Alat yang Digunakan untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan, Berikut Penjelasannya

Reporter : Nasa
Senin, 13 Desember 2021 09:42
Alat yang Digunakan untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan, Berikut Penjelasannya
Yuk simak ulasan terkait seni mengukir menggunakan bahan lunak berikut ini..

Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan butsir. Menurut info dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pembuatan karya seni patung memerlukan alat tertentu.

Salah satunya adalah Butsir, yang merupakan alat yang terbuat dari kayu dan kawat. Fungsinya, adalah untuk memotong, membentuk atau mengurangi tanah liat yang akan dibentuk menjadi patung atau karya ukir lainnya.

Menurut Dedi Nurhadiat dalam bukunya yang bertajuk 'Pendidikan Seni Rupa', setidaknya terdapat 4 teknik pembuatan seni ukir. Salah satunya adalah teknik Butsir yang juga seringkali dipahami sebagai alat.

Berdasar buku tersebut, butsir adalah tekni dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit menggunakan sudip hingga bahan terbentuk sesuai yang diinginkan. Biasanya menggunakan bahan seperti sabun.

1 dari 4 halaman

Teknik Butsir dan Teknik Lainnya dalam Seni Patung

Masih menurut buku Pendidikan Seni Rupa dari Dedi Nurhadiat, setidaknya terdapat 4 teknik untuk membuat karya seni ukir maupun patung. Bergantung pada alat dan media yang dipilih atau digunakan.

  • Teknik Lintingan (Coils & Slab)

Teknik pertama adalah teknik lintingan atau Coild & Slab yang merupakan teknik dengan cara menyusun lintingan-lintingan kecil sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk atau wujud yang diinginkan.

  • Teknik Pijat (Pinc)

Selanjutnya ada teknik pijat yang merupakan teknik menyusun keratan lempengan bahan sesuai dengan rencana pematung. Tanah liat dibentuk dengan cara dipijat-pijat menggunakan jari-jari tangan. Bahan utama yang digunakan biasanya menggunakan bahan bubur kertas.

2 dari 4 halaman

  • Teknik Butsir/ Modelling

Kemudian ada teknik butsir atau modelling seperti yang dijelaskan sebelumnya, merupakan teknik dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit menggunakan sudip hingga bahan terbentuk sesuai yang diinginkan. Biasanya menggunakan bahan seperti sabun.

  • Teknik Putar

Lebih lanjut, tekni terakhir dalam seni ukir atau patung adalah teknik menggunakan alat kickwheel/handwheel. Teknik ini tentu membutuhkan kelihaian dan keahlian tersendiri.

3 dari 4 halaman

Alat-Alat Membuat Seni Patung

Lebih lanjut, mengutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dalam pembuatan karya seni patung, dibutuhkan sejumlah alat khusus untuk membudahkan proses mengerjaan karyanya.

  • Butsir

Pertama ada butsir yang merupakan alat yang terbuat dari kayu dan kawat. Di mana memiliki fungsi untuk memotong, membentuk atau mengurangi tanah liat yang akan dibentuk menjadi patung.

  • Meja Putar

Kemudian ada meja putar merupakan meja yang dapat berputar. Di mana meja putar berfungsi untuk membentuk patung dengan obyek tabung, silinder, ataupun lingkaran.

  • Alat pahat

Alat pahat yang merupakan alat yang dipakai untuk memahat, membentuk, atau mengurangi bentuk obyek yang berasal dari bahan batu dan kayu.

  • Tang

Tang dipakai dalam membuat seni patung untuk mengencangkan ikatan atau memotong kawat.

  • Sendok adukan

Sendok adukan dipakai untuk mengambil adonan dan menempelkannya pada kerangka patung.

4 dari 4 halaman

Bahan-Bahan Membuat Seni Patung

Proses pembuatan seni patung juga membutuhkan bahan-bahan tertentu untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Bahan-bahan membuat seni patung terdiri 5 jenis.

  • Bahan lunak

Pertama ada bahan lunak yang merupakan bahan yang empuk dan mudah dibentuk. Contohnya, tanah liat, lilin, sabun, dan plastisin.

  • Bahan sedang

Selanjutnya ada bahan sedang adalah bahan yang kadar kelembutannya tidak lunak dan keras. Pada bahan tersebut baiasanya dipakai teknik pahat menggunakan kayu, contohnya kayu randu, sengan, dan mahoni.

  • Bahan keras

Kemuidian bahan keras, adalah bahan yang bentuk dan meterialnya keras. Contohnya, kayu jati, kayu ulin, dan batu pualam.

  • Bahan cor

Ada juga bahan cor yang dipakai adalah semen, pasir gypsum, logam, perak, dan fiber.

  • Bahan limbah, barang bekas, dan daur ulang

Bahan-bahan tersebut dapat dipakai membuat seni patung dengan cara dirakit dengan membentuk obyek yang diinginkan. Contohnya, koran bekas, jerami.

Nah itu dia ulasan terkait dengan alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan butsir yang sudah dihadirkan sama Diadona. Tak hanya mengenai butsir, namun juga teknik, alat, hingga bahan untuk membuat patung.

Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya, selamat belajar!

Beri Komentar