Beber Cerita Pelecehan di Dunia Hiburan Tanah Air, Nafa Urbach Harapkan Ada Pendisiplinan

Reporter : Arifina
Rabu, 7 September 2022 10:04
Beber Cerita Pelecehan di Dunia Hiburan Tanah Air, Nafa Urbach Harapkan Ada Pendisiplinan
Kejadian yang seakan terulang, diharapkan ada pembenahan.

Pelecehan seksual seakan masih menjadi boomerang di berbagai profesi. Tak terkeculi, di dunia hiburan Tanah Air.

Aktris Nafa Urbach baru-baru ini membeberkan adanya perilaku tersebut yang sudah sejak lama terjadi di dunia entertain di Indonesia. Awalnya, Nafa mengomentari terkait kabar pemukulan yang dilakukan oleh sutradara Andi Bachtiar Yusuf terhadap salah satu kru perempuan.

1 dari 7 halaman

Melalui Instagram pribadinya, Nafa menyebut, tindakan seperti itu telah sering terjadi di lokasi syuting. I menilai, apa yang ada di lingkup dunia hiburan Tanah Air perlu dibenahi.

" uuh sebenernya banyak bgt bobrok di dunia entertain tuh , kasar mah udh biasaaah , pelecehan jg buanyaakk , perlakuan tdk sopan apalagi , spiritnya ngawur , paling kentel tuh spirit kesombongannya ampun ampun,' tulisnya.

2 dari 7 halaman

Bahkan, tak hanya tindak kekerasn, aksi pelevehan seksual di lokasi syuting juga kerap terjadi. Menurut Nafa, lingkup dunia hiburan Tanah Air harus banyak perubahan.

Hal tersebut berkaitan dengan nilai sopan santun kepada sesama. Tak hanya, perlakuan antar kru semata, tetapi ada juga artis yang dinilai kerap berlaku semena-mena terhadap kru.

3 dari 7 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by NAFA INDRIA URBACH (@nafaurbach)

 

4 dari 7 halaman

" ini harus banyak perubahan siih jujur aja lebih ke belajar karakter yg bener , unggah ungguh sopan dlm bekerjaa , hentikan pelecehan di ruang lokasi shoting !!!! Waktunya pd speak up nii , , bahasa bahasa kotor yg mana banyak pemain anak anak di lokasi," imbuhnya.

" aduuhh bersihiin deh ini dunia entertain seriusan ( ini aku bicara keseluruhan di dunia entertain yah ) bahkan byk jg artis2 yg perlakuannya gak baik ke kru ,MUA kasar2 , tegas di dunia entertain Perlu tapi ada batas batasannya," tandasnya.

5 dari 7 halaman

Nafa Urbach © Diadona

Dalam kesempatan lain, nafa membeberkan, jika dulunya kejadian tidak menyenangkan di dunia entertain tidak terpublikasi. Namun, sekarang ini dinilai menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan apa yang benar dan tidak benar.

" Mungkin selama ini tidak ter-blow up, tidak terbuka, sebenarnya itu seperti apa," ungkapnya.

6 dari 7 halaman

Ketika di lokasi syuting, Nafa mengaku sering menegur oknum yang melakukan hal tidak menyenangkan tersebut di depan matanya. Baginya, sikap yang seakan menjadi kebiasaan itu harus didisiplinkan.

" Aku sering negur, kalau hal itu terjadi di depan mata aku. Karena sudah menjadi hal yang biasa, makanya perlu pendisiplinan," ujar Nafa.

Adapun tindakan pelecehan yang belum diungkapkan ke publik dan sering terjadi di dunia entertainment, menurut Nfa biasanya terjadi demi mendapatkan suatu peran.

Namun, hingga saat ini belum ada yang berani buka suara terkait hal tersebut.

7 dari 7 halaman

" Pelecehan itu juga banyak, mungkin figuran ini ingin jadi artis. Dia itu punya harapan jadi artis, akhirnya ngomong sama salah satu kru yang jabatannya agak tinggi atau segala macam tapi dia harus melakukan sesuatu dulu supaya dia bisa dapatkan peran itu. Banyak banget kejadian itu, kan kasihan kalau gitu," terangnya.

Nafa menyayangkan akan adanya tindakan tersebut yang seakan tidak pernah berakhir. Ia merasa kasihan kepada yng mengalami tindkan tidak menyenangkan tersebut.

" Selama ini mungkin belum ada yang berani speak up. mungkin karena takut nggak dipakai lagi atau segala macam kan kashian," pungkasnya.

Beri Komentar