Amigdala, Group Band Indie yang Menyimpan Kisah Miris Dibalik Penulis Lagu Kukira Kau Rumah

Reporter : Kurnia
Kamis, 10 Februari 2022 11:35
Amigdala, Group Band Indie yang Menyimpan Kisah Miris Dibalik Penulis Lagu Kukira Kau Rumah
Aya sang penulis lagu akhirnya buka suara dan menceritakan kekerasan yang ia alami selama bergabung dalam band

Dibalik kesuksesan film Kukira Kau Rumah, ada group band folk-indie bernama Amigdalan yang menjadi sumber inpirasi pembuatan film yang disutradari oleh Umay Shahab ini.

Film yang diadaptasi dari judul lagu serupa, ‘Kukira Kau Rumah’ ini dulu sempat populer karena liriknya yang indah. Dibalik keindahan itu, ada seorang penulis yang mengalami kekerasan selama pacaran dari sang kekasih.

1 dari 5 halaman

Aya, penulis sekaligus vokalis soundtrack film Kukira Kau Rumah merupakan eks vokalis band Amigdala yang pilih hengkang dari group band folk-indie tersebut.

Pengakuan itu disampaikan sendiri oleh Aya melalui Instagram storiesnya @ayacanina yang dikutip pada Kamis, (10/2/2022).

“ Ya, saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3,5 tahun itu,” tulis penulis lagu Kukira Kau Rumah itu.

2 dari 5 halaman

Mengaku mentalnya terganggu karena kekerasan yang dialami dari orang-orang terdekatnya, Aya akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari group band yang membawa namanya itu.

“ Dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya,” tulis Aya yang juga mempublikasikan secara langsung pelaku yang menyebabkannya alami kekerasan dalam pacaran.

Vocal 2 sekaligus lead gitar. Orang yang selalu menyanyi bersama saya,” lanjut Aya perkenalkan mantan kekasih sekaligus rekannya di Amigdala.

Klarifikasi Aya eks Amigdala © Diadona

3 dari 5 halaman

Dibalik kesuksesan film Kukira Kau Rumah, Aya sang insirator sekaligus penulis lagu itu bahkan juga menyayangkan tindakan orang-orang tidak bertanggung jawab yang tidak lain adalah anggota group band Amigdala.

Pilih mengundurkan diri dari Amigdala, Aya juga menyayangkan tindakan orang-orang disekitarnya saat itu yang tampak seperti berusaha menutupi kekerasan yang terjadi.

" Sampai hari ini, setiap kali perjumpaan virtual yang membicarakan royalti, tidak ada satu pun permintaan maaf dari mereka," tulis Aya. 

4 dari 5 halaman

Sebelum hengkang dari Amigdala, lagu Kukira Kau Rumah memang sudah menginspirasi Umay Shahab untuk menjadikannya sebuah karya film dengan judul sama yang diperankan oleh Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata.

Aya bahkan juga memberikan klarifikasi soal lagu karyanya yang dijadikan film oleh Umay Shahab.

" Sebelum aku cabut dan masih stay di Bandung tahun 2019, aku sudah jumpa Umay Shahab, membicarakan keinginannya untuk membuat film ini," tulis Aya.

Klarifikasi Aya eks Amigdala © Diadona

Beri Komentar