Bisa Gak sih Kita Menembus Bumi Sampai ke Intinya?

Reporter : Yoyok
Jumat, 31 Januari 2020 19:02
Bisa Gak sih Kita Menembus Bumi Sampai ke Intinya?
Bisa gak sih kita menggali bumi sampai ke intinya lalu terus menuju permukaan bumi yang lain?

Pergi keluar angkasa sudah sering kali dilakukan oleh manusia. Bahkan, sudah banyak orang yang menemukan planet-planet lain selain di bumi. Pengetahuan tentang angkasa luar juga sudah diekspos berkali-kali.

Tetapi, pernah gak sih kamu berpikir kalau bisa tidak kita menggali bumi sampai ke intinya? Atau bisa tidak kita menggali bumi lalu tembus ke permukaannya yang lain? Meski ga semua dari kita bisa menjelajah inti bumi, tapi kita juga berhak tahu tentang misteri inti bumi. Ya, biar nyambung dan kelihatan pinter saja kalo diajak ngobrol sosok incaranmu yang hobi science.

Tentu saja hal tersebut bisa saja dilakukan, mengingat bentuk bumi yang bulat dan semua permukaannya dapat ditinggali. Namun, seperti peribahasa "maksud hati ingin memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai", nyatanya hal tersebut mustahil untuk dilakukan.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Bumi © Diadona

Menggali bumi sampai tembus merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan manusia. Karena semakin dalam kamu menggali, semakin panas suhu yang akan kamu rasakan. Diperkiarakn suhu inti bumi yaitu 6.000 derajat celcius. Suhu tersebut setara dengan panasnya matahari. Yang dingin itu ya sikapmu terhadapku selama ini.

Jarak terdalam yang bisa digali manusia sampai saat ini yaitu hanya 12 km. Padahal diameter yang dimiliki bumi yang kita tinggali ini yaitu 12.742 km. Masih ribuan kilometer lagi gaes.

2 dari 4 halaman

Tetapi, seandainya saja nih manusia dapat menggali bumi lalu menembus ke permukaan yang lain, nyatanya menelusuri galian tersebut bukanlah hal yang mengasyikkan. Semakin jauh menuju inti bumi, semakin besar tekanan udara yang akan kamu rasakan. Tekanan udara tersebut bahkan dapat membuat tubuh manusia meledak.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Bumi © Diadona

Namun, seandainya manusia dapat melintasi lubang galian bumi itu, berapakah waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke permukaan lainnya?

Ternyata waktu yang dibutuhkan tidak sampai satu jam, hanya 45 menit. Hal ini dikarenakan gaya gravitasi juga mempengaruhi kecepatan perjalanan. Cepat juga ya.

4 dari 4 halaman

Walaupun begitu, manusia tetap saja tidak bisa menggali bumi sampai menembus permukaan yang lain, untuk sekarang. Mungkin saja nanti teknologi di masa depan dapat membuat manusia melintasi inti bumi dengan mudahnya. Ya, siapa tahu kelak kita dapat jodoh lintas ruang angkasa ya sis.

Beri Komentar