Anak Petani ini Berhasil Kuliah Gratis di UGM, Dapatkan UKT Nol Rupiah

Reporter : Riza Umami
Selasa, 26 Juli 2022 07:17
Anak Petani ini Berhasil Kuliah Gratis di UGM, Dapatkan UKT Nol Rupiah
Walau kuliah di universitas terkenal, ia bisa kuliah gratis lho.

Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia sekarang ini. Banyak anak muda yang ingin masuk ke universitas yang satu ini. Begitu pula dengan seorang anak petani berikut ini.

Dia adalah Refi Nurani Nurohmah yang ingin melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada. Dia pun tidak patah semangat meski orang tuanya hanyalah seorang petani.

1 dari 4 halaman

Tak disangka-sangka, keinginan Refi ini pun dapat terwujud. Dilansir dari laman ugm.ac.id (20/7), Refi adalah siswa yang berprestasi di SMKN 1 Wonosari, Gunungkidul. Orang tuanya diketahui berprofesi sebagai petani.

Refi sendiri telah mendapatkan banyak penghargaan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Salah satunya dia pernah mendapatkan medali emas Olimpiade Nasional 2022.

2 dari 4 halaman

Karena keterbatasan ekonomi, Refi sebenarnya sempat punya niat untuk tidak melanjutkan pendidikan setelah lulus sekolah. Namun, salah seorang gurunya terus mendukungnya untuk ikut mendaftar kuliah lewat jalur SNMPTN.

Anak Petani Kuliah Gratis di UGM © Diadona

3 dari 4 halaman

Akhirnya, kini Refi berhasil diterima di UGM pada Program Studi D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sekolah Vokasi UGM. Refi bahkan tak perlu bingung memikirkan biaya kuliah.

Hal ini disebabkan karena ia merupakan mahasiswi dengan biaya UKT Rp0 sehingga Refi tak perlu membayar uang kuliah tiap semesternya. Tentu Refi dan keluarganya amat bersyukur akan hal tersebut.

4 dari 4 halaman

Apalagi ayahnya hanya bertani di ladang kecil miliknya sehingga penghasilannya tak menentu. Sedangkan, ibunya biasanya bekerja serabutan demi mencari tambahan pemasukan untuk keluarganya.

Untungnya Refi mengerti betul kondisi keluarganya tersebut. Dia tak mau membebani orang tuanya dengan pengeluaran pribadi. Atas inisiatifnya sendiri, Refi bahkan membantu saudaranya jualan di angkringan supaya ia bisa mendapatkan uang saku. Itulah kisah Refi yang sangat menginspirasi. Siapa nih yang pengin kuliah di UGM juga kayak Refi?

Beri Komentar