Perbedaan Unsur Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi yang Perlu Dipahami Saat Dekorasi Ruangan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 15 Juli 2020 11:16
Perbedaan Unsur Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi yang Perlu Dipahami Saat Dekorasi Ruangan
Unsur seni rupa ialah satuan terkecil dari sebuah kesatuan karya rupa.

Unsur seni rupa merupakan unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa, yang terdiri dari titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

Kalau dianalogikan dengan dunia otomotif, maka unsur seni rupa ialah rangkaian onderdil yang terdapat pada sepeda motor.

Nah, supaya kamu lebih paham tentang unsur seni rupa dan jenisnya, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Unsur Dasar Seni Rupa

Unsur Seni Rupa © Diadona

Seperti yang telah dijelaskan unsur seni rupa adalah cabang kesenian yang membentuk sebuah karya seni dengan menggunakan media dan bisa dirasakan ataupun di sentuh dengan indera peraba.

Sedangkan, unsur dasar seni rupa merupakan unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Adapun diantaranya:

- Titik

Titik ialah unsur seni rupa yang paling dasar, sebab titik bisa melahirkan suatu wujud dari gagasan yang akan melahirkan garis, bentuk, atau bidang.

- Bidang

Bidang adalah pengembangan garis yang membatasi suatu bentuk untuk membentuk bidang yang melingkupi dari beberapa sisi.

- Garis

Garis menjadi unsur penggabung dari sebuah titik. Secara umum, garis terdapat banyak macamnya di mana setiap garis yang di ciptakan akan membentuk suatu watak dan ciri khas yang bisa menjelaskan maksud dari hasil karya seseorang.

2 dari 4 halaman

- Ruang

Ruang adalah unsur seni rupa yang memiliki dua sifat yaitu semu dan nyata. Sehingga kedua ini jelas berbeda dari dimensi yang di hasikan apakah itu dua dimensi ataupun tiga dimensi.

- Warna

Warna ialah unsur seni paling penting untuk menghasilkan sebuah karya seni. Sebab, perpaduan warna akan memberikan sebuah gambaran dari seninya, apakah sedang berada dalam suasana hati yang senang, sedih atau sebagainya.

- Tekstur

Tekstur merupakan sifat suatu permukaan bidang atau benda pada sebuah karya seni rupa dan memiliki sifat permukaan yang berbeda.

- Gelap Terang

Unsur yang satu ini akan menjadikan hasil karya akan terlihat makin nyata, karena dalam pengerjaannya sangat memperhatikan intensitas cahaya dari suatu objek yang di jadikan sebuahkarya seni rupa.

3 dari 4 halaman

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Unsur Seni Rupa © Diadona

Seni rupa 3 dimensi merupakan sebuah karya seni yang dibatasi dengan tiga sisi yaitu, sisi panjang, sisi lebar dan tinggi.

Sehingga, saat dilihat dari kegunaan atau fungsi pembentukannya, karya seni rupa 3 dimensi dibagi menjadi 2 bagian, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Adapun unsur seni rupa 3 dimensi adalah sebagai berikut:

- Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
- Menempati sisi ruang.
- Bisa dilihat dari segala sudut pandang.

Selain itu, dalam menekuni karya seni rupa, simbol-simbol juga mempunya makna yang terkandung didalamnya, baik berwujud objek atau pun unsurnya. Misalnya seperti warna merah disebut sebagai simbol keberanian, patung kuda disebut sebagai simbol kegagahan, serta patung katak sebagai simbol pemanggil hujan.

4 dari 4 halaman

Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur Seni Rupa © Diadona

Seni rupa 2 dimensi ialah karya seni rupa yang memiliki batas dua sisi, yakni sisi panjang dan sisi lebar. Selain itu seni rupa 2 dimensi juga tidak memiliki ruang, sebab tidak memiliki ketinggian.

Sehingga unsur seni rupa 2 dimensi sama seperti pada unsur-unsur karya seni pada umumnya, yakni titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

Itulah pengertian dan perbedan dari unsur seni rupa 2 dimenis ataupun 3 dimensi yang perlu dipelajari seorang seniman. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar