8 Urutan Nonton Film Conjuring Universe dan Asal-usul Tiap Hantu

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 22 November 2023 21:37
8 Urutan Nonton Film Conjuring Universe dan Asal-usul Tiap Hantu
Belum disebut si pemberani nonton horor, kalau belum lengkap nonton series Conjuring Universe ini!

Siapa yang tidak kenal dengan film horor The Conjuring? Rasanya hampir semua kalangan telah mengenai salah satu film horor berepisode tersebut. Pada 6 September 2023 lalu, Film The Nun II yang disutradarai oleh Michael Caves mulai tayang di bioskop Indonesia. Rilisnya film tersebut menjadi momen spesial yang bertepatan dengan 10 tahun The Conjuring Universe sejak 2013 silam. 

Sejak tahun 2013, The Conjuring Universe menjadi salah satu film horor yang paling populer. Tingginya minat penonton membuat sutradara terus mengembangkan alur cerita dari film tersebut. Selain The Conjuring, universe ini ternyata juga berkaitan langsung dengan series film Annabelle. 

The Conjuring Universe menawarkan pengalaman nonton yang berbeda bagi para penontonnya, karena sebagian alur yang diambil berasal dari kisah nyata. Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti perjalanan kisah The Conjuring Universe, berikut urutannya berdasarkan kronologi ceritanya:

 

1 dari 8 halaman

The Nun

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

Pasti kamu sudah tidak asing dengan iblis biarawati yang dikenal dengan sebutan Valak? Karakter iblis tersebut pertama kali muncul dalam di film The Conjuring 2. Film dengan latar belakang tahun 1996 ini menjadi awal perjalanan cerita The Conjuring Universe. Film tersebut berawal dari sebuah biara terbengkalai di Hungaria yang difungsikan sebagai tempat pemujaan iblis. 

Perjalanan mistis sekaligus spiritual dalam film The Nun bermula sejak suster Irene bersama pastor Burke mengunjungi Romandia setelah terjadi berbagai kejadian misterius di biara. Kedatangan mereka ternyata tidak diinginkan oleh makhluk ghaib yang sudah menguasi wilayah tempat tersebut. 

 

2 dari 8 halaman

Annable: Creation (2017)

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

Film Annabelle Creation (2017) menjadi awal mula kisah dari sebuah boneka Annabelle yang telah dibuat pada tahun 1943. Annabelle diciptakan oleh pembuat boneka yang telah berduka karena kehilangan sang anak dalam sebuah kecelakaan. Film ini berlatar belakang tahun 1955 ketika boneka tersebut pertama kali dibuat.

Upaya untuk memanggil arwah sang anak ternyata memanggil iblis. Iblis tersebut mengaku sebagai anaknya dengan merasuki boneka tersebut.

 

3 dari 8 halaman

Annabelle (2014)

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

Film ini menjadi jembatan antara boneka setan Annabelle yang kemudian berpindah mengusik kehidupan suami istri Ed dan Lorraine Warren yang kala itu telah melahirkan anak mereka. 

Di film yang berlatar belakang tahun 1967-1968 ini menjadi kisah sang boneka Annabelle yang mulai terpengaruh oleh arwah jahat setelah melakukan sebuah ritual dengan menggunakan darah manusia. Ritual tersebut justru semakin memperkuat energi di dalam boneka Annabelle. 

 

4 dari 8 halaman

The Conjuring (2013)

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

The Conjuring menjadi awal mula munculnya The Conjuring Universe yang sampai saat ini populer diminati oleh pecinta film horor. Di satu sisi mendapat gangguan dari boneka Annabelle, di sisi lain terdapat keluarga Perron yang mendapat teror dari sebuah arwah jahat ketika pindah ke rumah baru. Yang menjadi sebuah simbol ikonik dari film menyeramkan ini adalah permainan petak umpet dengan bercirikan tepuk tangan.

Pasangan Lorraine dan Ed menjadi pemeran utama yang mendapat gangguan dari arwah iblis jahat. Film ini banyak memiliki keterkaitan dengan boneka Annabelle yang juga menjadi pengganggu perjalanan kehidupan mereka.

 

5 dari 8 halaman

Annabelle Comes Homes (2019)

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

Annabelle Comes Home bercerita tentang pasangan Ed dan Lorraine yang membawa pulang boneka Annabelle ke dalam hunian mereka di tahun 1968. Awal mula teror dalam film tersebut berasal dari remaja bandel yang skeptis tentang keberadaan iblis dan makhluk ghaib hingga iseng membuka kunci lemari berisikan boneka Annabelle tersebut. Hingga akhirnya datang berbagai teror berbahaya yang menimpa keluarga mereka.

Latar belakang film Annabelle Comes Home terjadi sebelum film The Conjuring 2 dan ditayangkan setelah The Nun II. Bagi penggemar film horor yang telah mengikuti perjalanan serial Annabelle, film Annabelle Comes Home (2019) memiliki tingkat keseraman yang biasa saja dibandingkan film lainnya. 

 

6 dari 8 halaman

The Curse of La Llorona

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

Film The Curse of La Llorona sebenarnya menjadi spin-off yang lepas dari The Conjuring Universe, namun masih memiliki keterkaitan di dalamnya. Film ini tidak berhubungan dengan keluarga Ed, namun lebih condong berkaitan dengan iblis pada boneka Annabelle. 

Karakter bernama Pastur Perez menjadi pemeran dalam film Annabelle dan memadukan kombinasi alur ceritanya sehingga saling berkaitan satu sama lain. 

 

7 dari 8 halaman

The Conjuring 2 (2016)

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

The Conjuring 2 (2016) akan membawa penonton flashback ke tahun 1977. Pasangan Ed dan Lorraine mengungkap sebuah cerita dari keluarga di Inggris yang anaknya mengalami kesurupan dengan melakukan hal-hal tak wajar di dalam rumah mereka. 

Film ini dianggap sebagai akhir dari kisah Valak. Lanjutan dari film The Conjuring ini menjadi film horor paling diminati setelah munculnya film The Exorcist.

 

8 dari 8 halaman

The Conjuring: The Devil Made Me Do It

Urutan Nonton Film Conjuring Universe © Diadona

Film The Conjuring: The Devil Made Me Do It merupakan film ketiga dari produksi film The Conjuring. Film ini menceritakan kasus pembunuhan dari sebuah kisah nyata di tahun 1981 silam. Dari cuplikan trailer yang ditayangkan, film ini memberikan tingkat keseraman yang berbeda dari deretan The Conjuring Universe lainnya. 

Berbagai kejadian di luar nalar membuat pasangan Ed dan Lorraine terkejut dibuatnya. Kasus dari film tersebut berasal dari pembunuhan pertama di Amerika Serikat, tersangkanya mengaku jika terdapat iblis yang merasuki dirinya. 

Itulah sejumlah urutan film The Conjuring Universe yang dapat kamu saksikan secara lengkapnya di Netflix atau HBO Go. Kabarnya The Conjuring 4 akan tayang tahun 2024, meskipun belum terdapat pengunguman resmi kapan dirilisnya. Jangan sampai terlewat ya!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar