10 Jenis Lovebird dan Gambarnya, Jadi Mau Pelihara yang Mana?

Reporter : Zaki
Kamis, 16 Juli 2020 16:40
10 Jenis Lovebird dan Gambarnya, Jadi Mau Pelihara yang Mana?
Siap-siap terpesona sama keindahannya ya!

Memelihara lovebird telah jadi tren di beberapa tahun terakhir. Selain dianggap menggemaskan karena sering pamer mesra dengan pasangannya, warna-warni dan kicauannya pun sering dilombakan. Kalau kamu tergolong newbie dalam hal perawatan lovebird, cermati jenis lovebird dan gambarnya sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pasalnya, ada begitu banyak jenis lovebird yang ciri-cirinya sangat mirip satu sama lain. Niatnya membeli burung berparuh bengkok berkualitas jawara, eh malah kena tipu dengan mendapatkan lovebird yang B aja. Jangan biarkan dirimu tertipu, pelajari dulu karakter dan ciri unik setiap jenis lovebird yang populer di pasaran, seperti berikut ini.

1 dari 10 halaman

Lovebird Lutino

© Diadona

Termasuk dalam kelompok lovebird warna kuning, jenis lovebird dan gambarnya ini dapat dikenali dari kombinasi warna kuning yang dominan di tubuhnya dan oranye di bagian leher hingga kepalanya. Lovebird lutino ini sendiri dibedakan menjadi dua jenis.

Pertama, lutino mata merah dengan ciri khusus retina berwarna merah, sedangkan lovebird lutino hitam memiliki mata berwarna hitam pekat dengan ciri warna kuning pada tubuh, ekor maupun kepala. Warna antara lutino mata merah dan hitam nggak begitu jauh berbeda. Untuk lutino mata hitam biasanya dibanderol dengan harga Rp 400 ribu dan lutino mata merah lebih tinggi dengan kisaran harga Rp 500 ribu.

2 dari 10 halaman

Lovebird Dakocan

© Diadona

Jenis lovebird dan gambarnya ini disebut paling populer karena harganya yang lumayan terjangkau dan kombinasi warnanya yang unik. Lovebird ini sendiri merupakan hasil kawin silang dengan ciri khas area wajah yang berwarna hitam.

Ada 3 jenis lovebird dakocan yang sering ditemukan di pasaran, dengan dakocan hijau yang dijual paling murah. Sedangkan dakocan original biasanya dibanderol dengan harga Rp350 ribu untuk anakannya dan Rp700 ribu untuk yang sudah dewasa. Terakhir, ada lovebird dakocan biru yang anakannya paling mahal dengan kisaran Rp450 ribu tapi harga jual lovebird dakocan biru lebih mudah dibandungkan yang original.

3 dari 10 halaman

Lovebird Violet

© Diadona

Jenis lovebird yang satu ini memiliki harga yang cukup tinggi, dengan anakan yang dihargai Rp 700 ribu dan Rp 2 juta untuk yang sudah dewasa. Membedakan jenis lovebird dan gambarnya cukup mudah berkat warna khasnya berupa biru bercampur ungu yang dominan di area sayap. Sedangkan di bagian ujung sayapnya biasanya berwarna hitam dan bulu di bagian dada berwarna biru muda.

Keunikan ini berasal mutasi genetik yang mengubah warna biru menjadi violet atau keunguan. Hati-hati membedakannya dengan lovebird dakocan biru karena sama-sama memiliki bulu berwarna hitam di daerah kepala. Bedanya, lovebird violet ini punya bulu berwarna putih di bagian leher.

4 dari 10 halaman

Lovebird Batman

© Diadona

Jenis lovebird dan gambarnya ini lumayan banyak berseliweran di komunitas pecinta burung bergenus Agapornis ini. Namanya sendiri diambil dari tokoh fiksi Batman yang punya jubah berwarna hitam, mirip dengan warna lovebird yang didominasi warna hitam.

Uniknya, warna bulu ini akan semakin pekat saat lovebird sudah dewasa tapi warna bulu di bagain perutnya cenderung berwarna abu-abu. Untuk mendapatkan anakan lovebird batman, kamu harus merogoh kocek sebanyak Rp350 ribu karena budidayanya yang cukup sulit. Sedangkan buat lovebird dewasa harganya lumayan tinggi hingga mencapai Rp1,3 juta.

5 dari 10 halaman

Lovebird Albino

© Diadona

Mirip banget dengan dara putih, bedanya jenis lovebird dan gambarnya ini bisa dibedakan dari ukuran badannya yang lebih mungil. Nama albino diberikan karena ciri khas badannya yang berwarna putih polos. Hati-hati membedakannya dengan lovebird pastel putih yang sama-sama didominasi warna putih. Tapi lovebird pastel putih ini tubuhnya dihiasi dengan corak kebiruan dengan kepala putih polos dan paruh berwana pucat.

Nah, sama dengan lovebird lutino, lovebird albino juga dibedakan menjadi dua jenis, yaitu albino mata hitam yang dibanderol lebih murah dengan harga tertinggi di kisaran harga Rp750 ribu dan albino mata merah yang dihargai maksimal Rp1 juta.

6 dari 10 halaman

Lovebird Cobalt

© Diadona

Berasal dari kelompok lovebird warna biru, lovebird cobalt sering salah disangka lovebird violet. Bedanya, jenis lovebird dan gambarnya ini bisa dilihat dari bagian tubuhnya yang didominasi warna biru, kecuali kepala dan leher yang berwarna abu-abu. Ada juga lovebird cobalt yang dihiasi warna hitam sebagai aksen di kepalanya. Untuk harganya sendiri, siapkan bujet antara Rp450 hingga Rp750 per ekornya, ya!

7 dari 10 halaman

Lovebird Blorok

© Diadona

Sesuai namanya, jenis lovebird dan gambarnya ini bisa dikenali dengan mudah, lewat kombinasi warnanya yang unik di bagian badannya. Istilah blorok disematkan dari warna-warna yang saling tumpang tindih, misalnya campuran warna biru dan hijau atau putih dan biru yang bikin lovebird ini tampak makin kece. Soal harga, jangan kaget karena keberadaannya yang langka di pasaran mendonkrak nilainya di Rp1 juta untuk anakan dan Rp2 juta untuk lovebird dewasa.

8 dari 10 halaman

Lovebird Parblue

© Diadona

Kelompok lovebird warna biru lainnya diwakili oleh lovebird parblue. Namanya sendiri merupakan singkatan dari partial blue, menunjukkan warna biru laut di bagian sayap dengan kombinasi warna abu-abu gelap.

Uniknya, warna bulu di bagian tubuhnya seperti mengalami degradasi dengan warna kuning pastel di bagian kepalanya, berubah abu-abu di dadanya dan kebiruan hingga ujung ekor. Nah, siap-siap bujat besar buat membawa pulang lovebird yang satu ini. Pasalnya, anakan lovebird parblue dipasarkan dengan harga Rp1 juta dan dewasa mencapai Rp3,5 juta.

9 dari 10 halaman

Lovebird Halfsider

© Diadona

Buat newbie yang pas banget berkantong tebal, nggak ada salahnya tancap gas dengan membeli lovebird unik seperti halfsider. Jenis lovebird dan gambarnya ini bikin komunitas gemas karena warna bulu yang berbeda di sisi kanan maupun kirinya.

Bukan hanya keunikan warna bulunya saja, rasa gemas pun muncul saat mengetahui harga jualnya yang tinggi, apalagi kalau ada semacam garis pemisah di bagian tengah badannya. Pembudidayaan yang rumit dan sulit ditemukan di pasaran membuat lovebird halfsider dipasarkan dari harga Rp5-15 juta.

10 dari 10 halaman

Lovebird Biola

© Diadona

Termasuk kategori termahal di pasaran, jenis lovebird dan gambarnya ini cukup cepat dikenali berkat warnanya yang unik. Separuh tubuh lovebird ke bawah dan ke atas memiliki perbedaan warna yang dimulai dari bagian dada.

Keeleganan lovebird biola ini membuatnya banyak diminati, terutama yang berwarna hijau oranye, biru putih, dan biola euwing yang merupakan persilangan lovebird biola dan lovebirs euwing. Soal harganya, siap-siap menguras tabungan karena seekor lovebird biola bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Berstatus newbie dan baru belajar mengenal jenis lovebird dan gambarnya bikin kamu sering ragu membuat keputusan. Selain banyak belajar, nggak ada salahnya mengikuti komunitas penggemar lovebird yang memberimu berbagai ilmu saat membeli dan merawat burung mungil ini. (eth)

Beri Komentar