Buntut Kontroversi di Festival Musik Malaysia, The 1975 Batal Tampil di Jakarta

Reporter : Sofi
Minggu, 23 Juli 2023 17:15
Buntut Kontroversi di Festival Musik Malaysia, The 1975 Batal Tampil di Jakarta
Wah sampai bikin batal konser nih.

Good Vibes Festival 2023 yang diselenggarakan di Malaysia dibatalkan setelah vokalis 1975, Matty Healy, berulah saat manggung. Dirinya dengan terang-terangan berciuman dengan basisnya, Ross MacDonald. Padahal festival ini harusnya diselenggarakan selama 3 hari, tapi harus ikut dibatalkan karena kasus tersebut.

"Dengan sangat menyesal kami mengumumkan sisa jadwal Good Vibes Festival 2023 (GVF2023), yang direncanakan hari ini dan besok telah dibatalkan mengikuti tindakan dan ucapan kontroversial yang dibuat oleh artis Inggris Matty Healy dari band The 1975," unggah pihak penyelenggara Good Vibes Festival di laman Instagramnya.

1 dari 3 halaman

Reaksi Pemerintahan Malaysia

      View this post on Instagram      

A post shared by Good Vibes Festival (@goodvibesfest)

Keputusan tersebut dibuat setelah Menteri Komunikasi dan Digital Malaysia, Fahmi Fadzil, mengeluarkan larangan untuk festival tersebut untuk dilanjutkan.

"Kementrian telah menggarisbawahi pendiriannya yang teguh terhadap pihak mana pun yang menantang, mencemooh, atau bertentangan dengan hukum Malaysia," lanjutnya.

Fahmi juga mengecam tindakan The 1975 saat manggung di Good Vibes Festival. Dirinya nggak membenarkan tindakan yang melanggar hukum yang berlaku di Malaysia.

 

2 dari 3 halaman

Fahmi Fadzil menyatakan dukungannya untuk perkembangan industri kreatif dan kebebasan berekspresi di Malaysia. Tapi dirinya nggak mendukung tindakan yang berseberangan dengan budaya yang dianut negaranya.

Sebelumnya, Matty Healy dan Ross MacDonald berciuman di atas panggung Good Vibes Festival karena merasa marah dengan Malaysia yang nggak mendukung gerakan LGBTQ+. Akibat ulahnya tersebut, pertunjukkan The 1975 berenti setengah jam lebih awal dan sang vokalis kembalidengan mengumumkan jika band-nya di-ban oleh Malaysia.

3 dari 3 halaman

Tak Jadi Konser di Jakarta

      View this post on Instagram      

A post shared by WE THE FEST (@we.the.fest)

Rupanya hal tersebut juga berpengaruh dengan jadwal manggungnya di Jakarta. Harusnya The 1975 tampil di panggung We The Fest pada hari Minggu, 23 Juli 2023.

Pengumuman batal tampilnya The 1975 ini diinformasikan langsung oleh pihak We The Fest di laman resmi Instagramnya.

"The 1975 menyesal harus mengumumkan bahwa pertunjukan mereka yang akan datang di Jakarta dan Taipei tidak akan berjalan sesuai rencana. Band ini tidak pernah mengambil keputusan untuk membatalkan pertunjukan dengan enteng dan sangat menantikan untuk bermain untuk para penggemar di Jakarta dan Taipei. Tapi sayangnya, karena keadaan saatini, tidak mungkin untuk melanjutkan pertunjukkan yang telah dijadwalkan. Terima kasih atas pengertian dan dukungan anda yang terus menerus," tulis pihak We The Fest.

Tentu saja pengumuman ini disambut kecewa para penggemar The 1975 karena sudah menanti kedatangannya. Tapi banyak juga yang tak setuju dengan aksi yang sudah dilakukannya di Malaysia dan dinilai kurang bijak.

 

 

Beri Komentar