampilan tapi soal hati yang bersih.

Aku tidak suka membohongi orang lain karena aku pun tidak suka dibohongi. Maka dari itu, ini adalah caraku untuk jujur. Jadi jangan berekspektasi terlalu tinggi terhadapku.

Aku bukan papaku, aku bukan mamaku, dan aku bukan kakakku. Tapi aku adalah gabungan mereka semua, dan semua didikan mereka selalu aku terapkan, dan aku adalah aku.

Identitasku adalah namaku, CAMILLIA LAETITIA AZZAHRA. Lahir di Bandung. Etnisitas Sunda," tulisnya.

2 dari 6 halaman

Zara juga tidak menutup kemungkinan akan memakai hijab lagi nantinya. Namun, ia tidak mau kalau penggunaan hijabnya berdasarkan permintaan lingkungan ataupun orang lain.

" Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," kata Camillia.

Hal ini pun menepis dugaan bahwa Zara melepas hijab karena kini jauh dari orangtua dan sedang menempuh pendidikan di luar negeri, tepatnya di Newcastle University.

3 dari 6 halaman

Keputusan Zara untuk melepas hijab, pastinya berpengaruh terhadap nama baik orang tuanya. Ridwan Kamil yang merupakan politisi sekaligus mantan Gubernur Jawa Barat memiliki citra positif di masyarakat. Begitu pun dengan Atalia yang kerap aktif di masyarakat, bahkan kini sudah terpilih menjadi anggota DPR, pastinya akan mendapatkan beragam tanggapan di masyarakat.

Zara meminta untuk tidak menyalahkan dan menghakimi orang tuanya. Pasalnya, sang mama-papa sudah mendidiknya dengan baik untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter, dan beragama.

4 dari 6 halaman

Seperti dugaan, hal ini menuai pro dan kontra di masyarakat. Banyak yang mendoakan agar Zara kembali diberikan hidayah. Tapi banyak pula yang menyayangkan keputusan Zara.

" Minta maaf nya sama Allah kak zara, bukan sama kita kita, kita manusia gada hak untuk mengatur atau menghakimi keputusan seseorang, tapi Allah berhak. Minta maaf sama Allah ya,"  tulis salah satu netizen.

" Gpp zara keputusan ini pasti lah atas pertimbangan yg panjang dan gak mudah.. gak usah dengerin apa kata org, bkn tugas km menyenangkan semua orang.. jadilah dirimu sendiri, semoga Allah senantiasa melindungi km disana ... it's okay neng zara enjoy the process," tulis netizen yang lain.

" Ga ada alasan apapun yg bisa diterima sih menurut ku,"   timpal netizen.

" iya bener dri hati, tpi kerudung ga bisa ditepis mba plis, itu menjaga," kata netizen.

5 dari 6 halaman

      View this post on Instagram

A post shared by zara (@camilliazr)

Beri Komentar