Kisah Pilu Kakek Penjual Rujak, Keliling hingga 10 KM Tapi Dagangan Sering Tak Laku

Reporter : Riza Umami
Rabu, 15 Desember 2021 11:43
Kisah Pilu Kakek Penjual Rujak, Keliling hingga 10 KM Tapi Dagangan Sering Tak Laku
Walau usianya sudah senja, tetapi kakek terpaksa harus mencari uang sendiri agar bisa bertahan hidup.

Kehidupan mungkin terasa begitu berat bagi sebagian orang karena penghasilan yang hanya sedikit padahal ekonomi sedang sulit seperti ini. Hal ini yang nampaknya juga dialami oleh seorang kakek yang sudah tua berikut ini.

Dilansir dari laman donasionline.id, beliau adalah Kakek Surip yang mencari nafkah dengan cara berjualan rujak keliling. Kini, usia beliau sudah mencapai 77 tahun. Walau usianya sudah senja, tetapi kakek terpaksa harus mencari uang sendiri agar bisa bertahan hidup.

1 dari 5 halaman

Kakek berjualan rujak dengan cara jalan kaki dan berkeliling sambil memanggul wadah dagangannya tersebut. Beliau biasanya harus berjalan hingga 10 kilometer untuk menjajakan rujak dagangannya tersebut.

Kisah Kakek Surip © Diadona

2 dari 5 halaman

Terkadang, kakek harus menahan teriknya sinar matahari atau kalau sedang hujan beliau pun harus berteduh agar tak sampai kehujanan sambil menahan dingin. Padahal, kondisi tubuhnya pun sudah tidak sekuat seperti waktu masih muda.

Satu porsi rujak beliau jual dengan harga Rp5.000 saja. Sayangnya, tak banyak rujak yang terjual terkadang hanya dua atau tiga porsi. Bahkan, terkadang dagangannya ini tak laku meski kakek sudah berkeliling jauh.

3 dari 5 halaman

Kisah Kakek Surip © Diadona

Tiap uang yang beliau dapatkan pun harus dihemat karena kakek tak tahu kapan beliau akan mendapatkan uang lagi. Belum lagi kakek harus membeli buah-buahan untuk dagangannya menjual rujak tersebut.

4 dari 5 halaman

Beliau pun harus membayar utangnya kepada orang lain yang digunakan kakek untuk modal usahanya. Banyak sekali kebutuhan kakek padahal penghasilan beliau tak seberapa. Meski begitu, beliau sedang berusaha menabung untuk modal usahanya sendiri.

Kisah Kakek Surip © Diadona

5 dari 5 halaman

Mari kita bantu wujudkan harapan Kakek Surip agar beliau bisa menabung untuk modal usahanya sendiri dan membayar utangnya. Donasi untuk beliau bisa disalurkan melalui link berikut ini.

donasionline.id/perjuangankakeksurip

Semoga beliau sehat selalu dan panjang umur. Semoga dagangan kakek laris manis dan dilancarkan rezekinya. Terima kasih orang baik, mari lebih peduli kepada mereka yang membutuhkan.

Beri Komentar