Berawal dari Hadiah, Larissa Kini Telah Jatuh Cinta pada Dunia Tanaman Hias

Reporter : Yoyok
Jumat, 25 Desember 2020 07:50
Berawal dari Hadiah, Larissa Kini Telah Jatuh Cinta pada Dunia Tanaman Hias
Sekarang ini udah bukan zamannya lho koleksi tanaman hias didominasi oleh orang tua

Di masa pandemi ini, banyak orang mencari hobi baru selama di rumah. Mulai dari olahraga, menikmatiu berbagai tayangan streaming, hingga mengoleksi sesuatu.

Salah satu hobi yang booming selama masa pandemi ini yaitu mengoleksi tanaman hias. Kalau ngomongin koleksi tanaman hias, biasanya kita berpikir orang-orang tua yang melakukannya.

Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak anak muda yang mulai menyukai dunia tanaman hias. Salah satunya adalah gadis bernama Larissa.

1 dari 5 halaman

Berawal dari Hadiah

Larissa merupakan remaja yang suka mengoleksi tanaman hias. Tanaman hias bisa dibilang sudah menemani hari-harinya yang membosankan selama menghadapi pandemi di rumah.

Gadis kelahiran Juni 1999 ini menceritakan awal mula dirinya bisa tertarik dengan dunia tanaman hias yaitu dimulai dengan sebuah hadiah dari temannya.

Potret Larissa © Diadona

" Aku suka tanaman semenjak temen aku kasih aku gift tanaman kecil, dari situ aku mulai jatuh cinta sama tanaman," ucap Larissa saat diwawancarai via chat.

" Kaya setiap hari tuh mereka ada perubahan dan setiap kali mereka nambah satu daun tuh aku seneng banget. Dari situ aku mulai cari-cari tanaman lain sampe akhirnya aku punya beberapa jenis tanaman gitu," lanjut Larissa.

Lingkungan juga memiliki andil besar dalam kecintaan Larissa terhadap tanaman hias. Orang tua Larissa pun juga memiliki hobi yang sama, yaitu koleksi tanaman hias.

" Papa udah jadi pecinta tanaman semenjak jaman-jaman anthurium dulu. Jadi sebenernya aku emang udah suka tanaman dari dulu sih cuman baru mulai jadi kolektor awal-awal pandemic ini," uicap Larissa.

2 dari 5 halaman

Bikin Good Mood

Selain karena suka melihat pertumbuhan tanaman-tanamannya, alasan gadis berusia 21 tahun tersebut menyukai tanaman hias karena dapat memenuhi sudut rumahnya yang kosong.

" Sekarangkan aku udah lumayan banyak koleksinya, jadi aku taro di sudut-sudut rumah yang kosong, jadi sekarang rumah aku tuh jadi lebih asri. Mungkin itu salah satu alasan kenapa aku tertarik ke dunia tanaman, enak dipandang, dan seneng aja bisa liat tanamannya tumbuh lebih besar gitu," kata Larissa.

Gak cuma jadi unsur pemercantik ruangan, tanaman hias bagi Larissa yaitu sebagai obat penghilang stres.

Beberapa Koleksi Tanaman Larissa © Diadona

" Tanaman itu buat good mood banget sih, kalo lagi stress terus aku liatin tanaman aku jadi lebih calm and relax aja sih," ucap mahasisiwi Esmod ini.

Saking cintanya dengan dunia tanaman hias, ketika ditanya bakal koleksi apa jika tidak berkutat di dunia tanaman hias, Larissa tidak dapat memikirkan bakal jadi kolektor benda lain.

" Belum kepikiran sih koleksi apa hehe. Soalnya emang lagi inyo banget sama tanaman," ucap Larissa.

3 dari 5 halaman

Tren Tanaman Hias

Jumlah koleksi tanaman milik Larissa pun sudah mencapai ratusan. Salah satu jenis tanaman favorit dari Larissa adalah Monstera Obliqua.

" So far tanaman favorit aku itu Monstera Obliqua. Aku selalu amaze sama pertumbuhan mereka. Dulu mereka sempet struggle (tumbuhnya), tapi akhirnya mereka udah bisa tumbuh happy dan rajin banget numbuh daun barunya" kata Larissa.

Gadis yang selalu tampil edgy ini pun menanggapi tren anak-anak muda yang mulai mengoleksi tanaman hias. Kebanyakan anak muda mencari tanaman hias yang rare atau langka, salah duanya adalah jenis Aroid dan Philodendron.

Potret Larissa © Diadona

Jika anak-anak muda lebih menyukai tanaman yang langka dan memiliki daun yang unik, maka berbeda dengan orang yang lebih tua. Orang yang lebih tua biasanya lebih menyukai tanaman hias yang berbunga atau ada berwarna seperti Keladi, Aglonema, ataupun Hoya.

4 dari 5 halaman

Tips dari Larissa

Larissa pun juga memiliki tips buat kamu yang ingin memulai mengoleksi tanaman hias.

Beberapa Koleksi Tanaman Larissa © Diadona

" Tips yang pertaama, yang penting kita tuh ada niatan dulu buat memulai, lalu kita research dulu mengenai tanaman yang kita mau. Selanjutnya siapkan media tanam yang diperlukan, karena setiap tanaman memerlukan media tanam yang berbeda-beda. Kita juga harus tahu kebutuhan airnya gimana dan cahaya yang diperlukan oleh tumbuhannya seperti apa. Baru selanjutnya cari deh tanamannya terus dipercantik dengan pot sesuai keinginan kita," saran Larissa buat kamu yang ingin memulai mengoleksi tanaman hias.

Larissa juga menambahkan kalau tanaman hias itu tidak ada yang jenisnya outdoor maupun indoor. Semua tanaman bisa indoor maupun outdoor. Yang membedakan hanyalah cara merawatnya serta jenisnya.

Beri Komentar