Buntut Kasus KDRT, Rizky Billar Resmi Dipecat Jadi Pembawa Acara Dangdut Academy 5

Reporter : Kurnia
Rabu, 5 Oktober 2022 09:10
Buntut Kasus KDRT, Rizky Billar Resmi Dipecat Jadi Pembawa Acara Dangdut Academy 5
warganet beri dukungan penuh untuk Lesti Kejora

Rizky Billar resmi diberhentikan sebagai pembawa acara di program Dangdut Academy 5. Pemberhentian tersebut adalah buntut kasus KDRT yang dilakukannya terhadap Lesti Kejora, istrinya.

Secara resmi, pihak Indosiar memastikan jika Rizky Billar telah dipecat dari program Dangdut Academy 5 yang disiarkan secara langsung pada Selasa malam. Hal tersebut diumumkan Ruben Onsu, Ramzi, dan Irfan Hakim pada, (4/10/2022).

1 dari 6 halaman

" Kami mau mengajak semua masyarakat Indonesia untuk berani speak up dan menolak dengan segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga," buka Ruben Onsu yang dikutip dari potongan video Dangdut Academy di kanal YouTube Indosiar.

Keputusan tersebut merupakan langkah Indosiar dalam rangku mendukungan KPI yang meminta menutup ruang bagi para pelaku KDRT baik di televisi maupun radio.

2 dari 6 halaman

" Keputusan Komisi Penyiaran Indonesia mengenai penutupan ruang untuk semua pelaku KDRT untuk tampil di radio dan televisi," lanjut Ramzi.

Merujuk pada kasus KDRT Rizky Billar yang sudah masuk ke tim penyidik, secara resmi per Selasa, (4/10) nama Rizky Billar sudah tidak lagi diijinkan menjadi bagian dari acara besar tersebut.

" Dan Indosiar menjawab pertanyaan netizen sekaligus mengambil keputusan. Dengan ini kami umumkan bahwa mulai malam ini Rizky Billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy," sambung Irfan Hakim.

3 dari 6 halaman

Keputusan Indosiar tersebut rupanya mendapatkan tanggapan positif dari para penonton dan juga warganet. Rekan dan para host di akhir acara pun tak lupa memberikan dukungan dan semangat untuk Lesti Kejora yang menjadi korban KDRT.

" Stop KDRT. L for Lesti L for love," ucap para host kompak.

4 dari 6 halaman

Sebelumnya, KPI atau Komisi Penyiaran Indonesia sebagai lembaga penyiaran meminya untuk tidak memberikan tempat untuk para pelaku KDRT di televisi maupun radio.

Komisioner KPI Pusat Nuning Rodya menekankan bahwa figur publik selayaknya jadi contoh bagi penonton.

Komisioner KPI Pusat, Nuning Rodyah mengatakan para figur publik harus memberi contoh positif kepada penonton, baik melalui apa yang nampak di layar kaca maupun contoh dalam kehidupan sehari-hari.

 

5 dari 6 halaman

" Segala bentuk kekerasan, terutama KDRT, merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia," ujar Nuning.

Sebagaimana diketahui, Rizky Billar tengah diawasi oleh tim penyidik atas dugaan KDRT di Polres Jakarta Selatan. Menurut jadwal, bapak satu anak itu akan diperiksa pada Kamis, tanggal 6 Oktober 2022 mendatang.

Beri Komentar