Berjasa untuk Banyak Pasangan, Rina Gunawan Dinilai Layak Sandang Gelar Pahlawan Pernikahan

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 5 Maret 2021 16:44
Berjasa untuk Banyak Pasangan, Rina Gunawan Dinilai Layak Sandang Gelar Pahlawan Pernikahan
Kiprah Rina Gunawan sebagai seorang wedding organizer meninggalkan kesan untuk banyak orang sehingga gelar pahlawan pernikahan adalah hal yang layak ia sandang.

Duka mendalam masih dirasakan banyak pihak setelah kepergian Rina Gunawan pada 2 Maret 2021 silam.

Sosok Rina Gunawan meninggalkan kesan baik untuk sahabat-sahabatnya, salah satunya Eddies Adelia. Eddies merasa sangat kehilangan sosok yang akrab disapa Teteh itu. Pasalnya, Rina Gunawan sendiri memang banyak membantu keberlangsungan pernikahan orang terdekatnya, tak hanya dari seki pelaksanaan, namun juga menyelipkan wejangan-wejangan.

"Teteh selalu bilang semua pernikahan itu memang tidak mudah, tapi pernikahan harus diperjuangkan," ujar Eddies Adelia.

"Teteh bicara seperti itu sampai menitikkan air mata," imbuhnya.

1 dari 4 halaman

Miliki Kesabaran Ekstra

      View this post on Instagram

A post shared by Rina Gunawan (@rinagunawan74)

Eddies Adelia adalah salah satu orang yang pelaksaan pernikahannya terbantu berkat tangan dingin Rina Gunawan sebagai wedding organizer. Ia sangat memuji kesabaran Rina Gunawan yang selalu bisa membuat calon mempelai ada di situasi yang kondusif.

"Orang yang mengurusi pernikahan itu adalah orang yang punya kesabaran ekstra karena mengurus calon mempelai itu sangat complicated," tutur Eddies Adelia.

"Pasti semua orang yang mau menikah stres, tapi Teteh selalu bisa membuat kondisi jadi kondusif," lanjutnya.

2 dari 4 halaman

Layak Jadi Pahlawan Pernikahan

      View this post on Instagram

A post shared by Rina Gunawan (@rinagunawan74)

Totalitas Rina Gunawan dalam mengurus pernikahan memang telah dirasakan oleh banyak orang. Lewat Rina Gunawan Wedding Organizer yang berdiri sejak 1992, ia membantu pernikahan banyak pasangan dari berbagai latar belakang.

"Sudah banyak banget (yang dibantu), artis, pengusaha, orang biasa, semua Teteh bantu. Teteh itu powerful," kenang Eddies Adelia.

"Mas Teddy (Teddy Syach, suami Rina Gunawan) bilang Teteh kalau ngurusin orang itu bener ngurusin sampai detil," ujar Eddies Adelia.

Atas apa yang telah dikerjakan semasa hidup, Eddies Adelia pun sangat setuju jika titel "Pahlawan Pernikahan" disematkan pada sosok Rina Gunawan.

3 dari 4 halaman

Tak Ingin Merepotkan

Kepergian Rina Gunawan terasa mendadak meski penyakit yang diidap oleh almarhumah merupakan penyakit bawaan yang cukup lama bersarang di tubuhnya. Eddies Adelia sebagai sahabat mengaku sangat menyesal karena baru mengetahui kondisi Rina Gunawan saat ia telah tiada.

" Teteh biasa ngurusin orang, suka direpotin orang, tapi Teteh lagi sakit Teteh itu nggak mau ngerepotin orang," ujar Eddies Adelia dengan terisak.

" Teteh nggak mau ngasih tau kalau Teteh itu sakit. Sampai kita sahabatnya sendiri aja tau pas udah nggak ada," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Rina Gunawan meninggal dunia pada Selasa, 2 Maret 2021 pada pukul 19.04 WIB. Rina Gunawan menghembuskan napas terakhir saat menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Pertamina Simprug, Jakarta Selatan. Sebelum meninggal, Rina Gunawan dinyatakan positif Covid-19 dengan komorbid asma.

Selamat jalan Rina Gunawan sang pahlawan pernikahan untuk banyak orang.

Beri Komentar