30 Kata-Kata Bijak Sunda dan Artinya, Memotivasi tentang Kehidupan yang Penuh Makna

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 26 November 2020 09:47
30 Kata-Kata Bijak Sunda dan Artinya, Memotivasi tentang Kehidupan yang Penuh Makna
Melalui kata-kata bijak Sunda berikut, kamu bisa mengambil sisi positif dan dorongan semangat tentang kehidupan.

Saat kamu jenuh dan pusing dengan semua masalah hidup, kamu pun bisa mencari penyemangat hidup. Salah satunya ialah kata bijak yang bisa jadi inspirasi dan motivasimu. Selain menggunakan bahasa Indonesia, kata-kata bijak pun juga hadir dalam bahasa Jawa, Inggris, hingga bahasa Sunda.

Dengan mengenal banyak bahasa, kamu pun jadi terbiasa dengan bahasa daerah khususnya di Indonesia. Untuk itu, kali ini kami akan memberikan kata-kata bijak Sunda yang bisa kamu jadikan motivasi dan penyemangat diri saat menjalani kehidupan sehari-hari.

1 dari 2 halaman

Kata-Kata Bijak Sunda dan Artinya

Kata-Kata Bijak Sunda © Diadona

Seperti yang kita ketahui, bahasa Sunda biasa dipakai hampir di seluruh provinsi Jawa Barat. Berdialek dan intonasi yang khas menambah daya tarik tersendiri dari bahasa Sunda. Dengan membaca kata-kata bijak Sunda, tentu akan memberikan kedekatan tersendiri bagi masyarakat Jawa Barat serta para pembaca.

1. " Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten).

2. " Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana." (Setiap masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa kuat kita bisa menahannya).

3. " Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira, pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira." (Sebelum memberi nasihat dengan ucapanmu, berilah mereka nasihat oleh sikapmu).

4. " Hirupmah heuheuy jeung deudeuh, lamun teu heuheuy nya deudeuh." (Hidup ini antara bahagia dan sedih, kalau tidak bahagia ya sedih).

5. " Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor." (Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda).

6. " Urang miskin lain sabot teu ngagaduhan harta, nanging sabot urang atos kaleungitan mikacinta tina keluargi." (Orang miskin bukanlah ketika tak mempunyai harta, tetapi ketika kita telah kehilangan cinta dari keluarga).

7. " Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!" (Jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup).

8. " Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih." (Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut).

9. " Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit." (Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit).

10. " Gagalna mangrupikeun konci pikeun kasuksésan sareng unggal kasalahanna ngajarkeun urang pangaweruh." (Kegagalan adalah kunci kesuksesan. Setiap kesalahan mengajarkan kita ilmu).

11. " Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang." (Sebelum kita mengeluh mengenai apa yang dimakan, coba kita bayangkan sejenak orang-orang yang tidak memmpunyai makanan sama sekali).

12. " Gusti bakal nyayogikeun jalan pikeun anu hoyong nuturkeun jalurna." (Tuhan akan memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalan-Nya).

13. " Bobot pangayun timbang taraju." (Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu).

14. " Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen, nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana." (Semua masalah yang datang hari ini, bukanlah untuk menjatuhkan kalian, melainkan untuk menguji seberapa kuat kalian bisa menahannya).

2 dari 2 halaman

Kata-Kata Bijak Sunda © Diadona

15. " Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing." (Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam).

16. " Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana." (Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya).

17. " Jadikeun kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina hiji jalan." (Jadikanlah kehidupan di dunia seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan).

18. " Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna." (Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung).

19. " Jalmi tiasa suksés, margi gaduh seuéur cara. Sedéngkeun jalmi anu gagal, margi anjeunna gaduh seuéur téuing alésan." (Orang bisa sukses karena punya banyak cara. Sedangkan orang yang gagal karena dia punya banyak sekali alasan).

20. " Jaga kalakuan anjeun, ulah sombong pikeun kakuatan, jabatan atanapi kasang tukang saha anjeun." (Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan atau latar belakang siapa dirimu).

21. " Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a sarta ditutup ku rasa sukur." (Hidup ini harus diawali dengan doa dan ditutup dengan rasa syukur).

22. " Paradaban sareng elmu sami pentingna pikeun ngudag kahirupan dunya." (Adab maupun ilmu sama pentingnya untuk mengejar kehidupan dunia).

23. " Kudu hade gogod hade tagog." (Kita harus menjaga tingkah laku diri yang baik).

24. " Lakukeun naon anu urang sanggup, teras tinggalkeun ka Gusti." (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan).

25. " Kudu bageur pikeun diri anjeun, kulawarga, sareng sadaya mahluk sasama anjeun." (Bersikap baiklah untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup).

26. " Jalma anu menang nyaéta jalma anu tiasa ngontrol dirina." (Orang yang menang adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya sendiri).

27. " Sacangreud pageuh sagolek pangkek." (Apa yang kita lakukan harus di iringi dengan komitmen dan konsisten).

28. " Kalakuan ngukur baju sasereg awak." (Jangan hanya melihat seseorang dari luarnya saja).

29. " Bengkung ngariung bongok ngaronyok." (Jika kita menghadapi suatu kesulitan atau masalah pecahkan secara bersama-sama).

30. " Kudu silih asih, silih asah, jeung silih asuh." (Kita harus saling mengasihi, mengasah, dan juga saling mengasuh antarsesama manusia).

Itulah kumpulan kata bijak Sunda yang bisa kamu jadikan pelajaran dalam menjalani kehidupan agar tidak patah semangat. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar