7 Manfaat Peta Bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 10 Maret 2021 13:02
7 Manfaat Peta Bagi Manusia dalam Kehidupan Sehari-hari
Sudah bukan jadi rahasia, kalau manfaat peta ini cukup beragam dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Saat berada di suatu tempat baru, tentu kamu membutuhkan alat atau benda untuk menunjukan lokasi yang tepat dan akurat agar tidak kesasar. Yaps, benda tersebut adalah peta.

Peta merupakan gambaran konvensional dari muka bumi. Gambaran konvensional yang dimaksud yaitu meliputi perwujudan, letak dan data yang berkaitan, seperti yang tampak apabila dilihat dari atas. Maka dari itu, manfaat peta bagi manusia ini cukup beragam.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai manfaat peta bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari, langsung saja simak ulasan berikut yang telah dilansir dari beberapa sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Peta dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Peta © Diadona

Untuk lebih memahami manfaat peta dalam kehidupan sehari-hari, yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Meminimalisir Kebingungan

Di dalam suatu peta memang terlihat begitu rumit, namun kalau diperhatikan dengan seksama ternyata peta sangat membantu kita. Terutama saat berada di suatu tempat yang baru kamu kunjungi. Pastinya manfaat peta yang satu ini cukup membantu di kehidupan sehari-hari.

2. Untuk Menunjukkan Kedalaman Air Laut

Manfaat peta dalam kehidupan sehari-hari yang selanjutnya adalah untuk menunjukan kedalaman air laut. Ya, di dalam peta, terlihat warna air laut atau samudera yang berbeda-beda dan tampak dengan paling jelas.

Jadi, apabila warna air laut tersebut berwarna cerah, maka air laut itu dangkal tidak terlampau dalam. Sementara, kalau warna air laut agak gelap, artinya air laut ini mempunyai kedalaman yang paling dalam.

3. Untuk Mengetahui Data dari Suatu Wilayah

Seperti yang diketahui, di dalam peta tidak hanya melulu menunjukkan letak atau situasi suatu wilayah saja, melainkan juga bisa menunjukkan atau membantu kamu dalam mendapatkan data dari peta.

Maksudnya, manfaat peta dalam kehidupan sehari-hari ini bisa mengetahui dengan jelas di mana distrik yang padat warga dan masih jarang penduduk apabila kamu hendak pindah lokasi tinggal ataupun pergi ke kota lain.

2 dari 3 halaman

4. Mudah dalam Mencari Lokasi

Ilustrasi Mencari Lokasi dengan Peta © Diadona

Untuk manfaat peta yang satu ini pastinya sudah diketahui oleh semua orang. Ya, peta sangat memudahkan kamu dalam memahami lokasi yang ada sehingga bisa sampai ke tempat tujuan dengan benar dan aman.

5. Menunjukkan Ketinggian Suatu Tempat

Saat membaca peta pasti kamu akan melihat ketinggian suatu tempat yang berbeda-beda. Ada yang ketinggiannya di bawah permukaan laut, dataran tinggi, dataran rendah, pegunungan dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu melihat wilayah pada peta dengan warna lokasi hijau, maka warna tersebut menjelaskan bentuk gambaran dataran rendah. Sementara, untuk warna kuning menunjukan dataran tinggi.

Untuk warna merah atau bahkan cokelat kehitaman, biasanya gambar tersebut menunjukkan lereng gunung yang sangat tinggi di sekitar gunung. Namun, untuk warna oren, biasanya menunjukkan pegunungan.

3 dari 3 halaman

6. Mengetahui Daerah yang Berpotensi untuk Didirikan Usaha

Berdagang © Diadona

Selain menunjukan suatu arah, peta juga menyimpulkan daerah yang mudah dan memiliki potensi untuk didirikan usaha, lho. Jadi, kalau DiaZens ingin membuat kebun jeruk maka yang cocok adalah di dataran tinggi yang memiliki suhu rendah dan dingin.

Sementara kalau kamu ingin membuka usaha ikan, seperti pengasapan ikan maka bisa mendirikan usaha di wilayah sekitar pantai. Sehingga, kesimpulan manfaat peta ini yaitu menunjukkan suatu lokasi berdasarkan kenyataan.

7. Mengetahui Kondisi dari Suatu Wilayah

Manfaat peta dalam kehidupan sehari-hari yang terakhir yakni untuk mengetahui kondisi dari suatu wilayah. Contohnya seperti di Indonesia. Ya, seperti yang diketahui Indonesia tepat berada di garis khatulistiwa sehingga Indonesia ini memiliki 2 musim saja, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Namun, lain hal dengan negara yang ada di sebelah selatan yang hampir dekat dengan kutub dan di sebelah utara, maka akan memiliki 4 macam musim, musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Jadi, kalau kamu ingin merasakan musim dingin, maka cobalah bepergian ke benua Eropa atau ke benua Australia untuk bisa merasakan seperti apa musim dingin yang sedang berlangsung.

Nah, itulah manfaat peta bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu.

Beri Komentar