Kenapa ya Kita Gak Bisa Membagi Bilangan dengan Angka 0?

Reporter : Yoyok
Selasa, 25 Agustus 2020 18:50
Kenapa ya Kita Gak Bisa Membagi Bilangan dengan Angka 0?
Coba aja deh di kalkulator kalian

Pasti tidak sedikit dari kalian saat masa sekolah dulu tidak menggemari pelajaran matematika. Wajar saja jika matematika tidak menjadi pelajaran favorit banyak siswa.

Selain pelajarannya yang berurusan dengan angka, matematika merupakan ilmu pasti. Namun, matematika ini memiliki misteri besar yang sampai saat ini tidak bisa dipecahkan lho.

Bilangan atau angka apapun tidak bisa dibagi dengan angka nol. Kenapa ya?

1 dari 4 halaman

Can't Divided by Zero

Jika kamu mencoba membagi bilangan apapun dengan angka nol, akan muncul simbol tak terhingga. Atau akan muncul tulisan " can't divided by zero" di kalkulator smartphonemu.

Pembagian bisa dibilang merupakan lawan dari perkalian. Kalau perkalian ditambah, maka pembagian dikurangi.

2 dari 4 halaman

Tak Terhingga

Lalu apakah benar bilangan apapun yang dibagi dengan angka nol hasilnya tak terhingga? Dikutip dari channel Youtube Kok Bisa?, ternyata tidak.

Sebenarnya, hasil tak terhingga tersebut bukanlah angka, melainkan konsep matematika. Yang artinya tidak bisa dijadikan jawaban untuk operasi perhitungan.

3 dari 4 halaman

Kesepakatan Ilmuwan Matematika

Pada akhirnya, para ilmuwan matematika sepakat kalau semua bilangan tidak bisa dibagi dengan angka nol. Kalau masih ingin mencobanya, makahasilnya jelas-jelas adalah tak terhingga atau tidak bisa didefinisikan.

Beri Komentar