Bantu Ibu Cari Nafkah, Bocah SD Ini Rela Jualan Gorengan Keliling

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 17 Desember 2021 12:27
Bantu Ibu Cari Nafkah, Bocah SD Ini Rela Jualan Gorengan Keliling
Tak malu untuk mencari nafkah di usianya sekarang ini. Salut.

Ketika usia masih bocah, sudah umum yang dilakukan adalah bermain dan belajar bersama teman-teman sebaya. Namun faktanya tak semua bocah seumur segini demikian. Tak sedikit dari mereka yang sudah memikirkan masa depan dan bersusah payah mencari uang untuk keluarga.

 

1 dari 4 halaman

Bocah Jual Gorengan Keliling © Diadona

Seperti contohnya adalah bocah bernama Kayla, yang umurnya masih 10 tahun dan duduk di bangku SD ini. Ibunya sudah berumur 50 tahun, dan nenek berumur 70 tahun yang kini tidak bisa berbuat apa-apa karena stroke.

Kayla pun jadi sosok yang turut membantu perekonomian keluarga. Sehari-hari ini, Kayla membantu ibunya berjualan gorengan keliling agar bisa makan dan bayar kontrakan. Sedangkan kontrakannnya Rp500 ribu per bulan, dan keadaan bocor. Pemilik kontrakan nggak mau membenarkan karena Kayla dan keluarga sering nunggak.

 

2 dari 4 halaman

Jika lagi banyak modal, Kayla bisa menjual 100 gorengan. Namun jika nggak ada modal, setidaknya hanya 50 gorengan saja. Per gorengan dihargai Rp1000. Penghasilannya mulai dari Rp30 ribu - Rp50 ribu kalau habis. Kalau nggak ada modal, ibunya pinjam uang dulu ke tetanggan. Kalau gak jualan, makan tak ada.

Jika benar-benar tidak punya uang, Kayla dan keluarga hanya makan nasi dan kerupuk. Makan enak dengan ayam hanya bisa di hari Jumat, sebab ketika hari itu, Kayla dan keluarga mendapatkan nasi bungkus dari masjid.

 

3 dari 4 halaman

Bocah Jual Gorengan Keliling © Diadona

Kasihan sekali Kayla. Masih SD namun sudah tahu gimana susahnya mencari nafkah. Sekolahnya padahal di rumah. Namun karena tak punya HP, Kayla masih sering ke sekolah karena gurunya mengerti ke adaannya.

Jika kalian ingin membantu kehidupan Kayla dan keluarganya, bisa klik ini untuk berdonasi, ya! Terima kasih orang baik!

Beri Komentar