4 Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 29 Januari 2021 15:39
4 Ciri-Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan
ciri-ciri sosiologi yaitu empiris, teoritis, akumulatif dan non etis.

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan melibatkan bagaimana sosiologi bisa menjelaskan suatu fenomena sosial dalam observasi, teori, metode ilmiah, serta tidak bias dengan pendapat. Padahal mungkin kamu berpikir, bukankah setiap orang itu beragam? Bagaimana mereka bisa termuat dalam suatu ilmu?

Sebenarnya dunia sosial mempengaruhi cara pikir, perasaan dan juga tindakan seseorang. Mempelajari hal-hal tersebut berarti belajar untuk memahami manusia dan juga masyarakatnya. Ini bisa membantu dalam proses pengambilan keputusan kan, baik untuk diri sendiri atau untuk suatu kelompok yang lebih besar. Dan sosiologi bisa membantu mengumpulkan informasi sistematis untuk membuat keputusan , memberikan wawasan tentang apa yang sedang terjadi dalam suatu situasi, dan menyajikan alternatif.

Lalu untuk bisa memenuhi hal-hal tersebut, ada beberapa ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan. Apa saja diantaranya, yuk simak dalam ulasan Diadona yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Ilmu Sosiologi

Ciri-Ciri Sosiologi © Diadona

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan antara lain:

Empiris

Bahwa sebagai ilmu pengetahuan, ciri-ciri sosiologi adalah pengetahuan yang didasarkan pada observasi terhadap suatu realita. Observasi tersebut dilakukan dengan menggunakan lima indra dan akal sehat. Dengan demikian, hasil dari observasi tersebut nggak bersikap spekulatif.

Sering kan kita ngerasa punya pendapat pada suatu situasi sosial, namun pendapat tersebut bias karena sering bersinggungan dengan harapan dan karena keterbatasan data. Namun, ciri-ciri sosiologi secara empiris yaitu keilmuan yang berdasarkan dari pengalaman langsung, data yang dikumpulkan secara ilmiah atau eksperimen.

Misalnya nih banyak orang yang nggak percaya kalau kejahatan lebih banyak terjadi ketika bulan purnama. Tapi sayangnya penelitian yang dilakukan oleh psikolog Rotton dan Kelly di tahun 1985 dengan metode meta analisis, nggak membuktikan adanya temuan tersebut. Artinya, nggak ada hubungan antara perilaku kejahatan dengan bulan purnama.

Teoritis

Dalam ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi selalu berusaha untuk menarik kesimpulan yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari gejala-gejala sosial yang diteliti.

Salah satu contoh dari ciri-ciri sosiologis yang teoritis yakni misalnya pandangan dari Karl Mark tentang berbagai kelas sosial dalam masyarakat yang menjadi penyebab konflik. Kajian tersebut berdasarkan pada suatu teori serta dari hasil penelitian yang sudah dilakukan.

2 dari 3 halaman

Sebutkan Ciri-Ciri Sosiologi

Ciri-Ciri Sosiologi © Diadona

Melengkapi pembahasan sebelumnya, berikut jawaban pertanyaan 'sebutkan ciri-ciri sosiologi'.

Kumulatif

Apa artinya? Yaitu teori dalam ilmu sosiologi adalah hasil dari penelitian. Dari teori tersebut akhirnya berkumpul dan diturunkan untuk membangun argumen dalam sosiologi.

Para peneliti di bidang sosiologi ini berusaha mengembangkan keterkaitan antara temuan mereka dengan temuan peneliti sebelumnya. Ada yang mendukung, ada yang membantah, ada yang memodifikasi atau ada yang ditambahkan.

Salah satu contoh dari ciric-ri sosiologi bersifat kumulatif yaitu ketika teori Darwin disanggah oleh penelitian lain. Darwin mengemukakan kalau manusia sebenarnya berasal dari kera. Namun dari hasil penelitian lanjutan menemukan kalau ada struktur hidup dan pola pikir yang beda jauh antara manusia dan kera dan ini mematahkan teori darwin.

Non Etis

Apa artinya? Yaitu ciri-ciri sosiologi dimana ilmu ini tidak akan membahas suatu masalah sosial dengan mempersoalkan nilainya, apakah benar atau salah menurtut suatu nilai. Lebih lanjut, sosiologi lebih berkepentingan buat menjelaskan mengapa suatu fenomena bisa terjadi.

Misalnya adalah perilaku seksual sebagai masalah sosial. Ciri-ciri sosiologi adalah tidak membahas benar dan salah praktik tersebut. Secara keilmuan, sosiologi bakalan menjelaskan bagaimana sikap seksual individu disosialisasikan oleh keluarga, sistem pendidikan, teman sebaya, media, dan agama.

Contoh lainnya adalah ketika terjadi konflik sosial di Indonesia antara kedua suku. Ilmu sosiologi nggak akan melakukan penelitian mengenai pihak mana yang benar dan salah melainkan cukup pada pemahaman pada sebab serta dampak yang terjadi akibat konflik.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan

Ciri-Ciri Sosiologi © Diadona

Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, meliputi pola hubungan sosial, interaksi sosial, dan budaya. Ilmu ini belajar tentang semua hal tentang manusia, dari interaksi antara dua orang hingga hubungan kompleks antar negara atau perusahaan multinasional. Sosiolog percaya bahwa lingkungan sosial kita mempengaruhi pikiran dan tindakan.

Dan sosiologi adalah ilmu karena sosiologi menggunakan metode ilmuah dalam pengujian hipotesisi, menetapkan hukum serta membuktikan hubungan sebab akibat.

Kesimpulan, ternyat ada empat ciri-ciri sosiologi yang udah Diadona jelaskan di atas. Semoga paham ya!

Beri Komentar