Aktor Jin Ha 'Pachinko' Diduga Lakukan Pelecehan terhadap Perempuan Lansia, Kini Minta Maaf dan Akui Menyesal

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 27 Maret 2022 15:15
Aktor Jin Ha 'Pachinko' Diduga Lakukan Pelecehan terhadap Perempuan Lansia, Kini Minta Maaf dan Akui Menyesal
Skandal yang menimpa Jin Ha bertepatan dengan drama Pachinko yang baru dirilis.

Ramai jadi sorotan netizen, Jin Ha, pemain serial 'Pachinko' diduga melakukan pelecehan kepada sejumlah perempuan lansia. Aktor kelahiran Seoul, Korea Selatan, ini dikabarkan mengambil foto para perempuan lansia dan menuliskan kata-kata tak senonoh.

Kabarnya, Jin Ha telah mengunggah 100 foto perempuan lansia. Lokasi foto ini diduga berada di kereta bawah tanah dan bus Korea.

1 dari 5 halaman

Melansir dari Allkpop, masalah ini sebenarnya sudah terjadi lebih dari 10 tahun lalu. Tepatnya pada Juli 2010 hingga September 2011.

Jin Ha mengunggah foto-foto tersebut dengan judul 'Flower in Bloom'. Rangkaian foto tersebut dibuat untuk menunjukkan tren glamor di Korea.

2 dari 5 halaman

Foto-foto ini diambil tanpa seizin pihak yang bersangkutan. Bahkan, tidak ada sensor yang menutupi wajah para wanita tersebut.

Yang lebih miris, Jin Ha bahkan menuliskan ucapan tak senonoh sebagai perwakilan foto-foto tersebut. Ia mengambil foto dengan bermacam-macam angle dengan menuliskan kalimat tak pantas.

Kabar ini langsung menyebar luas dan membuat netizen merasa jijik dengan ucapan dan perbuatan Jin Ha. Bahkan, banyak netizen yang akhirnya enggan menonton serial Pachinko yang melibatkan Jin Ha di dalamnya.

3 dari 5 halaman

Aktor Jin HaAktor Jin Ha © jin-ha.com/Shayne Laverdire

Mengetahui hal ini ramai diperbincangkan, Jin Ha pun mengeluarkan pernyataan. Ia mengaku menyesal telah mengunggah foto-foto tersebut dan meminta maaf atas perbuatannya.

" Halo, terima kasih atas kesempatan ini untuk menanggapi kesalahan di masa lalu saya yang sudah lama tertunda. Kalian sangat benar, akun Tumblr Korean Flowers in Bloom saya tahun 2011 seharusnya tidak dibuat sama sekali. Itu adalah pelanggaran privasi untuk perempuan lansia yang ditampilkan, dan banyak dari keterangan saya tidak pantas. Saya sangat menyesali tindakan saya, dan saya meminta maaf untuk itu," ujar Jin Ha dalam keteranga tertulis yang diunggah di web resminya pada Sabtu, 26 Maret 2022, kemarin.

" Saya salah mengambil foto-foto ini 11 tahun yang lalu, dan saya salah mengunggahnya secara daring. Saya lalai dalam membiarkan foto-foto dan keterangan orang-orang yang tidak saya kenal secara pribadi untuk tetap beredar secara daring. Kami telah meminta Tumblr untuk segera menghapus akun ini, mereka sudah melakukannya. Korean Flowers in Bloom sudah tidak lagi online," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

" Saya dengan tulus meminta maaf kepada para perempuan lansia yang saya foto. Saya juga minta maaf kepada publik yang tersinggung dengan akun Tumblr ini," ujarnya.

" Sekali lagi terima kasih telah memberi saya kesempatan ini untuk memperbaiki kesalahan dari blog ini dan memberi tahu saya ketika seharusnya sudah jelas bagi saya sejak awal. Saya akan bekerja keras untuk belajar dari kesalahan ini sehingga saya tidak akan mengulanginya lagi di masa depan," tutupnya.

Beri Komentar