© 2021 Node-marketing.com
Apakah kamu tahu apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, suatu praktik meningkatkan jumlah dan kualitas untuk mengoptimasi website secara organik sehingga mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan peringkat lebih tinggi, secara otomatis jumlah orang yang meng-klik situs kamu jadi lebih banyak, bukan?
Sederhananya nih tentang apa itu SEO, SEO adalah praktik agar website kamu berada di peringkat tertingi saat user mencari kata kunci di mesin pencarian. Misalnya nih saat seorang user mengetikkan 'Bakso Malang' ke Google, mereka kemungkinan mencari resep, bahan, cara membuat atau tempat yang menjual bakso Malang terdekat.
Nah saat situs kamu memiliki tulisan dengan kata kunci 'Bakso Malang' tentu kamu ingin agar website kamu muncul di peringkat teratas bukan? Sehingga kesempatan untuk dikunjungi pembaca jadi lebih tinggi. Nah, itulah yang disebut dengan SEO, yakni teknik agar website Bakso Malang atau tulsian Bakso Malang di website kamu mendapatkan hasil secara optimal di situs pencarian. Ini nggak mudah memang, tapi itulah pemasaran dengan SEO.
SEO ini bukan iklan berbayar yang biasa tampil di bagian teratas mesin pencarian ya. Bila iklan mengharuskan pemasangnya untuk membayar agar website miliknya nongkrong di peringkat atas, SEO melibatkan peringkat yang 'organik' atau tidak berbayar.
Lebih lanjut tentang apa itu SEO, kepoin dulu artikel Diadona berikut ini yuk!
Memahami apa itu SEO tidak lengkap rasanya tanpa mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari.
Jadi begini, dikutip dari Search Engine Land, mesin pencari speerti Googledan Bing menggunakan sejenis bot untuk merayapi atau merambani halaman di web. Mereka pergi ke situs-situs untuk mengumpulkan informasi mengenai halaman tersebut dan memasukkannya ke indeks. Bayangkan, indeks ini seperti perpustakaan raksasa di mana pustakawan akan menarik buku yang sesuai untuk membantu menemukan apa yang pengunjung perpustakaan cari.
Trus algoritma bakalan menganalisa halaman dalam indeks dengan mempertimbangkan banyak faktor. Indeks ini kemudian dimasukkan melalui algoritma yang akan mencoba mencocokkan semua data dengan kata kunci pencarian. Tujuannya, untuk menentukan pada urutan berapa nih halaman akan muncul dalam hasil pencarian untuk kata kunci tersebut.
Algoritma ini bisa disebut adalah pustakawan yang membaca seluruh isi buku dan ngasih tau kepada pengunjung perpustakaan, hai, buku ini lho yang kamu cari dan bisa menjawab pertanyaan kamu.
Lalu apa sih yang mempengaruhi keputusan algoritma dalam perangkingannya?
Yakni langkah mengoptimasi website melalui permalink, judul, struktur, URL, tag, tema yang responseif, cepat dan mobile friendly hingga internal link.
MOZ.com sudah merangkum dari apa saja faktor yang mempengaruhi perangkingan di Google dalam SEO on Page, diantaranya:
Dalam persperktif SEO, konten yang baik harus memenuhi permintaan pembaca dan bisa ditautkan. Dari perspektif SEO, tidak ada perbedaan antara konten terbaik dan terburuk di Internet kalau nggak bisa ditautkan. Contohnya adalah tayangan slide gambar yang nggak didukung AJAX, konten yag cuman bisa adiakses setelah masuk dan konten yang nggak bisa dishare.
Dan ini merupakan faktor terpenting kedua untuk SEO lho!
SEO harus memastikan bahwa hierarki kategori situs web yang diberikan tercermin dalam URL. Dari hierarki URL, mesin pencari bisa menyimpulkan kalau kemungkinan isi konten sesuai dengan ap ayang sedang kamu cari dan selanjutnya menentukan relevansi halaman website yang diberikan dengan mesin pencari.
Misalnya nih pada URL berikut : htpp://www.contoh.or/resep/resep-telur-dadar
URL yang demikian bisa menjadikan website tersebut sebagai kandidat yang ideal untuk hasil pencarian yang terkait dengan resep telur dadar.
Lebih lanjut da lebih sederhana, halaman web yang idel harus mengandung semua hal ini:
Seperti namanya, apa itu SEO friendly adalah suatu website berdesain SEO yang dirancang dan dikembangkan agar ramah dengan mesin pencari. Mengutip Linch Pin SEO, membuat apa itu SEO freindly di sebuah website berarti memungkinkan Google dan mesin pencari lainnya buat merambati setiap halaman di situs web secara efisien, menafsirkan konten secara efektif, dan mengindeksnya dalam basis data mereka.
Kalau di awal arrtikel sudah dibahas tentang gimana meningkatkan performa SEO dalam wesbite, kamu penring tahu juga nih tentangoptimasi di luar halaman yang disebut dengan teknik off-page.
Teknik ini meliputi:
Backlink, karena bisa menjadi indikator kalau konten milikmu menjadi rujukan dari website lain. Semakin banyak rujukan maka Googel bakalan menilai situs kamu sebagai situs yang kredibel trus meningkatkan peluang naik peringkat dalam indeks pencarian.
Selain dari iklan, sosial media, tautan dan share link, sebagian besar jumlah lalu lintas dalam website didorong oleh mesin pencari. Dan tahu nggak sih kalau hasil pencarian organik mencangkup lebih banyak pasaran dan lebih kredibel di mata user yang cerdas. Website organik juga menerima klik lebih banyak ketimbang website berbayar.
Intinya nih, website yang SEO friendly punya potensi hingga 20 kali lipat lebih besar.
Pertanyaan tentang apa itu SEO semoga bsia terjawab tuntas melalui artikel berikut ini ya!
Pocky Crushed Fruits: Snack baru dengan Buah Asli
MilkLife: Pilihan Susu dan Milkshake untuk Gaya Hidup Sehat & Seru Setiap Hari
Zakat Fitrah 2025: Berapa Besarnya dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Menembus Batas: Yoona Dorong Kepemimpinan Perempuan yang Berdaya dan Berpengaruh
Rayakan Ramadan dengan Perjalanan Kuliner Istimewa di Sheraton Jakarta Soekarno Hatta Airport